x

Ke Mana Ristomoyo? Pemain Indonesia Pertama yang Sukses Berkarier di Luar Negeri

Minggu, 16 Juni 2019 14:18 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ristomoyo Kassim (pegang piala) pemain Indonesia pertama berkarier di Malaysia bersama Selangor FA.

INDOSPORT.COM – Jauh sebelum Evan Dimas, Ilham Udin Armaiyn, dan Andik Vermansah, nama Ristomoyo Kassim lebih dulu bersinar sebagai pemain Indonesia di klub Malaysia, Selangor FA.

Ristomoyo merupakan pemain Indonesia pertama yang merantau ke Liga Malaysia. Ia membela tiga klub sekaligus di Negeri Jiran selama empat musim.

Tiga klub yang pernah dibela Ristomoyo di Malaysia ialah Selangor FA (1986-1987), Public Bank FC (1988), dan ATM FA (1989). Sebelum dipecahkan oleh Andik, Ristomoyo merupakan pemain Indonesia yang paling lama berkarier di luar negeri, terutama Malaysia.

Baca Juga

Ristomoyo menjadi panutan bagi Bambang Pamungkas dan Ellie Aiboy yang membawa Gergasi Merah, julukan Selangor FA, berjaya di Piala Malaysia edisi 2005.

Pria asal Malang itu juga pernah mengangkat trofi turnamen Piala Malaysia pada musim 1986 silam. Prestasi tersebut lantas terus diturunkan hingga Andik pada 2015.

Ristomoyo telah lama pensiun dari dunia sepak bola. Lalu apa kabar bek kiri Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Dunia 1986 tersebut?


1. Kabar Ristomoyo, Pemain Indonesia Pertama di Malaysia

Ristomoyo pemain pertama asal Indonesia yang bela Selangor. Foto: selangorinsider/goal

Setelah gantung sepatu, Ristomoyo memutuskan untuk menjalani profesi baru sebagai pegawai Public Bank di Malaysia. Ia masih punya tanggung jawab sebelum pensiun tahun 2021 mendatang.

Ristomoyo saat ini lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga ketika libur akhir pekan. Ia mengaku telah jarang menggeluti dunia sepak bola setelah gantung sepatu.

“Saya setiap hari Senin sampai Jumat kerja rutin dari jam 08.45 sampai 17.45. Weekend untuk acara keluarga,” kata Ristomoyo, eksklusif kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT, Minggu (16/06/19).

Baca Juga

“Saya sebenarnya sudah nggak ada kegiatan yang berhubungan dengan sepak bola. Hanya saja saya bergabung dengan bekas-bekas pemain tempatan yang mereka (Public Bank) punya persatuan dan asosiasi.”

“Mereka aktif mengadakan pertandingan di dalam dan di luar negeri. Kebetulan sekretarisnya juga bekas pemain Public Bank,” ungkapnya.

Pada SEA Games 2017 di Malaysia, Ristomoyo merupakan sosok yang mencarikan tempat untuk latihan dadakan Timnas Indonesia U-22 asuhan Luis Milla di Lapangan Kelab Aman, Lorong Damai, Kuala Lumpur.

Lapangan yang dicarikan oleh Ristomoyo mendapatkan pujian dari Luis Milla sebab lokasinya tidak jauh dari tempat skuat Timnas Indonesia U-22 menginap.

Sebelumnya juga, Ristomoyo pernah melakukan hal serupa tatkala Timnas Indonesia asuhan Nilmaizar tampil di turnamen Piala AFF 2012.

Ristomoyo terakhir masih sempat menyaksikan laga perdana Evan Dimas dan Ilham Udin bersama Selangor FA di Liga Super Malaysia 2018 melawan Kuala Lumpur FA yang diperkuat Achmad Jufriyanto.

Ristomoyo mengaku merindukan Indonesia meski jarang pulang ke Malang. Ia masih sering melawat ke tempat wisata Indonesia bersama rekan-rekan kerjanya.

Baca Juga

“Ke Malang jarang, tapi sering bawa teman-teman kantor melawat ke tempat pariwisata seperti Bromo, Lombok dengan aktivitas naik Gunung Rinjani.”

“Yang dirindukan (dari Indonesia) sih ya makanan khas Indonesia dan juga teman bola di Indonesia,” kata Ristomoyo menutup percakapan melalui pesan singkat kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

IndonesiaMalaysiaEvan DimasSelangor FAAndik VermansahLiga Super MalaysiaLiga IndonesiaPiala MalaysiaLiga MalaysiaFeatureBola Indonesia

Berita Terkini