x

Meski Dihina, Persib Bandung Harus Belajar Hal Ini dari Chonburi

Rabu, 15 Mei 2019 15:14 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Persib Bandung harus banyak belajar dari Chonburi FC

INDOSPORT.COM – Salah satu klub ternama sepak bola Indonesia, Persib Bandung saat ini tengah mendapatkan ejekan dari pendukung klub asal Thailand, Chonburi FC. Itu tak terlepas dari jersey anyar Persib untuk bertarung di kompetisi Liga 1 2019 mendatang.

Menurut fans Chonburi, jersey anyar Persib musim ini terlalu banyak sponsor. Mereka mengatakan jika pernah membaca novel yang kalimatnya lebih pendek dibandingkan dengan tulisan yang ada di jersey Persib.

Aksi kurang terpuji fans tersebut sontak membuat Bobotoh beramai-ramai membanjiri kolom komentar akun media sosial Chonburi. Sebagian besar Bobotoh tentunya tak akan ikhlas membiarkan tim kesayangannya diejek oleh pihak manapun.

Meski mendapatkan hinaan dari pihak Chonburi, namun Persib nyatanya harus belajar banyak dari klub kasta teratas sepak bola Thailand tersebut. Bukan soal sponsor, melainkan cara kerja manajemen Chonburi yang berani menjalin hubungan dengan klub top Eropa.

Baca Juga

Seperti yang diketahui, Chonburi telah menjalin kerja sama dengan salah satu klub ternama Liga Primer Inggris, yakni Manchester City. Chonburi menjadi Manchester City sebagai klub afiliasi mereka setidaknya sejak 2008 silam.

Selain mendapatkan keuntungan secara bisnis, Chonburi juga bisa membantu perkembangan para pemain sepak bola Thailand. Karena adanya kerja sama tersebut membuat beberapa pemain Thailand bisa berkesempatan berkarier di salah satu klub Inggris.

Dua pemain Chonburi yang pernah merasakan menjadi bagian Manchester City adalah Kiatprawut Saiwaeo dan Suree Sukha. Dua pemain yang berposisi sebagai bek tersebut bergabung bersama Si Biru Langit pada 2007-2008 silam.

Meski akhirnya Kiatprawut Saiwaeo dan Suree Sukha gagal bersaing di skuat utama Manchester City, namun keduanya mendapatkan pengalaman berharga. Artinya, mereka bisa menularkan pengalaman itu kepada pemain Thailand lainnya.

Hal inilah yang seharusnya bisa ditiru oleh manajemen Persib. PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) bisa memulai kerja sama dengan salah satu klub top Eropa. Karena itu bisa menguntungkan Persib sekaligus Timnas Indonesia.

Jika PT PBB berhasil menjalin hubungan kerja sama dengan klub top Eropa, bukan tidak mungkin jika para pemain Persib bisa dipromosikan untuk bermain di sana. Karena Persib memiliki sejumlah talenta muda yang mungkin bisa bersaing di pentas internasional.

Febri Hariyadi salah satu bintang dalam peluncuran jersey anyar Persib Bandung. Arif Rahman/INDOSPORT

Salah satunya adalah Febri Hariyadi. Seperti yang diketahui, Febri memiliki kualitas yang cukup bagus ketika bermain di sisi sayap. Terlebih usia Febri saat ini masih terbilang muda, yakni baru menyentuh 23 tahun.

Selain Febri, masih banyak pemain Indonesia lain yang bisa berkarier di pentas Eropa. Namun sebagian dari mereka sulit untuk mencari jalan ke Benua Biru.

Baca Juga

Namun jika Persib bisa meniru cara kerja Chonburi, yang mampu menjalin hubungan dengan klub top Eropa, maka kemungkinan besar para pemain Indonesia bisa mencicipi atmosfer sepak bola Benua Biru.

Keuntungan pun tidak hanya menghampiri Persib, namun juga untuk meningkatkan kualitas Timnas Indonesia. Karena pemain yang berkesempatan main di Eropa itu bisa menularkan pengalamannya ketika kembali ke Indonesia.

Terus Ikuti Sepak bola Liga Indonesia dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaShopee Liga 1Chonburi FC

Berita Terkini