x

Manchester United Datangkan Sponsor Lebih Banyak Ketimbang Pemain, Pentingkan Uang?

Selasa, 28 Mei 2019 14:53 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Manchester United diketahui mendatangkan sponsor lebih banyak ketimbang pemain sejak dimulainya musim 2017/18.

INDOSPORT.COMManchester United diketahui mendatangkan sponsor lebih banyak ketimbang pemain sejak dimulainya musim 2017/18. Hal tersebut semakin mempertegas kabar yang menyebutkan bahwa sang pemilik klub lebih mengutamakan pemasukan daripada prestasi.

Dilansir dari situs SportsPro Media, The Red Devils mendapatkan setidaknya 10 kontrak sponsor besar dalam dua tahun terakhir. Adapun sponsor yang masuk adalah Chivas, MoPlay, Melitta, Kohler, Belgium FA, MLILY, PingAn Bank, Cho-A Pharm, Science in Sport, dan General Sports Authority of Saudi Arabia.

Sedangkan, jumlah pemain baru yang didatangkan Manchester United hanyalah tujuh. Mereka adalah Romelu Lukaku, Nemanja Matic, Victor Lindelof, dan Alexis Sanchez (2017/18) serta Fred, Diogo Dalot, dan Lee Grant (2018/19).

Kohler, sebagai salah satu sponsor besar yang terpampang di bagian lengan jersey United, diyakini mendatangkan uang tak kurang dari 20 juta poundsterling (sekitar 366 miliar rupiah). Hal tersebut setara dengan biaya pembelian Diogo Dalot dari Porto pada awal musim 2018/19.

Baca Juga

Hal tersebut cukup terlihat jelas bahwa banyaknya pemasukan tidak diimbangi dengan pengeluaran untuk mendatangkan pemain berkualitas. Imbasnya, Manchester United musim ini terseok-seok di bawah manajer Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjaer.

Situasi ini memimbulkan tuntutan para fans yang awal Mei lalu menyerukan boikot Manchester United di media sosial. Hal tersebut semakin menyeruak setelah United kalah 0-2 dari tim degradasi Cardiff City di pekan terakhir Liga Primer Inggris 2018/19. Kekalahan dari Cardiff di kandang sendiri merupakan yang pertama kalinya sejak 1954.

Menurut sebagian dari mereka, Ed Woodward dan pihak manajemen klub hanya fokus menjalin kerjasama sponsor yang tak perlu. Sementara, prestasi The Red Devils sendiri semakin melorot musim ini. Mereka hanya mengakhiri musim di peringkat enam dan ‘turun kasta’ ke Liga Europa untuk musim 2019/20 mendatang.

Seruan boikot itu dilakukan dengan harapan pihak klub akan mendengarkan masukan dari para suporter dan mengutamakan raihan trofi seperti 10 hingga 20 tahun sebelumnya.

Baca Juga

Solskjaer sendiri berupaya meminta klubnya agar kembali disegani dan masuk trek perebutan gelar juara Liga Primer Inggris. Beberapa nama yang dikabarkan akan bergabung ke Old Trafford adalah pemain muda seperti Daniel James (Swansea City) dan Matthijs de Ligt (Ajax Amsterdam).

Jika benar Solskjaer dan pihak klub memiliki ambisi, kita akan melihat The Red Devils bakal mendatangkan sejumlah pemain. Terlebih, mereka akan merekrut direktur sepak bola untuk menghubungkan manajer asal Norwegia itu dengan pihak klub dalam urusan transfer pemain.

Manchester UnitedJose MourinhoOle Gunnar SolskjaerLiga Primer InggrisLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini