x

Termasuk Persib dan Persija, Ini 7 Calon Kuat Juara Liga 1 2019

Rabu, 15 Mei 2019 15:37 WIB
Editor: Coro Mountana
Logo Liga 1 2019

INDOSPORT.COM – Akhirnya ajang sepak bola paling bergengsi di Indonesia, Liga 1 2019 akan resmi dimulai pada Rabu (15/05/19) hari ini.

Liga 1 2019 akan dibuka dengan duel PSS Sleman vs Arema FC yang diselenggarakan di Stadion Maguwoharjo. Dengan dilangsungkannya laga itu, maka persaingan panas di Liga 1 resmi dimulai.

Baca Juga

Sebanyak 18 tim akan saling baku hantam demi memperebutkan lambang supremasi tertinggi Liga Indonesia.

Oleh karena itu semua klub melakukan persiapan yang sangat serius selama masa pra musim dengan melakukan serangkaian uji coba dan bongkar pasang pemain.

Dari 18 tim yang akan bertanding di Liga 1 2019 nanti, tentu ada sejumlah tim yang difavoritkan dapat menjadi juara di akhir musim. Tim-tim tersebut dinilai memiliki peluang untuk bersaing di jalur juara berkat materi pemain mumpuni dan persiapan yang matang.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT merangkumnya dalam 7 calon kuat juara Liga 1 2019.


1. Persija Jakarta

Skuat utama Persija Jakarta saat melawan Becamex Binh Duong pada laga perdana Piala AFC 2019 grup G di stadion GBK, Selasa (26/02/18).

Pertama ada Persija Jakarta yang berstatus sebagai juara bertahan usai juara di Liga 1 2018. Berbekal materi pemain yang cukup baik dengan kehadiran amunisi baru seperti Bruno Matos dan Steven Paulle, Persija berpeluang untuk mempertahankan gelar juara.

Ditambah lagi dengan fakta bahwa Persija dirasiteki oleh mantan pelatih Timnas Indonesia, Ivan Kolev. Pelatih asal Bulgaria itu merupakan seorang ahli taktik yang dapat mengantarkn Persija keluar dari sulitnya rintangan yang diberikan oleh lawan.

Selain itu, Persija juga masih akan diperkuat sejumlah kekuatan musim lalu seperti Marko Simic, Andritany Ardhiyasa, dan Riko Simanjuntak.

Jika nama-nama lama itu dapat bersinergi baik dengan pemain baru, maka niscaya Persija akan mengulang sukses musim lalu.

Arema FC

Skuat Arema FC dengan jersey anyar musim depan. Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT

Usai menjadi juara Piala Presiden 2019, nama Arema FC mulai masuk dalam bursa calon juara Liga 1. Pasalnya, penampilan impresif selama ajang Piala Presiden, telah membuka mata pesaing kalau Arema merupakan kontender serius.

Tampil sangar dengan hadirnya Makan Konate, Dedik Setiawan, dan Ricky Kayame telah menjadikan Arema FC begitu berbahaya di Piala Presiden. Dan kini Arema telah kedatangan pemain baru seperti Sylvano Comvalius.

Mantan penyerang Bali United itu merupakan top skor Liga 1 dua musim lalu dengan rekor gol mencapai 37 dalam semusim. Tentu Comvalius diharapkan dapat mengulangi penampilan gemilangnya bersama Arema FC.

Persebaya Surabaya

Skuat Tim Persebaya Surabaya. Foto: Fitra Herdian/Indosport.com

Menjadi runner up Piala Presiden 2019, membuat Persebaya Surabaya semakin diperhitungkan dalam percaturan Liga 1 musim ini. Pasalnya di Piala Presiden 2019, Persebaya Surabaya menampilkan peforma yang sangat atraktif nan menghibur.

Persebaya sangat tangguh dalam hal menyerang karena memiliki playmaker handal dalam diri Damian Lizio, Manuchkher Dzhalilov yang siap mengacak-acak lini pertahanan lawan, dan penyerang tajam seperti Amido Balde.

Kombinasi dari ketiga pemain baru itu saja sudah cukup menakutkan dan membuat lawan ketar-ketir.

Apalagi Persebaya ditangani oleh pelatih bertangan dingin, Djajang Nurdjaman yang sudah pernah memenangi Liga 1 bersama Persib Bandung. Itu artinya secara mental Persebaya seharusnya sudah punya, hanya saja tinggal bagaimana mereka bisa konsisten.


2. Madura United

Beto Goncalves berlatih bersama skuat Madura United jelang hadapi Persija Jakarta di Piala Presiden 2019, Jumat (08/03/19).

Tim bertabur bintang alias ‘Los Galacticos’, Madura United tak ketinggalan masuk dalam bursa calon juara Liga 1 musim ini. Kedalaman skuat Madura United sangatlah merata dan itu merupakan salah satu syarat untuk menjadi juara liga.

Bayangkan saja, di posisi kiper, Madura United memiliki Satria Tama, di bagian pertahanan ada Jaimerson, Fachrudin Aryanto, Alfath Fathier dan Marckho Merauje. Di sektor tengah, Madura punya Zah Rahan, sedangkan di lini serang ada Beto Goncalves, Andik Vermansah, dan Aleksandar Rakic.

Meski di Piala Presiden lalu, Madura United hanya sampai di babak semifinal saja, tapi sekilas mereka sudah mulai menunjukan ancamannya. Mulai dari Persija Jakarta yang sukses ditahan imbang hingga tim penuh kejutan seperti Persela, yang bisa mereka bungkam.

Persib Bandung

Skuat Persib Bandung saat di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (04/05/2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Nama Persib Bandung awalnya sempat dikhawatirkan berkat hasil minor di Piala Presiden, tapi mendadak menjadi salah satu kandidat kuat untuk juara Liga 1. Alasannya adalah penunjukan pelatih baru yang bertangan dingin seperti Robert Rene Alberts.

Pelatih asal Belanda itu sudah terkenal memiliki sentuhan magis di Indonesia dengan pernah membawa Arema menjadi juara. Selain itu saat bersama PSM Makassar, Robert Rene Alberts selalu berhasil membawa tim berada di 5 besar.

Terlebih materi pemain Persib Bandung masih cukup mumpuni dengan kesuksesan mereka mempertahankan Ezechiel N’Douassel dan Bojan Malisic. Nantinya para pemain lama itu akan bersinergi dengan amunisi baru seperti Rene Mihelic dan Fabiano Beltrame.


3. PSM Makassar

Situasi pertandingan Lao Toyota FC vs PSM Makassar.

Setelah di musim lalu hanya menjadi runner up saja, sudah pasti target musim ini adalah menjadi juara bersama pelatih baru, Darije Kalezic.

Meski sudah tidak dilatih Robert Rene Alberts, kehadiran Darijer Kalezic nyatanya membawa angin segar juga usai membawa PSM ke semifinal Piala AFC.

Kunci kekuatan PSM Makassar ada di keputusannya untuk tidak merombak tim seperti tim-tim lain yang artinya kekompakan antar pemain masih terjaga. Para pemain kunci di musim lalu yang bertahan di musim ini adalah Marc Klok, Wiljan Pluim dan Zulham Zamrun.

Apalagi boleh dikatakan PSM melakukan aktivitas bursa transfer dengan langkah yang paling tepat di mana mereka berhasil mendatangkan Eero Markkanen sebagai mesin gol dan Aaron Evans sebagai tembok di belakang. Mungkinkah saatnya PSM juara musim ini?

Bali United

Skuat Bali United.

Bali United sempat masuk dalam persaingan menjadi juara Liga 1 2017 lalu tapi sayang mereka akhirnya harus menyerah dari Bhayangkara FC. Di musim lalu, mereka cenderung tidak konsisten sehingga musim ini ada harapan kalau Bali United bakal bangkit.

Sudah tentu target yang diusung tidak main-main adalah menjadi juara Liga 1 2019. Langkah Bali United di bursa transfer pun mencerminkan keseriusannya untuk menjadi yang terbaik di Indonesia dengan mendatangkan pemain terbaik Liga 1 2017 dan pelatih terbaik Liga 1 2018.

Mereka adalah Paulo Sergio dan Stefano Cugurra Teco diyakini akan membawa mental juara ke dalam skuat Bali United. Ditambah dengen pilar lama seperti Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim, dan Ilija Spasojevic, Bali United benar-benar akan berbahaya di Liga 1 2019.

Geledah Stadion Persitara Bareng Pentolan NJ Mania

Terus Ikuti Perkembangan Seputar Liga 1 dan Berita Olahraga Lainnya di INDOSPORT.COM.

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaLiga IndonesiaArema FCLiga 1TRIVIABola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini