x

On This Day: Ulang Tahun Lionel Messi, Si Raja Tendangan Bebas dan Hattrick

Senin, 24 Juni 2019 10:42 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Lionel Messi, pemain megabintang Barcelona.

INDOSPORT.COM - 32 tahun lalu, tepat di tanggal 24 Juni lahir seorang bayi yang kelak menjelma menjadi Raja Tendangan bebas dan hattrick, Lionel Messi.

Lahir di kota Rosario Argentina 24 Juni 1987, bayi yang diberi nama Lionel Messi menjelma menjadi megabintang sepak bola dengan segudang prestasi dan catatan individu.

Sempat mengalami masalah kelainan hormon, bakat Messi kecil begitu luar biasa sehingga membuat Barcelona tak segan untuk merekrutnya sedini mungkin.

Baca Juga

Bersama Barcelona, bakat Messi semakin berkembang, status megabintang sepak bola pun tak kuasa untuk tak melekat ke pria bertinggi 170 cm itu.

Hampir seluruh trofi di level klub bersama Barcelona berhasil diraihnya. Gelar pemain terbaik dunia pun sudah lima kali dibawa pulang oleh pemain berjuluk La Pulga itu.

Namun di luar semua prestasi dan penghargaan yang telah diraihnya, Messi belakangan ini mulai dikenal dengan status si Raja tendangan bebas dan juga hattrick, seiring kemampuannya itu yang semakin berkembang.


1. Raja Tendangan Bebas dan Hattrick

Lionel Messi saat mengekeskusi tendangan bebas ke gawang Liverpool dan gol. Etsuo Hara/Getty Images

Raja Tendangan Bebas 

Di awal kariernya bersama Barcelona kemampuan tendnagan bebas Lionel Messi memang tak terlalu menonjol. Baru belakangan kemampuan itu semakin berkembang dan identik pada diri Messi.

Dilansir harian olahraga di Spanyol, Marca, kemampuan Messi dalam mengeksekusi tendangan bebas, tak lepas dari pengubahan gaya tumpuan pemain berjuluk La Pulga itu.

Sebelumnya, kaki kanan Messi yang menjadi tumpuan menjaga keseimbangan seluruh tubuhmya dengan bagian luarnya saja saat menendang.

Baca Juga

Namun saat ini gaya tersebut diubahnya, dengan menapakkan seluruh permukaan kaki kanannya sebagai tumpuan saat menendang. Tumpuan tersebut semakin dilengkapi dengan posisi tubuhnya yang lebih merapat saat mengeksekusi bola.

Hasil perubahan itu memang begitu terlihat. Perlahan tapi pasti jumlah gol Messi dari tendangan bebas semakin mengejar Cristiano Ronaldo.

Messi kini tercatat telah mencetak 48 gol tendangan bebas sepanjang karier, mengejar 53 gol tendangan bebas yang dimiliki rival abadinya Cristiano Ronaldo.

Namun satu yang spesial, musim 2018/19 di La Liga Spanyol, Messi mampu melesatkan enam gol dari tendangan bebas. Jumlah yang belum pernah diciptakan pemain lainnya sejak musim 2006/07.

Hattrick

Selain tendangan bebas, status sebagai raja hattrick juga semakin melekat dalam diri Lionel Messi saat ini. Bagaimana tidak, hingga kini, Messi masih merupakan salah satu pesepak bola dnegan jumlah hattrick terbanyak sepanjang karier.

Sejauh ini La Pulga telah mengemas 51 hattrick, yang 45 di antaranya diukir kala berseragam Barceloa dan enam sisanya di Timnas Argentina.

Satu yang paling spesial dalam urusan hattrick, Messi saat ini masih memimpin dalam daftar pencetak hattrick di Liga Champions Eropa. yakni dengan jumlah delapan hattrick. Jumalh tersebut sama dengan yang juga ditorehkan oleh pemain Juventus, Cristiano Ronaldo.

Baca Juga

Namun jangan dilupakan, saat ini Messi baru saja merayakan ulang tahun yang ke-32. Usia yang dua tahun lebih muda dari Cristiano Ronaldo, sehingga kemungkinannya untuk terus menambah catatan gol tendangan bebas dan hattrick akan lebih panjang.

ArgentinaBarcelonaLionel MessiLaLiga SpanyolLiga SpanyolBola Internasional

Berita Terkini