x

Posisinya Sama, Sandy Walsh atau Kevin Diks yang Cocok untuk Timnas Indonesia?

Rabu, 29 Mei 2019 12:39 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Sandy Walsh dan Kevin Diks Bakarbessy.

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini pemain yang membela klub Serie A Italia, Kevin Diks Bakarbessy diketahui tengah berada di Indonesia. Menariknya, Kevin Diks merupakan pemain keturunan Indonesia.

Keberadaannya di Indonesia tercium ketika Kevin Diks mengunggah tulisan ‘Friday, Indonesia’ di akun media sosial pribadinya pada Senin (27/05/19) kemarin. Unggahan lainnya juga menyebutkan jika ia siap berkunjung ke Indonesia.

"Perlahan-lahan, dua hari atau lebih melakukan rehabilitasi dan kemudian beristirahat di Indonesia" tuis Kevin Diks dalam unggahan Instastory terbarunya.

Baca Juga

Situasi itu membuat sejumlah pecinta sepak bola Indonesia menerka jika pemain Empoli tersebut akan melakukan proses naturalisasi. Namun sampai saat ini belum diketahui maksud dan tujuan Kevin Diks ke Indonesia.

Tak hanya Kevin Diks, beberapa hari sebelumnya Sandy Walsh juga tengah bertemu dengan pengurus PSSI di Indonesia. ia membenarkan jika telah melakukan pertemuan dengan pihak otoritas tertinggi sepak bola Indonesia.

"Pertemuan tadi berjalan dengan baik bersama PSSI. Sangat senang mereka punya waktu untuk bertemu saya. Perbincangan berjalan dengan baik, dan mari kita lihat nanti," tutur Sandy Walsh.

Baca Juga

Dengan adanya pertemuan itu, proses naturalisasi Sandy Walsh semakin mungkin terjadi. Namun sang pemain belum membocorkan inti dari pertemuannya dengan Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria dan pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy.


1. Sandy Walsh atau Kevin Diks?

Kevin Diks selebrasi saat bersagam Vitesse.

Dua pemain keturunan Indonesia yang tengah diisukan bakal menjalani proses naturalisasi tersebut, nyatanya sama-sama memiliki posisi yang sama. Sandy Walsh dan Kevin Diks sama-sama berposisi sebagai bek kanan.

Jika keduanya sama-sama resmi dinaturalisasi, maka Timnas Indonesia memiliki dua opsi untuk mengisi posisi bek kanan. Lalu siapakah yang lebih cocok untuk mengisi posisi bek kanan di Timnas Indonesia? Sandy Walsh atau Kevin Diks?

Sandy Walsh lebih diunggulkan dibandingkan dengan Kevin Diks. Pasalnya, pemain yang berkarier di persepakbolaan Belgia tersebut telah mendapatkan menit bermain yang cukup banyak pada musim ini.

Baca Juga

Terhitung, ia memainkan 33 pertandingan dan berhasil mengoleksi 2 gol dan 1 assist di seluruh kompetisi musim 2018/19 bersama Zulte Warwgem. Catatan tersebut terbilang cukup apik bagi seorang pemain bertahan.

Sementara itu, menurut laporan situs Transfermarkt, Kevin Diks sama sekali tidak diberikan kesempatan bermain pada musim ini saat memperkuat Fiorentina dan Empoli.

Klub Serie A, Fiorentina berhasil mendatangkan pemain keturunan Indonesia-Belanda, Kevin Diks yang merupakan marga dari Maluka (Bakarbessy).

Bersama Fiorentina Kevin Diks masuk bangku cadangan sebanyak 14 kali. Sedangkan saat hijrah ke Empoli, bek yang masih berusia 22 tahun tersebut terdaftar sebagai pemain cadangan sebanyak 4 kali.

Jika melihat pengalaman pada musim ini, tentu nama Sandy Walsh lebih diunggulkan dibandingkan dengan Kevin Diks. Namun, bukan berarti Kevin Diks merupakan pilihan yang salah untuk Timnas Indonesia.

Baca Juga

Mengingat, dirinya berkarier di kompetisi elite Eropa sekaliber Serie A Italia. Tak mudah memang bagi pemain profesional untuk mendapatkan menit bermain di sana. Mendapatkan kontrak profesional saja, pemain itu sudah cukup bagus di mata Asia.

Jawaban mengenai siapa yang bakal cocok mengisi bek kanan Timnas Indonesia pun hanya diketahui oleh pelatih Simon McMenemy. Karena hanya dia yang mengetahui cocok tidaknya seorang pemain masuk ke dalam skemanya.

NaturalisasiTimnas IndonesiaLiga IndonesiaKevin Diks BakarbessySandy WalshFeatureBola Indonesia

Berita Terkini