x

Termasuk Kiper Persija dan Bintang Persib, Berikut 4 Pesepak Bola yang Sempat Berpaling ke Futsal

Jumat, 24 Mei 2019 06:02 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Abdurrahman Ranala

INDOSPORT.COM - Selain penjaga gawang baru Persija Jakarta Adixi Lenzivio, beberapa pesepak bola berikut juga sempat berpaling ke futsal sebelum akhirnya kembali ke sepak bola.

Menjelang ditutupnya bursa transfer pemain lokal Liga 1 2019, juara bertahan Persija Jakarta mendatangkan penjaga gawang baru, Adixi Lenzivio.  Buat Persija Jakarta Adixi Lenzivio sebenarnya bukan sosok asing, karena pemain 26 tahun itu sebelumnya sudah sempat berseragam Persija sejak 2011 hingga 2015.

Baca Juga

Saat itu Adixi memilih meninggalkan Persija Jakarta karena ingin fokus pada kuliahnya. Namun selain itu dirinya juga meniti karier di dunia futsal dengan memperkuat tim kampusnya, Perbanas di Liga Futsal Mahasiswa.

Setelahnya, bahkan Adixi Lenzivio juga sempat menjalani karier profesional di dunia futsal dengan memperkuat Antam FC di Liga Futsal Pro (PFL) 2016 dan FC Pegasus di PFL 2019.

Apa yang dijalani Adixi dalam kancah sepak bola profesional Indonesia memang adalah hal yang masih lumrah ditemui. Karena sebelum Adixi sudah ada beberapa pesepak bola lainnya yang sepat berpaling ke dunia futsal dan akhirnya kembali ke dunia sepak bola.

Baca Juga

Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan 4 diantaranya.


1. Titus Bonai

Titus Bonai melakukan pengontrolan bola dari pemain Kalteng

Kabar mengejutkan sempat dihadirkan oleh pemain berlabel Timnas Indonesia, Titus Bonai yang memilih bergabung dengan klub Futsal Pelindo IV Permata Indah FC Desember 2018.

Keputusan Titus bergabung dengan Pelindo IV Permata Indah FC  yang bermain di kompetisi Liga Futsal Profesional (PFL) 2019 itu dilakukannya usai kontraknya bersama Borneo usai di musim 2018.

Baca Juga

Namun belakangan Titus mengakui, hijrahnya dirinya ke dunia futsal hanya sebatas untuk menjaga kondisi fisik, disaat kompetisi Liga 1 2019 saat itu belum jelas kapan akan digelar.

Sesuai pernyataannya, Titus memang tak lama hijrah ke dunia futsal. Saat ini Titus sudah kembali ke kancah sepak bola dengan bergabung bersama klub daerah kelahirannya, Persipura Jayapura di Liga 1 2019.


2. Kim Kurniawan

Pemain Persita Handi (jersey no 26) mencoba menghalau serangan pemain PBR Kim Kurniawan (jersey no 23) pada pertandingan penentuan delapan besar di stadion Singaperbangsa, Karawang, Jumat (05/09/14).

Keputusan hijrah ke dunia futsal juga sempat ditempuh pemain berdarah Indonesia-Jerman Kim Jeffrey Kurniawan. Kim hijrah ke dunia futsal profesional pada medio 2013 selepas memperkuat klub Persema Malang dan bergabung ke klub futsal Electric Cosmo PLN Jakarta.

Kim saat itu sempat bermain di putaran kedua kompetisi futsal nasional, meski hanya sebatas bermain pada seri keempat di Surabaya.

Baca Juga

Karier Kim di dunia futsal memang tak berlangsung lama, setelah kemudian pada musim 2014 dirinya kembali ke dunia sepak bola dengan bergabung ke klub asal Bandung, Pelita Bandung Raya (PBR).

Sejak bermain di PBR, karier sepak bola Kim semakin meningkat, sampai sekarang dirinya menjadi salah satu pemain andalan di klub besar, Persib Bandung.


3. Rendi Irwan

Rendi Irwan saat konferensi pers selepas laga Madura United vs Persebaya Surabaya. Fitra Herdian/Indosport.

Selepas tiga musim memperkuat Persija Jakarta, pemain asal Sidoarjo Rendi Irwan memutuskan banting stir ke dunai futsal profesional dengan memperkuat klub Bintang Timur Surabaya di Pro Futsal League 2016.

Sayang pilihannya itu tak berjalan manis, karena Rendi gagal membawa Bintang Timur lolos ke final four Pro Futsal League 2016. Selepas kegagalan itu, Rendi kemudian justru memilih balik ke dunia sepak bola.

Baca Juga

Dengan masih di Jawa Timur, Rendi bergabung ke klub legendaris Persebaya Surabaya yang bermain di Liga 2 2017. Sukses pun didapat Rendi dalam keputusannya itu, dengan membawa Persebaya Surabaya promosi ke Liga 1 2018 dengan ban kapten yang tersemat di lengannya.

Hingga kini, rendi masih setia di Persebaya Suarbaya dan masih menjadi slaah satu pemain penting di skuat Bajul Ijo dalam gelaran Liga 1 2019.


4. Adixi Lenzivio

Adixi Lenzivio, kapten PS Perbanas.

Seperti disinggung di atas, kiper baru Persija Jakarta Adixi Lenzivio adalah pesepak bola berikutnya yang sempat mengadu nasib di dunia futsal profesional.

Bahkan karier futsal Adixi Lenzivio yang diawali dari tim kampus di Liga Futsal Mahasiswa, bisa dibilang sebagai slaah satu yang paling sukses dibanding pesepak bola lainnya yang banting stir ke dunia futsal.

Baca Juga

Sempat memperkuat klub Antam FC, dan musim lalu ke FC Pegasus, penampilan Adixi di dunai futsal mulai mendpaatkan pengakuan lebih. Terbukti ketika namanya masuk menjadi salah satu dari lima penjaga gawang yang dipanggil ke seleksi skuat Timnas Futsal pada 25 Juni mendatang. Bersama Muhammad Albagir, Alvi Andrian, Iksan Rahadian dan Muhammad Nizar.

Dan dengan keputusannya kembali ke dunia sepak bola bersama Persija Jakarta, besar kemungkinan Adixi tidak akan memenuhi pemanggilan dirinya dalam seleksi Timnas Futsal Indonesia tersebut.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga 1 Lainnya Hanya di INDOSPORT

Persib BandungPersija JakartaFutsalKim KurniawanTitus BonaiRendi IrwanKim Jeffrey KurniawanLiga IndonesiaAdixi LenzivioLiga 1TRIVIABola Indonesia

Berita Terkini