x

3 Alasan Argentina Bisa meraih Gelar Juara Copa America 2019

Selasa, 25 Juni 2019 17:12 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Aksi selebrasi pemain Argentina melawan Qatar setelah Lautaro Martinez mencetak gol di menit ke-4 di Arena do Gremio, Senin (24/06/19).

INDOSPORT.COM - Mengamankan tiket perempatfinal Copa America 2019, peluang Argentina untuk meraih gelar juara sangat terbuka. Berikut alasannya.

Argentina memastikan lolos ke perempatfinal Copa America 2019 usai di laga terakhir fase grup bisa mengalahkan Qatar dengan skor 2-0. Padahal dalam dua laga awal permainan Lionel Messi itu sangat tak meyakinkan, karena kalah atas Kolombia dan imbang melawan Paraguay.

Baca Juga

Tak ayal, meski lolos perempatfinal, tak banyak orang yang optimis Argentina bisa melaju jauh hingga meraih gelar juara Copa America 2019.

Namun, jangan lupakan sebaliknya, ada beberapa hal yang justru bisa membalikan semua keyakinan bahwa Argentina akan kembali gagal.


1. Lawan Mudah di Perempatfinal

Argentina vs Venezuela

Hal pertama yang bisa menjadi pertimbangan adalah bahwa Argentina mendapatkan lawan yang relatif lebih mudah dibanding negara lainnya di perempatfinal.

Melawan Venezuela yang selalu kalah di 19 pertemuan terakhirnya kontra Argentina, Albiceleste tentu pantas jemawa.

Dengan lawan yang relatif lebih mudah, Argentina juga bisa mengambil keuntungan dengan melakukan rotasi sehingga pemain-pemain utamanya bisa tampil dnegan kondisi fisik yang lebih baik dari lawan di semifinal nanti.


2. Lawan yang Tak Juga Meyakinkan

Pemain Argentina, Nicolás Otamendi mendapat penjagaan ketat oleh pemain Kolombia Roger Martínez dalam pertandingan Argentina vs Kolombia di Copa America 2019. Foto: Bruna Prado/Getty Images

Jika Argentina dianggap tak meyakinkan di fase grup, sebenarnya negara lain pun juga demikian. Salah satu tolok ukurnya, terlihat jelas hanya Kolombia yang berhasil lolos ke semifinal dengan poin sempurna hasil tiga kemenangan. 

Bahkan, Kolombia pun mendapatkan tiga kemenangannya itu dengan susah payah. Seperti saat menang atas Qatar lewat gol di empat menit sebelum pertandingan berakhir.

Bahkan, tuan rumah Brasil pun sempat tertahan dari Venezuela yang notabene bukan tim unggulan. Melihat kenyataan itu, jelas peluang Argentina masih sangat terbuka untuk bisa memberikan perlawanan di fase gugur, hingga nantinya meraih juara.


3. Catatan Bagus Argentina

Timnas Argentina selebrasi usai menaklukan Amerika Serikat di semifinal Copa Amerika.

Kemungkinan Argentina bisa meraih gelar juara Copa America 2019 juga bisa dilihat berdasarkan catatan mereka di keikutsertaan terakhirnya di Copa America.

Saat itu, Argentina juga tampil tak meyakinkan di fase grup. Meski bisa menjadi pemuncak Grup B, Argentina sempat tertahan Paraguay 2-2 dan hanya menang tipis 1-0 atas Uruguay dan Jamaika.

Di perempatfinal pun, Argentina hanya menang adu penalti. Namun, pada akhirnya Lionel Messi bisa terus melaju hingga ke final dan hanya kalah ddalam adu penalti dari Chile.

Baca Juga

Dengan fakta tersebut, bukan tak mungkin Argentina yang tak meyakinkan di Copa America 2019 ini juga bisa terus melaju, kendati bermodalkan kemenangan tipis bahkan lewat adu penalti.

ArgentinaLionel MessiCopa AmericaBola InternasionalTRIVIACopa America 2019

Berita Terkini