x

Gabung Real Madrid, 3 Perbandingan Mencolok Messi Jepang dan Egy Maulana Vikri

Sabtu, 15 Juni 2019 07:11 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Egy Maulana Vikri di Lechia Gdansk vs Messi Jepang, Takefusa Kubo resmi gabung Real Madrid. (Foto: INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Setelah Takefusa Kubo resmi bergabung dengan Real Madrid di bursa transfer musim panas, dan makin terlihat tiga perbandingan mencolok Messi Jepang dan Egy Maulana Vikri.

Ya, Messi Jepang alias Takefusa Kubo baru saja dikabarkan resmi gabung Real Madrid dengan nilai transfer mencapai 2 juta poundsterling atau setara Rp32 miliar, menurut data dari Transfermarkt.

Dalam situs resminya pada Jumat (14/06/19) kemarin malam, Real Madrid dengan bangga mengumumkan keberhasilan mereka meyakinkan wonderkid Timnas Jepang yang sering disebut punya skill seperti Lionel Messi.

Baca Juga

"Real Madrid berhasil mendapatkan salah satu pemain muda sepak bola paling menjanjikan di masa depan. Ia diberkahi teknik dan talenta yang sangat besar untuk menjadi gelandang serang, dia punya visi menakjubkan, kaki lincah dan tajam dalam cetak gol,” bunyi dalam situs resmi klub.

Namun sebelum gabung tim utama Los Blancos, Takefusa Kubo harus bermain lebih dulu untuk tim satelit Real Madrid, yang bernama Castilla. Meski begitu, tim Castilla biasa mempromosikan para pemainnya ke skuat senior Madrid.

Kepindahan Takefusa Kubo ke Real Madrid ini tentu saja menjadi perbincangan hangat untuk para pecinta sepak bola Indonesia. Pasalnya, dengan sebutan Messi Jepang, pemain yang musim lalu membela FC Tokyo itu juga sering dibandingkan dengan Egy Maulana Vikri.

Baca Juga
Takefusa Kubo, Lionel Messi dan Egy Maulana Vikri.

Egy Maulana Vikri memang wonderkid asli Indonesia yang juga disebut-sebut oleh beberapa media asing merupakan salah satu pemain dengan julukan Messi dari Asia.

Egy Maulana Vikri pun saat ini telah bermain di Eropa untuk klub kasta tertinggi sepak bola Polandia, yakni Lechia Gdansk. Namun, jelas Lechia dan Real Madrid merupakan dua klub yang sangat jauh berbeda, khususnya jika berbicara nama besar klub.

Selain membela klub yang masing-masing jauh berbeda secara kasta, INDOSPORT sudah merangkum tiga perbandingan mencolok Messi Jepang dan Egy Maulana Vikri. Simak ulasannya di bawah ini.

Baca Juga

Harga Messi Jepang

Harga Egy Maulana Vikri versi Situs Transfermarkt setelah semusim bersama klub kasta tertinggi sepak bola Polandia, Lechia Gdansk.

Kita mulai dari perbandingan harga yang kini dimiliki oleh Messi Jepang usai gabung Real Madrid. Seperti yang sudah disinggung di atas, Real Madrid membayar sebesar 2 juta poundsterling kepada FC Tokyo.

Yang artinya harga Messi Jepang itu kini sangat jauh di atas nilai pasar Egy Maulana Vikri. Semusim bersama Lechia Gdansk, Egy Maulana Vikri memiliki harga hanya 50 ribu euro atau tak lebih dari Rp800 juta.

Bahkan sebelum gabung Real Madrid, Takefusa Kubo memiliki harga sebesar 500 ribu euro atau setara dengan Rp7,3 miliar. Angka ini didapat oleh Transfermarkt, berkat penampilannya di kasta tertinggi Liga Jepang semusim terakhir.


1. Pengalaman Bermain Kubo vs Egy Maulana Vikri

Takefusa Kubo, bintang Timnas Jepang U-19.

Selanjutnya perbandingan yang mencolok adalah pengalaman bermain yang dimiliki oleh Takefusa Kubo dan Egy Maulana Vikri pada musim 2018/19 lalu di klubnya masing-masing.

Takefuso Kubo memiliki catatan statistik, 13 kali bermain dengan torehan empat gol dan empat assist untuk FC Tokyo di J1 League. Total, Kubo mencatat lebih dari 1000 menit di J1 League 2019 lalu.

Sementara Egy Maulana Vikri baru dua kali tampil di pertandingan resmi Lechia Gdansk, dengan catatan 12 menit bermain di laga debutnya bersama tim senior. Sementara penampilan keduanya, masuk pada menit 88, Egy memiliki sembilan menit bermain yang jika ditotal 21 menit.

Messi Jepang jelas lebih memiliki pengalaman bermain yang cukup. Jelas Real Madrid ingin memberinya kesempatan di usia yang baru menginjak 18 tahun, namun harus berjuang dari tim Castilla lebih dulu.

Baca Juga

Jejak Karier Messi Jepang vs Egy Maulana

Takefusa Kubo saat menimba ilmu di akademi terkenal milik Barcelona, La Masia.

Perbandingan mencolok yang terakhir bisa kita lihat dari perjalanan karier Messi Jepang dan Egy Maulana Vikri. Keduanya benar-benar memiliki perjalanan karier sepak bola yang sangat kontras, baik itu level junior dan senior.

Egy Maulana Vikri sendiri hanya tergabung di Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan di Jakarta sebelum akhirnya bergabung ke klub Polandia, Lechia Gdansk pada Juli 2018 lalu.

Sangat heboh Egy Maulana terbang dan bermain di Eropa pada usianya yang menginjak 18 tahun, ternyata pecinta fans sepak bola Jepang sudah merasakan bangga lebih dulu dengan kejutan yang dihadirkan oleh Takefusa Kubo.

Baca Juga

Saat usianya 10 tahun pada tahun 2011 silam, Kubo membuat publik Jepang bangga dengan Messi versi mereka yang diboyong Barcelona untuk menimba ilmu ke akademi terkenal Blaugrana, yakni La Masia.

Messi Jepang itu bertahan selama empat tahun di La Masia sebelum akhirnya terpaksa pulang kampung ke Jepang pada tahun 2015 lalu, karena Barcelona dikenakan sanksi karena memboyong pemain di bawah usia 18 tahun.

Baca Juga

Hanya butuh dua tahun, dia pun kembali mengejutkan publik Jepang dengan masa pinjaman yang sukses di Yokohama F. Marinos pada musim 2018 lalu. Musim 2019 pun dia otomatis menjadi andalan tim senior FC Tokyo dan menarik minat banyak klub top Eropa.

Real Madrid pun berhasil mengalahkan Manchester City untuk mengamankan tanda tangan Takefusa Kubo, sang wonderkid Jepang yang disebut-sebut punya skill seperti Lionel Messi.

Bursa TransferReal MadridJepangLionel MessiTimnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaSekolah Khusus Atlet RagunanBola InternasionalEgy Maulana VikriLechia GdanskTakefusa KuboTimnas Indonesia U-19TRIVIATimnas Indonesia U-22Sepak Bola

Berita Terkini