x

Inilah Untung dan Rugi jika Frank Lampard Melatih Chelsea

Kamis, 23 Mei 2019 17:42 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Manajer Derby County yang kabarnya tengah dilirik Chelsea untuk menggantikan Mauricio Sarri. Nathan Stirk/GettyImages.

INDOSPORT.COM - Frank Lampard dikabarkan bakal kembali sebagai manajer di Chelsea. Jika hal ini benar-benar terjadi, akan ada pihak yang diuntungkan dan dirugikan.

Banyak kabar berhembus kalau Chelsea menginginkan Lampard menggantikan peran Maurizio Sarri, yang rumornya akan bergabung ke Juventus. Klub sepak bola Italia tersebut pun baru saja ditinggal pelatihnya, Massimiliano Allegri.

Lampard sendiri sekarang melatih klub Divisi Championship, Derby County. Di masa kepelatihannya pada 2018/19, Derby finis di posisi enam Divisi Championship 2018/19 dengan catatan 20 kali menang, 14 kali imbang, dan 12 kali kalah.

Baca Juga

Melihat prestasi yang cukup membanggakan tersebut ditambah lagi bahwa Lampard adalah salah satu mantan pemain Chelsea yang sangat berprestasi, tak heran bila klub tersebut ingin merekrutnya kembali sebagai pelatih.

Meski demikian, ternyata ada keuntungan dan kerugian jika Frank Lampard benar-benar kembali untuk melatih Chelsea, seperti dilansir dari laman portal berita Squawka. Apa saja itu?


1. Keuntungan

Frank Lampard saat masih aktif sebagai pemain Chelsea. Shaun Botterill/Getty Images.

Bagi Suporter Chelsea

Sebagai seorang pemain yang mengoleksi berbagai penghargaan dan prestasi, tidak heran jika para penggemar Chelsea ingin Lampard segera melatih klub tersebut.

Hal ini juga dipengaruhi oleh prestasi buruk Sarri sebagai pelatih yang dianggap kurang mampu mengembalikan kejayaan Chelsea. Bahkan, The Blues mampu finis di posisi tiga Liga Primer Inggris 2018/19 bisa jadi karena penampilan Arsenal dan Manchester United yang memburuk di musim ini.

Dengan kembalinya sosok familiar seperti Lampard, para suporter Chelsea bisa kembali yakin bahwa klub favorit mereka akan berjaya lagi.

Baca Juga

Bagi Pemain Muda

Maurizio Sarri kabarnya lebih memilih memainkan para pemain yang lebih berpengalaman dibanding mencoba mengutamakan pemain-pemain muda seperti Callum Hudson-Odoi dan Ruben Loftus-Cheek.

Di sisi lain, banyak yang percaya bahwa Lampard bisa lebih terbuka untuk menggunakan pemain-pemain muda. Hal ini dibuktikan dengan musim panas 2018 yang lalu, ia memboyong dua pemain muda Chelsea, Mason Mount dan Fikayo Tomori, ke Derby County dengan status pemain pinjaman.

Jika kemungkinan ini benar terjadi, maka para pemain muda Chelsea akan memiliki jam terbang yang lebih tinggi, yang pada akhirnya membuat mereka mampu bersaing dengan para pemain senior.

Baca Juga

Bagi Frank Lampard

Jika Lampard melatih Chelsea, ia jelas akan mendapat keuntungan. Pertama, ia akan memiliki kesempatan untuk balas budi kepada klub yang pernah membesarkan namanya itu.

Kedua, dengan melatih Chelsea, Lampard tentu akan mendapat upah serta fasilitas yang lebih baik dibanding saat ia melatih di Derby County.


2. Kerugian

Jika menangani Chelsea, Lampard pun akan membawa kerugian bagi sebagian pihak. Nick Potts/GettyImages.

1. Bagi Pemain yang Tak Sesuai dengan Gaya Lampard

Selama Maurizio Sarri melatih Chelsea, ia menerapkan sistem permainan ball possession, yaitu permainan banyak umpan. Hal ini membuat pemain seperti Jorginho, misalnya, bersinar dengan pola tersebut.

Ia bahkan menjadi pemain yang paling banyak melakukan passing di Liga Primer Inggris 2018/19 dengan 2.782 passing.

Jika Lampard melatih Chelsea, ada kemungkinan pola permainan akan berubah. Jorginho yang menjadi andalan Sarri, bisa jadi tidak akan dipakai jika sang legenda The Blues itu kembali ke Stamford Bridge.

Jika hal ini terjadi, ada dua kemungkinan bagi gelandang tersebut, yaitu akan sering duduk di bangku cadangan atau pindah ke klub lain.

Baca Juga

2. Bagi Derby County

Jika Lampard kembali ke Chelsea, jelas Derby County akan kehilangan salah satu manajer sepak bola hebat yang pernah melatih mereka.

Lampard telah mengantarkan klub tersebut mencapai final playoff Divisi Championship 2019. Satu laga lagi lawan Aston Villa akan membawa mereka promosi ke Liga Primer Inggris 2019/20.

Jika Lampard melatih The Blues dan Derby County berlaga di Liga Primer Inggris 2019/20, klub tersebut akan menjalani musim berat. Pasalnya, mereka masih harus mencari pelatih pengganti yang baru, yang belum tentu bisa membawa prestasi bagi tim.

Apalagi, jika Derby County pada akhirnya sukses menembus Liga Primer Inggris, ditinggal seorang Lampard tentu akan membuat situasi semakin sulit. 

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Liga Inggris Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

ChelseaFrank LampardDivisi ChampionshipLiga Primer InggrisDerby CountyLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini