x

Alasan Mencengangkan Luis Milla Terima Tawaran Latih Timnas Indonesia

Selasa, 21 Mei 2019 11:30 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Luis Milla, mantan pelatih Timnas Indonesia.

INDOSPORT.COM – Luis Milla mengungkapkan alasannya bergabung melatih Timnas Indonesia pada 2017. Menurutnya, meski negaranya penuh dengan talenta dan klub bertabur bintang, persaingan posisi pelatih di sana terbilang sangat ketat.

“Sepak bola Spanyol merupakan salah satu yang terbaik di Eropa, bahkan dunia. Kami semua (manajer asal Spanyol) mengetahui itu. Namun, kami juga tidak selalu memiliki kesempatan untuk menangani klub di negeri sendiri,” ujarnya dilansir dari situs El Periodico de Aragon.

Baca Juga

Hal tersebutlah yang membuat Milla memutuskan untuk mencari pengalaman baru di Indonesia. Ia resmi bergabung pada 20 Januari 2017 menggantikan Alfred Riedl yang kontraknya tidak diperpanjang PSSI (induk organisasi sepak bola Indonesia) setelah menangani skuat Garuda di Piala AFF 2016.

“Saya merasa bahwa tawaran PSSI sangat menarik dan akan memberikan pengalaman yang bagus bagi karier kepelatihan saya. Setelahnya, saya berangkat dan ternyata menjadi petualangan yang positif,” ujar Milla.

Mantan pemain Real Madrid dan Barcelona itu menangani Timnas Senior dan Timnas U-23 sekaligus. Bersama tim senior, ia tampil dalam enam laga uji coba. Milla membawa anak asuhnya meraih dua kemenangan (atas Kamboja dan Guyana), dua hasil imbang (dengan Fiji dan Puerto Rico), serta dua kekalahan (dari Myanmar dan Islandia).

Bersama Timnas U-23, ia dan anak asuhnya berlaga di kancah Asian Games 2018. Tim asuhannya lolos dari fase grup setelah mengantongi tiga kemenangan dan satu kekalahan. Namun, kiprahnya terhenti di perdelapanfinal setelah takluk dari Uni Emirat Arab dengan skor 2-2 (3-4 adu penalti).

Baca Juga

Milla sendiri mengakhiri jabatan kepelatihan Timnas Indonesia setelah diputus kontraknya oleh PSSI pada Oktober 2018. Ia mengakhiri kariernya setahun lebih cepat dari kontrak yang disodorkan semula.

Hingga saat ini, pelatih yang membawa Timnas Spanyol U-21 menjuarai Piala Eropa pada 2011 ini belum menangani tim mana pun. Saat ini, ia bekerja sebagai pandit di salah satu televisi sepak bola Spanyol. Meski begitu, ia baru-baru ini menyatakan keinginannya untuk kembali melatih.

Ikuti Update Berita Sepak Bola Internasional Lainnya di INDOSPORT.COM

SpanyolTimnas IndonesiaLuis MillaBola InternasionalBola Indonesia

Berita Terkini