x

Intip Kembali Para Bintang Timnas Indonesia Era Habil Marati di Ajang AFF 2012

Rabu, 12 Juni 2019 18:01 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Skuat Timnas Indonesia di Piala AFF 2012.

INDOSPORT.COM - Intip kembali para bintang Timnas Indonesia Era Habil Marati yang sempat tampil di Ajang AFF 2012, bagaimanakah kabar mereka saat ini?

Habil Marati sendiri merupakan eks manajer Timnas Indonesia di Piala AFF 2012, yang sebelumnya ditetapkan sebagai tersangka kasus kerusuhan 21-22 Mei 2019.

Seperti yang dilaporkan oleh Tempo.co, Habil Marati diduga telah memberikan uang sebesar 60 juta rupiah kepada Iwan Kurniawan, eks anak buah mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat Mayor Jenderal (purn) Kivlan Zein.

Baca Juga

Jauh sebelum ditetapkan sebagai tersangka, ia pernah berperan langsung mengurus skuat Garuda. Ia dipercaya oleh PSSI (federasi sepak bola Indonesia) untuk menjabat sebagai manajer Timnas untuk ajang Piala AFF 2012.

Timnas dibawah arahan Habil Marati sejatinya dihuni oleh banyak bintang-bintang Tanah Air, namun sayang skuat Garuda yang dilatih Nil Maizar saat itu gagal melangkah ke final bahkan harus terhenti di babak penyisihan grup.

Usai gagal totalnya Timnas Indonesia di Piala AFF 2012, jabatan Habil Marati sebagai manajer Timnas Indonesia pun berakhir tepat pada 5 Desember 2012.

Berikut INDOSPORT coba mengulas kembali para bintang yang berada di Timnas Indonesia saat ajang Piala AFF 2012 lalu, dan kabar terbarunya saat ini.

Kiper
Pada posisi penjaga gawang, pelatih Timnas Indonesia saat itu hanya membawa dua kiper untuk mengawal gawang Garuda, mereka adalah Wahyu Tri Nugroho dan Endra Prasetya.

Wahyu yang menjadi starter tampil tak terlalu apik, ia harus kebobolan empat gol dari tiga pertandingan. Kini penjaga gawang berusia 32 tahun tersebut memperkuat Bhayangkara FC, dan sempat berjasa dalam membawa The Guardian merengkuh gelar Liga 1 musim 2017 lalu.

Sementara Endra Prasetya yang saat itu membela Persebaya 1927, saat ini memutuskan pensiun dari sepak bola dan fokus menjadi pelatih kiper di tim muda Persebaya.


1. Pemain Bertahan

Skuat Timnas I.ndonesia di Piala AFF 2012

Dari sekian banyak pemain belakang yang dibawa, hanya ada tiga nama yang sampai saat ini masih eksis di Liga 1, yakni Fachrudin Aryanto bersama Madura United, Novan Sasongko di Persabaya Surabaya dan Valentino Telaubun bersama Persipura.

Sementara Nopendi, Handi Ramdhan dan Wahyu Wijiastanto namanya sudah jarang terdengar. Bahkan Wahyu Wijiastanto pada usia 29 tahun di tahun 2015 lalu, memilih banting setir ke sektor peternakan yang dianggapnya lebih menjanjikan dari sepak bola.

Gelandang
Cukup banyak gelandang serta pemain tengah yang dibawa Nil Maizar, namun lantaran dualisme Liga pada saat itu, hanya sedikit pemain berpengalaman yang ada dalam tim ini.

Hanya Elie Aiboy dan Bambang Pamungkas yang saat itu bisa dibilang berpengalaman dalam berseragam Merah-Putih. Bahkan sejumlah nama naturalisasi membanjiri skuat ini, sebut saja Raphael Maitimo, Tonnie Cusell, dan Jhon van Beukering.

Sayangnya dari tiga nama pemain naturalisasi itu, hanya Raphael Maitimo yang cukup bersinar bahkan sempat bergabung dengan beberapa tim besar macam Persib Bandung, Arema dan Madura United.

Sementara dua lainya saat ini memperkuat tim-tim amatir Liga Belanda, bahkan berita teranyar menyebut jika Jhon van Beukering tengah melatih tim amatir Belanda.

Untuknya dari sekian banyak bibit muda yang dibawa saat itu, hampir semua telah meraih kesuksesan saat ini. Diantaranya Andik Vermansyah yang membawa Selangor meraih juara Piala Malaysia, Muhammad Taufiq yang memperkuat Bali United sampai saat ini, serta Rasyid Bakri yang menjadi andalan PSM.

Baca Juga

Penyerang
Lini depan Timnas Indonesia diisi oleh Bambang Pamungkas, yang sampai sekarang masih menjadi legenda bagi skuat Persija Jakarta.

Selain Bambang Pamungkas ada juga nama-nama yang kini famliar seperti Irfan Bachdim, Samsul Arif, Muhammad Rahmat, Okto Maniani dan Cornelius Geddy.

Selepas AFF 2012, Okto dan Geddy sempat merumput bersama di Perseru Serui, sebelum akhirnya masing-masing mengalami penurunan performa.

Sedangkan Irfan Bachdim masih terlihat moncer sampai saat ini, bahkan kembali di panggil Timnas dalam laga persahabatan kontra Yordania kemarin.

Lebih lengkapnya berikut skuat lengkap Timnas Indonesia di ajang Piala AFF 2012 lalu:

Kiper:
Endra Prasetya, Wahyu Tri Nugroho

Belakang:
Nopendi, Wahyu Wijiastanto, Handi Ramdan, Fakhrudin, Valentino Telaubun, Novan Setia Sasongko, Arthur Irawan

Tengah:
Elie Aiboy, Taufik, Andik Vermansyah, Vendri Mofu, Cornelis Gedi, Rasyid, Irfan Bachdim, Oktavianus Maniani, Tonnie Cussel

Depan:
M Rahmad, Syamsul Arief, Bambang Pamungkas, Johny Van Beukering.

Timnas IndonesiaPiala AFFLiga IndonesiaBola IndonesiaHabil Marati

Berita Terkini