x

Profil Negara Peserta Copa America 2019: Brasil, Akankah Tuan Rumah Juara?

Rabu, 12 Juni 2019 17:33 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Selebrasi Gabriel Jesus dan rekan-rekan setimnya saat pertandingan persahabatan Brasil vs Honduras. (Foto: Lucas Uebel/Getty Images)

INDOSPORT.COM - Brasil menjadi tuan rumah turnamen sepak bola Copa America 2019. Berikut profil negara peserta Copa America 2019, Brasil. 

Turnamen Copa America 2019 akan segera berlangsung pada 14 Juni mendatang dan akan berakhir pada 7 Juli 2019. Brasil menjadi tuan rumah dari turnamen ke-46 Copa America ini. 

Brasil akan bersaing dengan 11 negara peserta lainnya untuk meraih gelar Copa America 2019. Brasil terakhir kali menjadi tuan rumah Copa America pada tahun 1989. 

Baca Juga

Saat itu Brasil juga berhasil meraih gelar juara Copa America di tanah sendiri. Pada Copa America 2019, Brasil sebagai tuan rumah tentu dijagokan meraih gelar juara. 

Brasil terakhir kali meraih gelar Copa America pada tahun 2007 lalu di Venezuela. Brasil akan bersaing dengan negara unggulan seperti Argentina, Chile, dan Uruguay untuk merebut gelar Copa America 2019. 

Sayangnya, meski tampil di negara sendiri, Brasil tak akan bisa mengandalkan Neymar yang mengalami cedera. Brasil akan memulai kampanye di Copa America 2019 dengan melawan Bolivia pada pertandingan pembuka, 14 Juni 2019. 

Empat hari berselang, Brasil menghadapi Venezuela di Arena Fonte Nova. Lalu pada pertandingan terakhir fase grup, Brasil akan ditantang Peru di Arena Corinthians. 


1. Bedah Taktik dan Skuat

Para pemain Brasil merayakan permainan apik mereka dalam pertandingan persahabatan sebelum Copa America 2019. Foto: Buda Mendes/Getty Images)

Dalam 2 pertandingan terakhir yang dijalani oleh Timnas Brasil, Tite selaku pelatih selalu menerapkan formasi 4-2-3-1. 

Formasi ini memang sangat cocok untuk tim ofensif seperti Brasil. Brasil juga punya penyerang-penyerang sayap yang mumpuni di dalam skuat yang dipanggil untuk Copa America 2019. 

Dengan formasi 4-2-3-1, Brasil bisa melancarkan serangan dari sayap dan dari tengah dengan sama baiknya. 

Mayoritas pemain yang dipanggil ke skuat Brasil untuk Copa America 2019 sudah menjadi langganan Timnas dan punya caps cukup banyak. Tak ada pemain debutan yang dipanggil Tite untuk Copa America 2019. 

Berikut skuat Jepang untuk Copa America 2019: 

Kiper: 

Alisson Becker, Cassio Ramos, Ederson Moraes

Bek:

Thiago Silva, Miranda, Marquinhos, Filipe Luis, Alex Sandro, Dani Alves, Eder Militao, Fagner

Gelandang: 

Casemiro, Arthur Melo, Willian, Philippe Coutinho, Allan Marquez Loureiro, Fernandinho, Lucas Paqueta

Penyerang: 

David Neres, Gabriel Jesus, Everton, Roberto Firmino, Richarlison


2. Pelatih: Tite

Tite, pelatih Timnas Brasil.

Tite sudah membesut Timnas Brasil sejak Juni 2016 lalu, dan kontraknya baru akan berakhir di tahun 2022 mendatang. Tite sebelumnya malang melintang di sejumlah klub asal Brasil. 

Mulai dari Gremio, Corinthians, Palmeiras, dan Internacional pernah merasakan tangan dinginnya. Tite juga memimpin Timnas Brasil di Piala Dunia 2018 lalu meski harus tersingkir perempatfinal. 

Tite setidaknya masih akan memimpin Brasil di Piala Dunia 2022 mendatang jika tak dipecat di tengah jalan. 

Baca Juga

Bintang: Roberto Firmino

Roberto Firmino berseragam Timnas Brasil

Roberto Firmino baru saja memenangkan gelar Liga Champions musim 2018/19. Roberto Firmino tentunya akan menjadi target man di lini depan Timnas Brasil pada Copa America 2019. 

Dari 32 penampilannya bersama Timnas Brasil, Roberto Firmino sudah menyumbangkan 10 gol. Ketajaman Firmino yang akan ditopang pemain seperti Willian dan Richarlison tentu sangat dibutuhkan Brasil di Copa America 2019. 

BrasilRoberto FirminoCopa AmericaBola InternasionalTiteprofilCopa America 2019

Berita Terkini