x

Profil Klub Liga 2 2019: Madura FC, Skuat Minimalis yang Realistis

Kamis, 13 Juni 2019 15:05 WIB
Editor: Coro Mountana
Profil tim Madura FC Liga 2 2019

INDOSPORT.COM - Genderang perang Liga 2 2019 akan segera dimulai pada 22 Juni mendatang. Sebanyak 23 klub tengah bersiap memperebutkan tiket promosi ke Liga 1 musim depan, tak terkecuali Madura FC.

Musim lalu, Madura FC tampil lumayan impresif dan mampu lolos ke babak 8 besar Liga 2 2018. Pencapaian itu bisa dibilang membanggakan mengingat mereka mampu menyingkirkan tim-tim tradisional seperti Persiba Balikpapan dan PSIM Yogyakarta di Zona Timur.

Sayang, Madura FC tidak mampu melangkah lebih jauh dari babak 8 besar musim lalu setelah hanya bisa finis di dasar klasemen Grup B yang berisikan PSS Sleman, Persita Tangerang, dan Persiraja Banda Aceh.

Baca Juga

Menyambut Liga 2 2019, tentu Madura FC tengah mematangkan persiapannya agar bisa lebih baik atau setidaknya menyamai atau tidak lebih buruk dari pencapaian musim lalu. Pelatih Eduard Tjong membeberkan sudah sejauh mana persiapan timnya.

“Persiapan kami sudah berjalan hampir tiga minggu, tapi ada perbedaan signifikan. Kalau tahun kemarin bisa dua bulan, sekarang hanya sebulan dan minim uji coba melawan tim selevel, namun saya optimistis pemain bisa tampil maksimal. Target tetap 8 besar,” ungkap Eduard kepada INDOSPORT, Jumat (31/5/19).

Waktu persiapan yang tidak lebih panjang daripada musim lalu membuat seluruh elemen skuat Madura FC mencoba bergerak cepat. Hal itu dibuktikan dengan libur lebaran yang hanya sampai 8 Juni saja.

Baca Juga

“Kami tetap menggelar latihan sampai Minggu (2/6/19). Setelah itu libur dan tanggal 8 Juni sore kami sudah mulai berlatih lagi,” lanjut Eduard.

Sembari melakukan berbagai persiapan seperti sejumlah uji coba, tim kepelatihan Madura FC juga sedang disibukkan dengan seleksi pemain yang diketahui berlangsung secara tertutup sejak 10 Mei lalu.

Sekadar informasi, Madura FC bakal tergabung dalam wilayah timur yang berisikan Persatu Tuban, Persewar Waropen, Persiba, Sulut United, Persik Kediri, Mitra Kukar, PSBS Biak, PSIM, Blitar United, Martapura FC, dan Persis Solo, di Liga 2 2019.

Melihat keberadaan sejumlah klub tangguh seperti Persiba, Persik, Mitra Kukar, dan PSIM, tentu Madura FC perlu mengerahkan kekuatan terbaik supaya bisa mencapai target lolos ke babak 8 besar. Mereka berharap banyak kepada pelatih dan pemain-pemain pilarnya.

Berikut skuat Madura FC untuk Liga 2 2019 (per 13 Juni 2019).

Kiper: Usman Pribadi, Wais Al Qorni, Firmansyah

Bek: Muhammad Alaik Sobrina, Farid Wajdi, Dio Permana, Mei Handoko Prastiyo, Irsyad Habib

Gelandang: Angga Febryanto Putra, Bursanudin Ahya, Deni Ferdian Pratama, Ivan Wahyudi, Supriyadi

Penyerang: Fachri Muslim, Daffa Putra Balindra, Dhanu Subrata, Firmansyah, Joko Prayitno


1. Pelatih: Eduard Tjong

Eduard Tjong

Madura FC begitu beruntung karena di Liga 2 2019 bakal dilatih oleh sosok yang sudah sangat berpengalaman di sepak bola Indonesia, yaitu Eduard Tjong. Pelatih berusia 47 tahun itu tercatat pernah menangani Persela Lamongan, Persiba Balikpapan, PS TNI, dan tim nasional Indonesia U-19.

Salah satu ukiran tinta emas dari Eduard terjadi saat ia melatih Persela di Liga Super Indonesia (LSI) 2014. Dengan skuat yang tidak terlalu mewah, dia bisa membawa klubnya menjejak babak 8 besar dan mengalahkan raksasa seperti PSM Makassar.

Baca Juga

Setelah dari Persela, Eduard pun berpindah-pindah ke sejumlah tim sampai akhirnya dia berlabuh ke PS TNI pada 2016. Namun, panggilan negara membuat ia harus melepas jabatan dan memimpin Timnas Indonesia U-19.

Bertanding di Piala AFF 2016, sayang sekali Indonesia U-19 saat itu tak mampu lolos dari fase grup yang beranggotakan Thailand, Australia, Myanmar, Kamboja, dan Laos.

Kini, Eduard berada di Madura FC, dengan segala pengalamannya tentu manajemen berharap tangan dinginnya bisa membuat kejutan di Liga 2 seperti saat masih di Persela.

Bintang: Usman Pribadi

Usman Pribadi kiper Madura United.

Satu hal yang perlu diketahui dari skuat Madura FC musim ini adalah mayoritasnya berisikan pemain baru. Menurut penuturan dari Eduard, hanya ada satu pilar musim lalu dipertahankan, yaitu Usman Pribadi.

“Pemain lama hanya sisa lima pemain. Itu pun hanya satu yang menjadi pilar musim lalu, Usman Pribadi. Yang lainnya tahun kemarin sebatas cadangan,” jelas Eduard.

Oleh karena itu, sangat jelas terlihat kalau Usman Pribadi diyakini akan menjadi andalan di musim ini sebagai pemain paling berpengalaman yang masih bertahan.

Berbekal pengalaman sempat bermain untuk PSMS Medan, Gresik United, Deltras Sidoarjo, Persik Kediri, hingga Persita Tangerang, Usman Pribadi diharapkan dapat memberikan ketenangan di lini pertahanan Madura FC.

Eduard TjongLiga IndonesiaLiga 1Liga 2Madura FCBola Indonesia

Berita Terkini