x

3 Pelatih Klub Liga 1 yang Terancam Dipecat Lebih Awal

Sabtu, 1 Juni 2019 15:54 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Pelatih Persija Ivan Kolev saat latihan Persija Jakarta jelang leg kedua babak 8 besar Piala Indonesia lawan Bali United di Lapangan PS AU TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (03/05/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM – Kompetisi sepak bola Indonesia, Shopee Liga 1 2019, baru menyelesaikan pekan 3 dan sedang memasuki masa jeda Idulfitri.

Madura United untuk sementara memimpin klasemen dengan torehan 9 poin, unggul selisih gol dari Bali United yang memperoleh angka sama. Posisi paling bawah ditempati oleh Persela Lamongan yang hanya mampu meraih 1 poin dari tiga pertandingan.

Pekan awal Liga 1 2019 menghadirkan sejumlah kejutan. Tim-tim unggulan terlambat panas dan harus mengawali kompetisi dengan hasil negatif.

Baca Juga

Pelatih lantas menjadi sosok yang dikambinghitamkan oleh suporter. Manajemen juga tidak lepas menyoroti dan mengevaluasi kinerja pelatih.

Tidak heran, desakan mundur mulai bergema bahkan sampai memunculkan tagar di media sosial. Bukan tidak mungkin, pelatih-pelatih tim ini bisa dipecat lebih awal sebelum paruh musim berakhir.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT menghadirkan 3 pelatih klub Liga 1 yang terancam dipecat lebih awal.


1. Djajang Nurjaman (Persebaya Surabaya)

Djajang Nurdjaman didesak mundur dari pelatih Persebaya Surabaya. Fitra Herdian/INDOSPORT

Desakan mundur mulai menghampiri pelatih Persebaya Surabaya, Djajang Nurjaman, terlebih di media sosial lewat tagar #DjanurOut. Hal itu tidak lepas dari hasil tiga laga awal Persebaya Surabaya yang kurang maksimal.

Persebaya Surabaya saat ini menghuni peringkat 13 klasemen sementara dengan raihan 2 poin. Bajul ijo mengakhiri dua laga kandang dengan hasil imbang dan sekali menelan kekalahan di partai tandang.

Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi, telah memberi lampu kuning atau peringatan kepada Djajang melihat hasil dari tiga laga awal.

"Sebenarnya lampu kuning ini sudah kami berikan setelah pertandingan melawan Kalteng Putra kemarin," kata Candra Pada Kamis (30/05/19).

"Setelah pertandingan ini (lawan PSIS) dan hasilnya kembali imbang, saya rasa bukan lampu kuning lagi. Kami harus segera melakukan evaluasi tim setelah pertandingan ini."

Jacksen F. Tiago (Barito Putera)

Pelatih Jacksen F Tiago pada jumpa pers Barito Putera jelang laga Liga 1 lawan Bhayangkara FC di stadion Patriot, Bekasi, Senin (27/05/19). Foto: Herry Ibrahim/Herry Ibrahim

Jacksen F. Tiago gagal membawa Barito Putera meraih kemenangan di tiga pertandingan awal. Barito Putera bahkan kini menghuni posisi dua terbawah klasemen sementara.

Pelatih asal Brasil itu lantas didesak untuk mundur saat kalah telak dari Bhayangkara FC, Selasa (28/05/19). Sorakan ‘Jacksen out’ secara terbuka banyak ditujukan kepadanya di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi.

Baca Juga

"Itu hal wajar karena kami datang ke Barito buat bawa tim ini capai level tertinggi. Saya rasa, saya adalah penyebabnya karena mereka (penggemar) berharap banyak karena saya punya pengalaman dan pernah juara," ungkap Jacksen.

"Tapi saat ini kami belum mampu (kasih prestasi). Namun, siapapun harus bicara dengan saya secara sopan karena saya adalah orang yang respek dengan segala sesuatu.”

Ivan Kolev (Persija Jakarta)

Pelatih Persija Jakarta Jakarta, Ivan Kolev saat sesi jumpa pers jelang laga menghadapi PSIS Semarang. Foto: Media Persija

Tidak jauh berbeda dari dua nama sebelumnya, Ivan Kolev juga didesak mundur setelah gagal memberikan kemenangan untuk Persija Jakarta.

Macan Kemayoran bahkan harus terperosok ke peringkat tiga terbawah dengan raihan 1 poin. Mereka padahal berstatus sebagai juara Liga 1 2018 lalu.

Tagar #KolevOut juga ramai di media sosial tatkala Persija Jakarta kalah 0-1 dari Bali United, Jumat (31/05/19). Kolev mengaku, jadwal yang padat menjadi alasan menurunnya performa Persija Jakarta.

"Kami tak bisa berkerja dengan tim yang kekurangan waktu istirahat. Kami perlu melakukan recovery supaya kebugaran para pemain terjaga," kata Kolev, Kamis (30/05/19), sebelum pertandingan melawan Bali United.

Persebaya SurabayaBarito PuteraPersija JakartaDjajang NurdjamanIvan KolevJacksen F. TiagoLiga IndonesiaLiga 1TRIVIAShopee Liga 1

Berita Terkini