x

Starting XI Garuda Select Jika Bela Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024

Minggu, 19 Mei 2019 16:02 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Formasi Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024. Grafis: Tim/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Seperti apa Starting XI Garuda Select saat nanti membela Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024 nanti? Simak ulasannya di bawah ini.

Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) menargetkan Timnas Indonesia U-23 lolos ke Olimpiade 2024 yang akan diselenggarakan di Prancis, tepatnya di Paris.

PSSI tampak percaya diri melihat perkembangan anak-anak berbakat sepak bola Indonesia yang tergabung dalam program Garuda Select selama menimba ilmu di Inggris dan menghadapi berbagai akademik klub terbaik di sana.

Baca Juga

Sekjen PSSI, Ratu Tisha mengatakan program Garuda Select berjalan lancar dan membuat Timnas Indonesia punya harapan untuk tampil di Olimpiade 2024. Bahkan menurutnya, Garuda Select ini akan ada angkatan selanjutnya.

"Program ini angkatan pertama, walaupun disiapkan secara mepet dapat berjalan dengan lancar, dengan segala kekurangan dan tantangan," kata Ratu Tisha, seperti yang sudah diberitakan oleh INDOSPORT, Minggu (19/05/19).

Jika berdasarkan pernyataan dari Ratu Tisha yang akan mengandalkan anak-anak dari Garuda Select untuk mengantar Timnas Indonesia U-23 ke Olimpiade 2024, target ini cukup masuk akal.

Pasalnya usia para pemain yang tergabung dalam Garuda Select, pada tahun 2024 mendatang, masih berusia di bawah 23 tahun yang artinya bisa memperkuat Timnas Indonesia jika lolos ke Olimpiade 2024.

Baca Juga

Olimpiade khusus untuk cabang olahraga sepak bola, memang membatasi umur para pemain. Yaitu skuat tim nasional U-23 saja dengan tambahan maksimal tiga pemain lebih tua di skuat yang didaftarkan.

Ini sangat menarik, apalagi nantinya akan ada beberapa pemain yang sudah punya pengalaman cukup di jenjang usia Timnas Indonesia yang lebih senior, seperti Witan Sulaiman dan Beckham Putra yang baru masuk skuat senior Persib Bandung.

Langsung saja, berikut INDOSPORT coba tampilkan kepada Anda, Starting XI Garuda Select untuk nanti membela Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024.


1. Starting XI Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024

Kiper Timnas Indonesia U-16, Ernando Ari saat berlatih mengenakan jersey Garuda.

Kiper

Untuk posisi kiper, ada nama Ernando Ari Sutaryadi yang pada tahun 2024 nanti masih memenuhi kriteria. Ernando merupakan kiper dengan insting bagus yang lahir pada tahun 2022, artinya dia baru akan berusia 22 tahun saat Olimpiade 2024.

Penampilan terbaik Ernando bisa dikatakan terjadi saat dirinya membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2018 di Sidoarjo, pada April 2018 lalu. Dia berhasil menepis dua tendangan penalti dari Timnas Thailand U-16.

Belakang

Bagas Kaffa saat berlatih bersama Timnas Indonesia U-16.

Untuk pertahanan dalam formasi empat pemain bertahan, semuanya akan berasal dari Garuda Select yang menimba ilmu di Inggris. Kita mulai dari kanan ada Muhammad Yudha Febrian.

M. Yudha memiliki postur badan yang cukup tinggi untuk anak seusia 17 tahun. Sudah dikontrak oleh Barito Putera U-18, Yudha setidaknya punya masa depan yang jelas.

Untuk sisi kanan pertahanan, ada bek kanan agresif yang tampil beringas di Piala AFC U-18 2018 lalu. Yaitu Bagas Kaffa, yang sekarang juga sudah bergabung dengan Barito Putera.

Untuk duet di jantung pertahanan, akan diisi oleh Komang Teguh dan Muhammad Salman Alfarizi. Komang Teguh sudah diandalkan oleh Fakhri Husaini sejak AFC U-16 2018 lalu. 

Sementara Salman juga anggota Timnas U-16 pada tahun lalu, namun dia cukup sering dimainkan selama Garuda Select di Inggris. Kedua bek tengah ini merupakan binaan dari Diklat Ragunan.

Baca Juga

Gelandang Tengah

Kapten Timnas U-16, David Maulana (kanan) Melakukan Selebrasi

Dengan formasi 4-2-3-1, akan ada dua gelandang tengah yang masing-masing punya kelebihan dalam menjaga keseimbangan permainan tim. Jika lolos ke Olimpiade 2024, akan ada Brylian Negiehta dan David Maulana yang akan mengawal.

Bahkan kemampuan Brylian mengatur pola permainan tim diakui oleh salah satu tim Inggris. Dia sempat mendapat undangan mengikuti latihan selama sepekan bersama Queens Park Ranger, tim yang pernah jajal Liga Primer Inggris.

Sementara itu, gelandang tengah masih dari Garuda Select, yaitu David Maulana. Pemain yang akrab disapa Bembeng ini merupakan kapten Timnas U-16 di Piala AFC 2018 tahun lalu dan juga untuk Garuda Select selama di Inggris.

Baca Juga

Gelandang Serang

Witan Sulaiman, pemain muda Timnas Indonesia

Bergeser ke posisi gelandang serang, yang akan diisi oleh tiga orang persis di belakang striker tunggal. Ada Witan Sulaiman, Beckham Putra dan Mochammad Supriadi.

Witan Sulaiman nampaknya punya kecepatan dan kelincahan karena tubuh kecilnya. Bahkan Indra Sjafri sempat mencobanya di posisi penyerang sayap kiri karena teknik yang dimiliki sang pemain.

Sementara di sisi kanan, ada penyerang subur di Inggris bernama Supriadi. Supriadi tampil begitu moncer menghadapi kiper-kiper muda asli Inggris dan sudah mencetak sebanyak sembilan gol.

Baca Juga

Penyerang

Selebrasi Bagus Kahfi usai cetak gol ke gawang Iran.

Yang terakhir adalah striker tunggal dalam formasi ini, yaitu Bagus Kahfi. Bagus Kahfi sudah dipanggil oleh Fakhri Husaini sejak tahun 2017, dan sudah menjuarai Piala Jenesys dan Piala AFF U-16 2018.

Bagus Kahfi mencetak sebanyak 12 gol dari tujuh penampilannya untuk Timnas Indonesia U-16 saat menjadi juara Piala AFF U-16 2018 pada Juli 2018 lalu.

Berikut prediksi starting XI Garuda Select dan Timnas Indonesia untuk Olimpiade 2024

Formasi Timnas Indonesia U-23 di Olimpiade 2024. Grafis: Tim/Indosport.com
Progres Pembangunan Stadion BMW 3 Bulan Setelah Peletakan Batu Pertama

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Seputar Timnas Indonesia U-23 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungOlimpiadeTimnas Indonesia U-23Olimpiade 2024Timnas IndonesiaBola InternasionalBeckham Putra NugrahaWitan SulaemanFeatureBagas KaffaBagus KahfiBrylian NegiehtaMochammad SupriadiGaruda Select

Berita Terkini