x

Selain Liga Champions, 2 Tahun Lalu Atalanta Juga Cetak Sejarah di Sepak Bola Italia

Senin, 27 Mei 2019 16:04 WIB
Editor: Juni Adi
Para pemain Atalanta sedang berselebrasi

INDOSPORT.COM - Atalanta tengah jadi buah bibir publik sepak bola dunia, khususnya di Italia setelah keberhasilan mereka tampil di Liga Champions musim depan.

Kepastian itu didapat setelah La Dea berhasil meraih kemenangan 3-1 atas Sassuolo di pertandingan terakhir Serie A, pada Senin (27/05/19) dini hari tadi.

Tambahan tiga poin membuat Atalanta merangsek ke posisi tiga dengan perolehan 69 poin. Mereka unggul selisih gol dari Inter Milan, yang juga mengoleksi 69 poin di urutan ke-4.

Baca Juga

Pencapaian ini merupakan sebuah torehan emas, karena untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, Atalanta bisa bermain di kompetisi paling bergengsi antar klub elite Eropa tersebut musim 2019/20.

Sebelum Liga Champions, Atalanta juga berhasil mencetak sejarah di sepak bola Italia pada 2 tahun lalu tepatnya di 2017. Kala itu Atalanta jadi tim asal Italia ke-4 yang mampu mempunyai stadion sendiri.

Cerita bermula ketika Atalanta berhasil memenangkan lelang yang dilakukan oleh pemerintah kota Bergamo, untuk bisa memiliki stadion Atleti Azzurri d'Italia tahun 2017 lalu.

Baca Juga

Sebelumnya, mereka selalu menyewa kepada pemerintah kota untuk bisa menggunakan Stadion Atleti Azzurri d'Italia yang kemudian jadi markas mereka di kompetisi Serie A.

Atalanta harus mengeluarkan dana sebesar 8,6 juta euro (Rp124 miliar) untuk bisa mengalahkan klub Albinoleffe yang juga berminat memiliki hak penuh pengelolaan stadion tersebut secara pribadi.

“Atalanta telah memenangi lelang untuk fasilitas olahraga yang ada di kota Bergamo. Pemerintah kota memutuskan untuk menjual fasilitas tersebut agar pihak pembeli bisa memugarnya dan meremajakan stadion,” tulis pernyataan resmi Atalanta.

Potret Stadio Milik Atalanta, Atleti Azzurri d

Sebagai tim berstatus papan tengah dan medioker, keputusan pembelian stadion yang dilakukan Atalanta ini merupakan sebuah langkah bagus, disaat tim-tim besar Italia lain masih banyak yang harus menyewa seperti AS Roma, Inter Milan, AC Milan dan Napoli.

Dua tahun setelah memiliki Stadion Atleti Azzurri d'Italia, Atalanta pun lantas mencari dana untuk melakukan renovasi. Dan pada awal Mei 2019 ini, mereka pun siap untuk melakukan proyek tersebut.

Pembangunan stadion baru nantinya akan merombak secara total Azzurri D'Italia, dan diprediksi akan menghabiskan dana sekitar 40 juta euro atau sekitar Rp644 miliar.

Sebagai gantinya, Atalanta akan menumpang di markas Sassuolo, Stadion Mapei untuk menjalani pertandingan musim selanjutnya di Serie A dan Liga Champions sampai renovasi selesai pada musim 2021/22 nanti.

Serie A ItaliaLiga ChampionsAtalantaLiga ItaliaBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini