x

Persebaya Surabaya Pakai Formasi 'Tak Lazim' Saat Jamu Persela di Laga Uji Coba

Minggu, 12 Mei 2019 07:26 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
Skuat Persebaya berfoto sebelum melawan Persela di Stadion GBT.

INDOSPORT.COMPersebaya Surabaya membuat kejutan dengan memakai formasi 'tak lazim' saat mereka menjamu Persela Lamongan dalam laga uji coba, pada Sabtu (11/05/19) malam WIB. Klub sepak bola Indonesia berjuluk Bajul Ijo itu memenangkan pertandingan melawan Persela dengan skor 2-1.

Pada pertandingan pra-musim yang berlangsung di stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya tersebut, Persebaya berhasil menaklukan Persela Lamongan dengan skor tipis 2-1. Dua gol Persebaya bahkan dicetak di babak pertama, masing-masing melalui sundulan Octavio Dutra menit ke-8 dan digandakan oleh Damian Lizio di menit 45'.

Baca Juga

Sementara gol Persela Lamongan dicetak oleh aksi Ales do Santos, semenit setelah babak kedua dimainkan. Gol tersebut sekaligus menjadi penutup di laga ini, meski kedua kesebelasan saling melancarkan serangan-serangan berbahaya.

Sial bagi Persebaya, meski mampu menang mereka harus mengorbankan satu pemain asingnya, Otavio Dutra, yang cedera cukup serius ketika melakukan duel udara dan harus ditarik pada menit ke-38.

Baca Juga

Selain cedera yang menimpa Dutra, ada satu catatan menarik lain yang terjadi dalam laga Persebaya vs Persela Lamongan kemarin, yakni formasi yang digunakan coach Djajang Nurdjaman saat membesut Bajul Ijo.

Jika biasanya mantan pelatih Persib Bandung ini lebih sering menggunakan taktik 4-3-3, namun di laga kemarin Djanur secara mengejutkan menggunakan formasi 3-4-3 dengan memaksimalkan trio bek Hansamu, Dutra dan Rahmat Irianto.

Kejutan juga terjadi di lini serang, di mana sosok Osvaldo Haay justru mengisi slot penyerang utama dan menggusur nama Amido Balde yang biasanya diberi tugas sebagai mesin gol tunggal.

Awalnya formasi ini berjalan sangat rapi, terbukti mereka mampu unggul dulu saat pertandingan belum genap 10 menit. Namun sayangnya, taktik ini harus terhenti saat Dutra ditarik keluar lantaran cedera dan digantikan oleh Amido Balde.

Baca Juga

Dengan adanya alternatif formasi, patut ditunggu kiprah Persebaya Surabaya di Liga 1 musim depan. Mampukah formasi tak lazim tersebut membuat Persebaya meraih kemenangan atau menjadi blunder dan membuat Hansamu beserta kolega gagal meraih poin.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persebaya SurabayaUji CobaPersela LamonganLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini