x

Peter Odemwingie, Marquee Player Terbaik dalam Sejarah Liga 1

Selasa, 4 Juni 2019 16:32 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Peter Odemwingie saat membela Madura United sebagai marquee player pada kompetisi Liga 1 2017.

INDOSPORT.COM – Mantan pemain sepak bola Peter Odemwingie menjadi salah satu jebolan Piala Dunia yang pernah bermain di kompetisi sepak bola Indonesia ketika Liga 1 menerapkan aturan marquee player pada musim 2017 lalu.

Kehadiran Odemwingie yang didatangkan oleh Madura United menjadi warna tersendiri di kompetisi Liga 1. Sebagai eks pemain yang pernah berlaga di ajang sebesar Piala Dunia, striker berpaspor Nigeria itu benar-benar menunjukkan kualitasnya di Liga Indonesia.

Baca Juga

Odemwingie datang ke Indonesia berbarengan dengan bintang-bintang top dunia yang hadir di Liga 1 2017 dengan status marquee player. Selain Odemwingie, pemain-pemain terkenal lainnya yang saat itu direkrut oleh klub-klub Liga 1 adalah Michael Essien (Persib Bandung), Mohammed Sissoko (Mitra Kukar), hingga Didier Zokora (Semen Padang).

Namun diantara banyaknya bintang-bintang top dunia yang hadir di Liga 1 2017, Odemwingie merupakan pemain yang berhasil menunjukkan performa terbaiknya. Hal tersebut bisa dilihat dari catatan gol pemain kelahiran Tashkent tersebut bersama Madura United.

Dari 23 penampilannya bersama Madura United di Liga 1 2017, Peter Odemwingie mampu mencatatkan 15 gol dan delapan assist. Bahkan, catatan 15 gol Odemwingie membuatnya masuk 10 besar daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2017.

Eks pemain West Bromwich Albion dan Stoke City itu berada di tempat keenam daftar pencetak gol terbanyak Liga 1 2017. Ia hanya kalah dari Sylvano Comvalius (37), Marclei Cesar (24), Samsul Arif (17), dan Lerby Eliandry (16).

Berkat sumbangan 15 gol plus delapan assist itu, Madura United pun ia bawa menembus lima besar klasemen akhir Liga 1 2017. Bahkan, saat itu Laskar Sapeh Kerrab menjadi tim dengan status daftar tunggu di kompetisi Piala AFC, meski akhirnya Madura United urung berlaga di kompetisi Asia.

Tampil tajam pada musim perdananya bermain di Liga Indonesia nyatanya tak membuat Odemwingie betah. Ia memutuskan meninggalkan Madura United setelah kompetisi Liga 1 2017 selesai.

Baca Juga

Jelang bergulirnya Liga 1 2018 musim lalu, Odemwingie sempat dirumorkan bakal direkrut kembali oleh Madura United. Namun keinginan pendukung Laskar Sapeh Kerrab untuk melihat kembali Odemwingie berseragam loreng merah-putih tidak kesampaian karena Madura United membatalkan niatnya memboyong kembali pemain berpostur 182 cm tersebut.

Pada awal April lalu, Peter Odemwingie menyatakan pensiun dari lapangan hijau. Madura United pun menjadi penutup petualangan Odemwingie selama kariernya di dunia sepak bola profesional.

Madura United FCLiga IndonesiaLiga 1Peter OdemwingieMarquee PlayerBola Indonesia

Berita Terkini