x

Meramal Masa Depan Van Persie Usai Pensiun, Mungkinkah Gabung Persija Jakarta?

Selasa, 14 Mei 2019 11:00 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Kerugian bagi Persija datangkan Van Persie

INDOSPORT.COM - Robin van Persie yang sempat dikaitkan gabung Persija Jakarta untuk Liga 1, resmi menyatakan pensiun sebagai pemain sepak bola, Minggu (12/05/19) kemarin.

Pertandingan pekan ke-33 kompetisi tertinggi sepak bola Belanda, Eredivisie 2018/19 antara Feyenoord vs Den Haag menjadi pertandingan terakhir eks striker Timnas Belanda itu.

Robin van Persie pun mendapat penghormatan terakhir dari klub ketika mendekati babak akhir pertandingan Feyenoord vs Den Haag. Tepatnya di menit ke-91 sat van Persie digantikan Dylan Vente.

Baca Juga

Para pemain dari dua klub langsung membentuk barisan mirip pagar para penonton pun melakukan standing ovation untuk Van Persie. Pemain 35 tahun itu memang sempat mengungkapkan jika dirinya ingin mengakhiri 18 tahun kariernya sebagai pemain sepak bola dengan penuh kehormatan.

"Tujuan utama adalah pensiun dengan penuh kehormatan karena sepak bola adalah gairah saya,” ujar mantan pemain Manchester United itu dilansir laman berita olahraga ESPN.

Dengan kabar pensiun Van Persie ini pun membuat rumor transfer dirinya gabung Persija Jakarta di Liga 1 langsung menguap. Kabarnya bahkan tak terdengar lagi.

Baca Juga

Awal Rumor Van Persie ke Persija Jakarta

Rumor tentang Van Persie ke Persija Jakarta berawal pada pertengahan April lalu, di mana manajemen Macan Kemayoran juga menanggapi kabar timnya menginginkan Diego Forlan.

"Saya tidak berminat dengan Forlan. Justru yang bagus itu Robin van Persie. Dia masih bermain di liga utama (Feyenoord). Kalau Forlan dia kan hanya bermain di Mumbai dan Kitchee," ucap CEO Persija, Ferry Paulus.

Lewat pernyataan itu pun, otomatis membuat Jakmania sumringah dan mencari tahu betul apakah ada kemungkinan Persija untuk mendatangkan Robin van Persie ke Liga 1.

Persija Jakarta dengan status klub besar, tentu memiliki beberapa modal yang dibutuhkan untuk mendatangkan pemain besar. Seperti halnya Persib Bandung saat mendatangkan Michael Essien di Liga 1 2017.

Baca Juga

Namun semua itu kembali pada keseriusan klub terhadapn pemain yang diminatinya untuk bergabung. Kabar Persija menginginkan Van Persie pun seolah-olah menguap begitu saja.

Dengan eks striker Arsenal itu sekarang sudah pensiun, apakah masih ada kemungkinan untuknya gabung Persija Jakarta di Liga 1 musim ini atau musim depan? Berikut INDOSPORT akan memberikan ulasan terkait kemungkinan Van Persie ke Persija usai pensiun.


1. Robin van Persie Bisa Gabung Persija Jakarta?

Robin van Persie striker Feyenoord

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, semua kembali pada keseriusan Persija Jakarta untuk mendatangkan Robin van Persie ke Liga 1.

Ya, Robin van Persie sebenarnya masih belum cukup tua untuk menyatakan pensiun dari bermain sepak bola. Dirinya masih berusia 35 tahun (akan berusia 36 tahun pada tanggal 6 Agustus 2019 mendatang).

Melihat statistiknya di musim ini bersama Feyenoord, Van Persie juga terbukti masih tajam di lini depan. Dia masih mampu mencetak sebanyak 16 gol dan lima assist dari 25 penampilannya bersama Feyenoord di Eredivisie 2018/19.

Menyatakan pensiun nyatanya bukan sebuah kata pakem untuk seorang pemain sepak bola berhenti bermain. Yang terjadi ada beberapa pemain top dunia yang kembali bermain usai memutuskan pensiun.

Kita lihat saja Paul Scholes yang menyatakan pensiun pada Mei 2011 lalu. Tidak sampai satu tahun berselang, dia tiba-tiba kembali bermain pada Januari 2012 dan bermain hingga satu musim lagi sebelum kembali pensiun pada Mei 2013.

Ada juga Landon Donovan, pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah kompetisi elite Amerika Serikat, MLS. Dia sempat pensiun pada akhir musim 2014 lalu, namun kembali bermain pada tahun 2016.

Baca Juga

Pada Desember 2016, Donovan kembali menyatakan pensiun, padahal dua tahun berselang, Januari 2018 dia tiba-tiba bergabung dengan klub gurem Meksiko bernama Club Leon. Kisah yang satu ini, bisa menjadi inspirasi untuk klub Indonesia seperti Persija, mendatangkan Van Persie. Klub yang tak mendunia, tapi bisa mendatangkan striker top dunia.

Ada beberapa kisah yang menjelaskan bahwa pensiun adalah sesuatu yang masih bisa diubah. Nampaknya jika Persija serius, bukan hal mustahil melihat Van Persie bermain di Liga 1, musim ini atau tahun depan. Semoga saja hal tersebut bisa terjadi, karena tentunya akan mendongkrak nama Liga 1 sendiri.

Cerita Rizky Saat Bertemu Riyad Mahrez di Inggris

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

BelandaRobin van PersiePersija JakartaFeyenoordLiga IndonesiaLiga 1FeatureBola Indonesia

Berita Terkini