x

Perjalanan Melelahkan Ezra Walian dan RKC Waalwijk Promosi ke Eredivisie Belanda 2019/20

Rabu, 29 Mei 2019 09:29 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Selebrasi Ezra Walian bersama pemain RKC Waalwijk usai pastikan promosi ke Eredivisie Belanda, rabu (29/05/19).

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Belanda yang dibela Ezra Walian, yakni RKC Waalwijk baru saja mengamankan satu tiket promosi ke Eredivisie Liga Belanda.

Kepastian promosi ke kasta tertinggi sepak bola Belanda itu didapat RKC Waalwijk usai menang di final play-off menghadapi Go Ahead Eagles, Rabu (29/05/19) dini hari WIB tadi.

Bermain di stadion De Adelaarshorst kandang Go Ahead Eagles, penggawa Timnas Indonesia itu hanya memulai pertandingan dari bangku cadangan bersama 12 pemain lainnya.

Baca Juga

Hingga pertandingan Go Ahead Eagles vs RKC Waalwijk berakhir, Ezra Walian hanya duduk di bangku cadangan. Namun, bukan berarti Ezra tak punya peran dalam promosi RKC Waalwijk ke Eredivisie 2019/20.

Ezra Walian beberapa kali diturunkan oleh pelatih RKC Waalwijk, Fred Grim di kompetisi reguler kasta kedua Liga Belanda, Eerste Divisie musim ini.

Lantas seperti apa perjalanan panjang Ezra Walian dan RKC Waalwijk dari Eerste Divisie hingga promosi ke Eredivisie 2019/20 mendatang? Berikut INDOSPORT bahas untuk Anda.


1. Perjalanan Panjang Ezra Walian ke Kasta Tertinggi Belanda

Ezra Walian berusaha merebut bola dari pemain SC Cambuur di Mandemakers Stadium. Erwin Spek/Soccrates/Getty Images

Ezra Walian sendiri bergabung dengan RKC Waalwijk pada musim panas 2018 lalu, dengan status pinjaman dari klub sebelumnya, Almere City. Hal ini dikarenakan Ezra tak mampu menembus tim utama.

Bermain di Eerste Divisie 2018/19 bersama RKC Waalwijk untuk mencari menit bermain, Ezra pun terbukti diturunkan beberapa kali oleh pelatih klub.

Berdasarkan catatan dari transfermarkt, Ezra Walian tampil sebanyak 14 kali dan mencetak satu gol untuk RKC Waalwijk yang mengakhiri musim reguler di posisi ke-8 klasemen akhir Eerste Divisie.

Mengakhiri musim reguler di posisi ke-8, RKC Waalwijk pun berhak untuk melaju ke babak play-off atau penentuan siapa yang mendapat dua tiket sisa promosi ke kasta tertinggi Belanda.

Baca Juga
Perayaan kemenangan sekaligus lolos ke Eredivisie Liga Belanda. VI Images via Getty Images

Lawan pertama RKC Waalwijk di babak play-off promosi adalah NEC Nijmegen. Ezra Walian pun bermain di leg pertama menghadapi NEC, sayang sekali saat itu RKC Waalwijk harus menelan kekalahan.

Di leg kedua, RKC Waalwijk berhasil mengunci kemenangan 3-0 dan melaju ke babak semifinal play-off promosi dengan skor agregat 3-2. Pada leg kedua, Ezra tidak bermain satu menit pun.

Dalam dua leg semifinal play-off promosi, RKC Waalwijk berhasil menyingkirkan Excelsior, tim peringkat ke-16 Eredivisie 2017/18 dengan skor agregat 3-2.

Baca Juga

Setelah itu, tiket promosi ke Eredivisie musim depan, ditentukan lewat pertandingan final di mana RKC Waalwijk menghadapi Go Ahead Eagles. Dalam dua leg final, Waalwijk menang agregat 4-5 dan Ezra tak juga bermain.

Meski begitu, Ezra Walian tetap punya peran untuk RKC Waalwijk promosi ke Eredivisie 2019/20. Yaitu, satu golnya saat pekan ke-14 di kompetisi reguler, RKC Waalwijk pun menang 2-0 atas Helmond Sport.

BelandaEredivisie BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaRKC WaalwijkBola InternasionalEzra WalianEerste Divisie BelandaLiga Belanda

Berita Terkini