x

Hasil Pertandingan Liga 1 Barito Putera vs Persija Jakarta: Juara Bertahan Imbang

Senin, 20 Mei 2019 22:23 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Sandi Sute mendapat pengawalan pemain lawan pada laga Barito Putera vs Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM - Barito Putera menjamu Persija Jakarta di pekan ke-1 Liga 1 2019. Berikut hasil pertandingan Barito Putera vs Persija Jakarta. 

Kompetisi sepak bola Liga 1 2019 telah menyelesaikan pertandingan pada pekan ke-1. Laga Barito Putera vs Persija Jakarta menjadi satu dari dua laga penutup pekan pertama. 

Laga Barito Putera vs Persija Jakarta berlangsung di Stadion 17 Mei Banjarmasin. Kedua tim tampil dengan skuat terbaik pada laga ini. 

Duet Bayu Pradana dan Evan Dimas menghiasi lini tengah Barito Putera, serta ada Rizky Pora dan Rafael Silva di lini depan. 

Baca Juga

Sedangkan di kubu Persija Jakarta nyaris full team, hanya minus Rezaldi Hehanusa yang tempatnya diisi oleh Tony Sucipto. Trio Novri Setiawan, Marko Simic, dan Riko Simanjuntak kembali bermain bersama. 

Di babak pertama, Persija Jakarta unggul 1-0 berkat gol sundulan Marko Simic pada menit ke-37. Barito Putera menyamakan kedudukan pada menit ke-81 lewat gol Rafael Silva. 

Skor imbang 1-1 menjadi akhir dari pertandingan Barito Putera vs Persija Jakarta. 


1. Babak Pertama

Senyuman Marko Simic pada latihan Persija Jakarta di Lapangan PSAU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (09/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Di babak pertama, kedua tim bermain dengan intensitas yang sangat tinggi dengan target mencetak gol cepat. Persija pun menjadi tim pertama yang mendapat peluang emas pertama melalui tendangan bebas Ismed Sofyan di menit ke-2, namun masih bisa ditahan Artur rupanya.

Pertandingan berlangsung dengan keras usai Steven Paulle dan Bayu Pradana sama-sama mendapatkan kartu kuning. Usai peluang Ismed Sofyan, Barito Putera mencoba untuk membalas melalui tendangan bebas Rizky Pora, namun masih melambung di atas gawang.

Riko Simanjuntak pun mendapatkan kesempatan emas bagi Persija Jakarta setelah melepaskan tembakan keras, namun sayang bola masih bisa diamankan oleh Riyandi.

Persija Jakarta akhirnya berhasil unggul pada menit ke-37. Riko Simanjuntak mendapat bola di sisi kiri pertahanan Barito Putera, ia menunggu sejenak sebelum melepaskan bola ke kotak penalti karena Marko Simic baru berlari dari luar kotak penalti. 

Marko Simic sampai tepat waktu di kotak penalti, tak ada pengawalan berarti, dan dengan baik menyundul bola ke pojok gawang Barito Putera. 

Barito mencoba untuk membalas tapi selalu gagal sehingga babak pertama pun berakhir dengan skor 1-0 bagi keunggulan Persija berkat Marko Simic.


2. Babak Kedua

Pertandingan Barito Putera vs Persija Jakarta. Grafis: Yanto/Indosport.com

Barito Putera tampil dengan tempo sama seperti babak pertama dan mendapat tendangan bebas pada menit ke-49, namun tendangan bebas itu tak mampu dimanfaatkan. 

Meski Barito Putera lebih menekan, Persija tetap mendapatkan peluang dari Bruno Matos yang hanya menjadi sepak pojok pada menit ke-56. 

Setelagh sepak pojok, Riko Simanjuntak melepaskan tendangan pada menit ke-58 memanfaatkan bola liar masih bisa ditahan oleh M.Riyandi. 

Riko Simanjuntkak kembali mendapat peluang pada menit ke-63, dengan kecepatannya melewati Artur lalu melepaskan tendangan terukur, dan Riyandi kembali bisa menepisnya. 

Menit ke-70, Barito Putera mendapatkan tendangan bebas yang jaraknya tipis saja di luar kotak penalti. Tendangan bebas Rizky Pora membentur pagar betis dan menjadi sepak pojok, skema sepak pojok juga tak berhasil bagi Barito Putera. 

Pada menit ke-72, Andri Ibo mengirim bola ke kotak penalti, namun tendangan akrobatik Samsul Arif masih tipis melebar ke tiang jauh gawang Persija Jakarta. 

Barito Putera terus berusaha mencetak gol, pada menit ke-75 Bayu Pradana melepaskan tendangan melengkung dari luar kotak penalti namun ditepis oleh Andritany Ardhiyasa. 

Serangan balik dilakukan Persija tak lama berselang, Riko Simanjuntak mengirim bola ke Sandi Sute, namun Sandi Sute memilih melepaskan tendangan dan tak mengoper Bruno Matos, bola dengan gampang ditangkap oleh M.Riyandi. 

Barito Putera akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-81. Paulo Sitanggang melakukan operan backhill kepada Rafael Silva yang melepaskan tendangan ke pojok gawang Persija. 

Persija Jakarta bereaksi melalui Bruno Matos, tendangan keras Bruno Matos membuat M.Riyandi harus terbang menyelamatkan gawangnya. Barito Putera sempat mencetak gol pada menit ke-87 namun dianulir karena offside. 

Persija Jakarta mendapat tendangan bebas saat injury time, tetapi tendangan bebas Ismed Sofyan dipetik di udara oleh M.Riyandi sebelum sampai ke pemain Persija. 

Pertandingan pun berakhir dengan skor imbang 1-1. 


3. Susunan Pemain

Ilustrasi formasi Persija Jakarta.

Berikut susunan pemain pertandingan Barito Putera vs Persija Jakarta: 

Barito Putera 

M.Riyandi; Dandi Maulana, Artur, Lucas Silva, Donni Haroid Monim; Andri Ibo, Bayu Pradana, Evan Dimas, Rafael Silva, Yakob Sayuri, Rizky Pora.  

Persija Jakarta

Andritany Ardhiyasa; Ismed Sofyan, Ryuji Utomo, Steven Paulle, Tony Sucipto; Rohit Chand, Sandi Sute, Bruno Matos; Novri Setiawan, Marko Simic, Riko Simanjuntak.

Penampilan Terakhir Persija Jakarta di Piala AFC

Ikuti Terus Berita Liga 1 dan Berita Sepak Bola Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Barito PuteraPersija JakartaReviewHasil PertandinganLiga IndonesiaLiga 1Marko SimicBarito Putera vs Persija Jakarta

Berita Terkini