x

Hati-hati David da Silva dan Persebaya, Balikan Sama Mantan Jarang Berakhir Indah

Rabu, 19 Juni 2019 17:25 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
David da Silva terharu usai mencetak gol ke-800 Persebaya di Liga Indonesia.

INDOSPORT.COM - Kembalinya David da Silva dan Persebaya Surabaya menjadi salah satu cerita baru tentang pemain yang kembali dengan mantan klubnya di Liga 1 2019, dan ini harus diwaspadai oleh Bonek.

Bonek memang menginginkan manajemen Persebaya Surabaya untuk mendatangkan satu striker anyar guna mengatasi paceklik gol yang dialami oleh para pemain di lini depan tim mereka.

Bahkan jauh sebelum David da Silva diresmikan oleh Persebaya Surabaya lewat unggahan akun Instagram resmi klub pada Rabu (19/06/19) hari ini, Bonek sudah mengajak langsung sang pemain untuk kembali ke Liga 1 2019.

Baca Juga

Alhasil David da Silva pun memiliki cerita balikan dengan mantan klubnya, Persebaya Surabaya dan diperkirakan baru akan bermain untuk tim utama pada paruh kedua Liga 1 2019 mendatang.

Bonek pun antusias menyambut datangnya kembali striker asal Brasil yang sangat produktif bersama Persebaya Surabaya di Liga 1 musim lalu. David da Silva sukses mencetak 20 gol dari hanya 23 penampilannya di Liga 1 musim lalu.

Statistik tersebut yang membuat Bonek sangat menginginkan dia kembali ke Persebaya Surabaya. Namun, jangan senang dulu, ternyata kisah balikan sama mantan jarang berakhir indah untuk klub-klub di Liga 1.

Kisah Balikan sama Mantan di Liga 1 2019

Seperti yang pernah dialami oleh Shohei Matsunaga saat dirinya kembali ke Persib Bandung jelang Liga 1 2017 lalu.

Pemain asal Jepang ini memang pernah membela Persib saat dirinya datang pertama kali ke sepak bola Indonesia pada tahun 2011 lalu.

Pada Liga 1 2017 Shohei memang menjadi andalan Persib Bandung di lini depan. Dia tampil sebanyak 32 kali dan hanya mencetak tiga gol dan empat assist, statistik ini sangatlah buruk untuk pemain yang sering dimainkan sebagai penyerang sayap.

Sebagai penyerang sayap, jika tidak mampu mencetak banyak gol, sudah seharusnya dia memiliki catatan assist yang banyak, minimal 10 assist. Bahkan kisahnya balikan dengan mantan klubnya, Persib Bandung berakhir cukup tragis.

Persib Bandung hampir saja terdegradasi ke Liga 2 saat itu, namun masih beruntung dengan mengakhiri Liga 1 2017 dengan bertengger di urutan ke-13. Shohei cs saat itu mengantongi 41 poin, hanya berbeda enam poin dari jurang degradasi.

Baca Juga

Masih banyak beberapa pemain yang memiliki kisah balikan sama mantan yang tak berakhir indah. Seperti yang cukup kontroversial adalah Patrick Wanggai yang juga kembali ke Persib Bandung pada paruh kedua Liga 1 2018 lalu.

Wanggai juga pernah membela Persib sebelum Liga 1 2018 dimulai, namun saat itu dirinya mendapat penolakan dari Bobotoh karena aksinya mengacungkan jari tengah ke arah tribun saat masih membela Borneo FC di Liga 1 2017.

Sudah diresmikan oleh Persib untuk skuat 2018, Wanggai tiba-tiba memutuskan untuk menerima pinangan Sriwijaya FC.

Namun, Sriwijaya FC mengalami eksodus besar-besaran di akhir putaran pertama Liga 1 2018 yang membuat Wanggai menjadi salah satu pemain yang hengkang. Dia pun kembali ke Persib dan resmi memperkuat tim hingga Liga 1 2018 berakhir.

Membela Persib Bandung, Wanggai juga tak begitu bagus secara statistik. Dari 14 penampilan, hanya lima kali dia tampil secara penuh 90 menit dan hanya mencetak empat gol dengan statusnya sebagai penyerang tengah.

Baca Juga

Shohei Matsunaga dan Patrick Wanggai bisa menjadi contoh pemain yang balikan dengan mantannya dan tak berakhir indah. David da Silva, Persebaya dan juga Bonek harus hati-hati dengan kisah balikan ini. 

Apalagi melihat penampilan David da Silva saat membela klub Korea Selatan, Pohang Steelers di awal tahun 2019. Dia hanya tampil 9 kali dengan baru mencetak dua gol saja, yang artinya dia sedang dalam penampilan tidak baik.

Persebaya SurabayaPersib BandungShohei MatsunagaBonekPatrich WanggaiLiga IndonesiaLiga 1David da SilvaAmido BaldeSepak Bola

Berita Terkini