x

Waspada Hazard, 2 Pemain Belgia Ini Kariernya Meredup di Real Madrid

Sabtu, 8 Juni 2019 15:20 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT. COM - Eden Hazard sepertinya harus mulai mencermati rekam jejak rekan senegaranya sesama pemain Belgia, yang telah lebih dulu membela Real Madrid. Mengapa?

Ya, Hazard akhirnya resmi bergabung dengan Real Madrid pada bursa transfer musim panas ini. Hazard pergi dari Chelsea setelah Real Madrid menebus biaya transfer sekitar 100 juta euro atau sekitar 1,61 triliun rupiah.

Hazard sendiri diikat oleh Real Madrid dengan kontrak berdurasi lima tahun. Sosoknya kemungkinan besar akan memakai nomor punggung keramat peninggalan Cristiano Ronaldo, yakni tujuh.

Baca Juga

Bergabungnya Hazard ke Real Madrid digadang-gadang akan dipenuhi kesuksesan. Hazard berlabel pemain bintang, dan Real Madrid adalah tim besar dengan prestasi segudang di Spanyol maupun Eropa.

Meski begitu, tetap saja ada peluang Hazard menemui kegagalan bersama El Real. Terutama bila melihat rekan senegaranya sesama pemain Belgia, yang telah dulu merasakan sulitnya bersinar di Santiago Bernabeu.

Fernand Goyvaerts

Fernand Goyvaerts

Namanya mungkin terdengar asing bagi para pecinta sepak bola. Wajar, Fernand Goyvaerts masa emas karier sepak bolanya tercipta pada medio 60-an silam.

Fernand Goyvaerts, pemain asal Belgia ini pada 1962 memutuskan bergabung dengan Barcelona. Ia hijrah ke Blaugrana setelah meraih kesuksesan bersama klub kampung halamannya, Club Brugge.

Bersama Barcelona, karier Fernand Goyvaerts juga mengalami kesuksesan. Setelah dua tahun membela Barcelona, Fernand Goyvaerts dianugerahi penghargaan pemain asing terbaik La Liga Spanyol.

Gemilang bersama Barcelona, Fernand Goyvaerts pada 1965 secara mengejutkan pindah ke Real Madrid. Fernand Goyvaerts mungkin berharap Real Madrid bisa memberinya lebih banyak kesuksesan ketimbang di Barcelona.

Namun, yang terjadi justru di luar dugaan. Karier Fernand Goyvaerts meredup bersama El Real, dan hanya tampil tiga kali dalam dua musim.

Ia menderita cedera hingga tak kunjung bisa mengembalikan peforma terbaiknya lagi. Hazard pun sepertinya memang patut belajar dari kisah pemain yang telah meninggal dunia pada 2004 silam ini.


1. Thibaut Courtois

Thibaut Courtois tertunduk lesu usai dikalahkan Ajax sekaligus gagal melaju ke 8 besar pada laga Liga Champions 16 besar di stadion Bernabeu, Rabu (06/03/19) Spanyol.

Bila Fernand Goyvaerts kisahnya terlalu jauh, mari kita cari yang lebih dekat dengan kehidupan Hazard saat ini. Hazard bisa menanyakan bagaimana rasanya punya karier yang meredup di Real Madrid kepada kiper Timnas Belgia, Thibaut Courtois.

Ya, Courtois mengawali perjalanan karier yang gemilang sedari muda. Ia mampu menjadi wonderkid bereputasi tinggi semasa masih menjalani masa peminjaman dari Chelsea ke Atletico Madrid.

Saat Courtois kembali ke Chelsea, namanya makin bersinar lagi. Bahkan Courtois mampu menggeser kiper hebat Chelsea lainnya sekelas Petr Cech.

Namun, mimpi buruk harus menghinggapi kariernya ketika Courtois memutuskan pindah ke Real Madrid pada awal musim 2018/19 lalu. Courtois yang digadang-gadang bakal tampil tangguh, malah menderita banyak sekali kebobolan.

Baca Juga

Bayangkan saja, dari 27 penampilannya di LaLiga Spanyol, Courtois sudah kebobolan sebanyak 36 gol. Bahkan ia hanya bisa mencatatkan delapan kali clean sheet, atau yang terburuk sepanjang kariernya di sebuah kompetisi format liga.

Real MadridBelgiaChelseaEden HazardLaLiga SpanyolThibaut CourtoisBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini