x

Hadapi Vanuatu Jelang Kualifikasi Piala Dunia, Efektifkah untuk Timnas Indonesia?

Sabtu, 11 Mei 2019 15:57 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Timnas Vanuatu vs Timnas Indonesia

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan memanfaatkan agenda FIFA Match Day pada Juni 2019 mendatang dengan melakoni dua pertandingan uji coba. Federasi Sepak Bola Indonesia (PSSI) sudah memastikan jika Tim Garuda akan meghadapi Yordania dan Vanuatu.

Timnas Indonesia akan lebih dulu menjalani pertandingan persahabatan melawan Yordania pada 11 Juni 2019. Empat hari kemudian, anak asuh Simon McMenemy akan menjajal kekuatan perwakilan Oceania, Vanuatu.

Timnas Indonesia sendiri memanfaatkan agenda ini untuk mematangkan skuatnya sebelum bersaing di putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada September mendatang. Dengan begitu, para pemain Garuda wajib menampilkan permainan maksimal dalam laga uji coba.

Baca Juga

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Yeyen Tumena, nyatanya sengaja mengundang Vanuatu dalam pertandingan uji coba kali ini. Ia juga telah memperhitungkan jeda waktu istirahat antara laga Yordania dengan Vanuatu.

"Kami mencari simulasi tim yang levelnya di atas dan di bawah Indonesia dengan selisih jadwal lima hari," kata asisten pelatih timnas Indonesia, Yeyen Tumena, beberapa waktu lalu.

Dalam kasus ini, tim yang levelnya di atas Indonesia adalah Yordania. Sedangkan tim yang kualitasnya di bawah Timnas Indonesia adalah Vanuatu.

Lalu apakah pertandingan melawan Vanuatu jelang Kualifikasi Piala Dunia 2020 efektif untuk Timnas Indonesia? Berikut INDOSPORT mencoba memberikan ulasannya.


1. Efektif atau Tidak untuk Timnas Indonesia?

Skuat Timnas Indonesia saat melawan Timnas Myanmar dalam laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

Secara kualitas, Timnas Indonesia tentunya lebih diunggulkan dibandingkan dengan Vanuatu. Hal itu terbukti ketika FIFA merilis ranking per tanggal 4 April 2019. Dalam rilis itu, peringkat Timnas Indonesia lebih baik ketimbang Vanuatu.

Skuat Garuda saat ini menghuni peringkat 159 dengan total 1.008 poin. Jumlah itu nyatanya bertambah dari sebelumnya, yang hanya mencapai 1.004.

Sedangkan Vanuatu berada tujuh peringkat di bawah Timnas Indonesia, yakni 166. Negara yang memiliki luas 12.189 km tersebut tak mampu mengumpulkan poin hingga 1.000. Poin mereka saat ini hanya menyentuh angka 991.

Tak hanya mengungguli Vanuatu, Timnas Indonesia juga jauh lebih berkualitas dari lima negawa Oceana lainnya dalam peringkat FIFA. Lima negara tersebut adalah Papua New Guinea (posisi ke-169), Cook Islands (ke-190), American Samoa (ke-190), Samoa (ke-197), dan Tonga (ke-203).

Baca Juga

Sementara itu, ada juga wakil Oceania yang mampu mengungguli peringkat Timnas Indonesia di FIFA. Terhitung ada empat negara, yakni Tahiti (158), New Caledonia (155), Solomon Islands (139), dan Selandia Baru (119).

Jika Timnas Indonesia ingin meningkatkan kualitas permainannya untuk bersaing di Kualifikasi Piala Dunia 2020. Maka empat negara Oceania yang disebutkan di atas bisa menjadi pilihan yang tepat, dibandingkan dengan Vanuatu.

Karena pada Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Indonesia kemungkinan akan menghadapi tim-tim Arab yang secara materi pemain lebih diunggulkan. Artinya, Tim Garuda seharusnya membiasakan diri menghadapi tim-tim yang levelnya lebih kuat.

Stefano Lilipaly membayangi lawan saat Timnas Myanmar vs Timnas Indonesia di laga uji coba internasional FIFA, Senin (25/03/19).

Dengan begitu, Timnas Indonesia bisa menyaingi permainan tim raksasa Asia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang. Atau setidaknya, Timnas Indonesia tidak menjadi bulan-bulanan tim-tim arab seperti kekalahan atas Bahrain beberapa tahun lalu.

Namun laga uji coba melawan Vanuatu memiliki kuntungan tersendiri bagi Timnas Indonesia. Jika berhasil meraih kemenangan, maka posisi Skuat Garuda di peringkat FIFA kemungkinan bisa meningkat.

Baca Juga

Dengan peningkatan peringkat itu tentunya menjadi sebuah kebanggaan bagi Timnas Indonesia dan pecinta sepak bola Tanah Air. Karena saat ini posisi Timnas Indonesia masih terbilang jauh dari kata membanggakan.

Selain untuk memperbaiki posisinya di peringkat FIFA, laga melawan Vanuatu juga bisa meningkatkan mental para pemain (dengan catatan hasilnya positif). Terlebih jika mereka berhasil menang besar, maka mental para pemain pun akan lebih percaya diri untuk menyongsong Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Namun efektif atau tidaknya pertandingan melawan Vanuatu di laga uji coba ini belum bisa terjawab. Jawaban itu baru bisa terjawab ketika Timnas Indonesia sudah mulai bertarung di Kualifikasi Piala Dunia 2022 mendatang.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

FIFAPiala Dunia 2022Timnas IndonesiaOFCLiga IndonesiaBola IndonesiaTimnas Vanuatu

Berita Terkini