x

Perjalanan Spiritual Antonio Claudio, Eks Persija Jakarta yang Hijrah Jadi Mualaf

Senin, 3 Juni 2019 16:10 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Lanjar Wiratri
Asisten Pelatih Persija Jakarta, Antonio Claudio.

INDOSPORT.COM - Mantan bek andalan Persija Jakarta Antonio Claudio de Jesus Oliveira atau biasa disapa coach Toyo memiliki perjalanan spiritual unik yang membuatnya yakin hijrah menjadi mualaf.

Antonio Claudio merupakan mantan seorang bek yang lahir di Brasil pada 16 April 1973 silam dengan tinggi 180 cm. Ia pertama kali berkarier di Indonesia usai ditawarkan agen pemain.

Beberapa klub Tanah Air seperti Persija Jakarta, Semen Padang, Persib Bandung, Persibom Bolaang Mongondow, hingga Persih Tembilahan pernah dibelanya.

Baca Juga

Selama berkarier di Indonesia, ada sesuatu nilai yang dirasa Antonio Claudio berbeda akan masyarakatnya. Apalagi budaya Indonesia yang begitu kental.

Kisah unik dari mantan pemain Persija, yakni Antonio Claudio ternyata ialah hijrah menjadi seorang yang beragama islam atau kerap disebut muslim.

Asisten pelatih Persija Jakarta Antonio Claudio.

Kepada redaksi INDOSPORT, Antonio Claudio tanpa ragu untuk membagikan perjalanan spiritualnya menjadi seorang mualaf untuk penggemar sepak bola nasional.

"Aku mualaf tahun 2000. Iya istri saya orang Minang, orang Padang," buka pria yang disapa Toyo ini.

Antonio Claudio tanpa ragu menjelaskan bagaimana ia bisa tertarik mempelajari agama islam di kehidupannya. Hal itu bermula saat PSP Padang memanggil seorang pemuka agama.

Baca Juga

"Ada bapak angkat saya, Pak Zamzami, beliau sudah wafat, ya. Dialah manajer tim yang punya inisiatif datangkan guru agama, pak ustaz untuk ajarin posisi salat, bacaan salat, dan alhamdulillah aku sangat berterima kasih kepada beliau," jelas Toyo.

Keinginannya menjadi seorang mualaf tidak mendapat pertentangan dari pihak keluarga Antonio Claudio, khususnya sang ibu. Bahkan ibunya malah memberi wejangan.

Mantan pemain Semen Padang, Antonio Claudio.

"Dia cuma berkata bahwa: 'Oke apapun keyakinannya yang penting kamu tidak tanggung-tanggung. Tetap dengan maksimal'," papar Toyo.

"Ibaratnya kalau memang mau menjadi mualaf, dia menerima tidak ada masalah yang penting taat pada agama," katanya, menambahkan.

Baca Juga

Kendati begitu Antonio Claudio mengakui kalau belajar agama islam tidak mudah. Tetapi seiring berjalannya waktu ia bisa membiasakan diri menjadi seorang muslim yang taat.

Seperti diketahui kalau Antonio Claudio pernah merasakan gelar juara Liga Indonesia bersama Persija Jakarta pada 2001 dan 2018, saat menjadi asisten pelatih.

BrasilPersib BandungPersija JakartaSemen PadangLiga IndonesiaFeatureAntonio ClaudioBola Indonesia

Berita Terkini