x

2 Tahun Top Skor Liga 1 Dikuasai Asing dan Ancaman Untuk Timnas Indonesia

Selasa, 21 Mei 2019 19:10 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Resmi Shopee Liga 1 2019. Foto: ShopeeLiga1

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019 akhirnya bergulir juga dan baru saja menyelesaikan pekan pertamanya.

Sebanyak sembilan pertandingan telah digelar dengan total 27 gol tercipta, 44 kartu kuning dan 1 kartu merah yang keluar dari kantung wasit, sebagai penanda kerasnya persaingan di Liga 1 musim ini.

Padahal sebelum hendak digulirkan, Liga 1 2019 sendiri sempat menemui sejumlah kendala seperti kesulitan mencari sponsor, jadwal ngaret, belum membayar uang subsidi musim lalu, hingga dihantam isu pengaturan skor.

Seiring berjalannya waktu, masalah tersebut perlahan mulai terselesaikan hingga akhirnya jadwal kick off tidak lagi diundur. Laga pembuka sendiri mempertemukan PSS Sleman vs Arema FC pada 15 Mei 2019 lalu di Stadion Maguwoharjo.

Baca Juga

Namun di balik suksesnya menggelar pekan perdana Liga 1, terdapat catatan miris yakni sulitnya pemain lokal bersaing dengan para legiun asing.

Hal itu bisa dilihat dari daftar pencetak gol di pekan pertama, dimana pemain asing mendominasi yakni Ciro Alves  (TIRA-Persikabo) dan Artur Gevorkyan (Persib). Sementara satu pemain lainnya adalah pemain naturalisasi Alberto 'Beto' Goncalves.

Ketiga pemain itu mencatatkan namanya sebagai pencetak gol terbanyak di pekan perdana Liga 1 2019. Mendominasinya pemain asing, mengulang catatan Liga 1 2018.

Baca Juga

Musim lalu, dominasi pemain asing juga masih kental dalam urusan mencetak gol. Nama Fernando Rodrigues keluar sebagai pencetak gol terbanyak dengan dua gol, saat memperkuat Mitra Kukar melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan pada 24 Mei 2019.

Sedangkan para striker lokal seperti Boaz Solossa, Greg Nwokolo, Stefano Lilipaly hanya mampu mencetak satu gol. Statistik ini tentunya menjadi warning untuk masa sepak bola Indonesia, khususnya Timnas Indonesia.

Sebab, di masa depan kelak pelatih Skuat Garuda akan kesulitan mencari sosok striker haus gol, lantaran minimnya striker lokal khususnya pemain muda bisa bersaing. Karena sebaik apapun kompetisinya, harus bermuara untuk timnas negara itu sendiri.

Bahkan saat ini pun masalah itu sudah dialami, dimana nama-nama senior masih jadi andalan untuk dipanggil ke Timnas Indonesia asuhan Simon McMenemy seperti Ilija Spasojevic, Greg Nwokolo, dan Beto Goncalves.

Ciro FerraraBeto GoncalvesTimnas IndonesiaLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaArtur Gevorkyan

Berita Terkini