x

Profil Balde, Eks Benfica yang Siap Geser Egy Maulana Vikri dari Skuat Lechia Gdansk

Selasa, 25 Juni 2019 14:22 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Romario Balde saat masih membela klub sepak bola raksasa Portugal, Benfica. (Foto: Global Imagens 84 18)

INDOSPORT.COM - Lechia Gdansk baru saja kedatangan 'pemain anyar' bernama Romario Balde yang siap geser Egy Maulana Vikri dari skuat senior musim 2019/20 mendatang.

Pemain Timnas Indonesia U-23 itu diyakini akan menghadapi persaingan serius dari pemain yang baru saja kembali gabung ke Lechia Gdansk, yaitu Romario Balde.

Padahal perkembangan Egy Maulana Vikri baru saja mendapat respons positif dari pelatih Lechia Gdansk, Piotr Stokowiec jelang pertandingan uji coba perdana mereka di pra musim.

Baca Juga

"Egy Maulana Vikri juga terlihat lebih baik, parameternya perlahan mengalami kenaikan," ujar Piotr Stokowiec di Polandia, Jumat (21/06/19).

Melihat hal tersebut, pelatih 47 tahun itu tak ragu untuk menurunkan anak asuhnya asal Indonesia dalam laga uji coba Lechia Gdansk vs MKS Chojniczanka Chojnice, Sabtu (22/06/19).

"Pada Sabtu nanti melawan Chojniczanka, dia akan tampil sebagai starter. Kami akan melihat bagaimana ia menunjukkan performanya," pungkas Piotr.

Benar saja, Egy Maulana Vikri pun tampil sebagai starter, dengan ditarik keluar di mana Lechia Gdansk memang menurunkan 11 pemain berbeda di masing-masing babak pertandingan uji coba yang berakhir imbang 1-1 itu.

Baca Juga

Tapi Egy Maulana Vikri harus lebih berhati-hati dan tidak boleh lengah sedikit pun. Pasalnya tidak lama dari laga uji coba itu, tepatnya tanggal 30 Juni 2019 mendatang, akan datang sosok pesaing serius dalam diri Romario Balde.

Romario Balde memiliki segalanya untuk menjadi bintang Lechia Gdansk di musim mendatang. Apalagi dari segi usia, Balde lebih matang dari Egy Maulana Vikri. Berikut profil singkat Romario Balde.


1. Pemain 'Anyar' Lechia Gdansk Siap Geser Egy Maulana

Romario Balde saat mencetak gol untuk Lechia Gdansk. (Foto: 058 Sport)

Romario Balde sebenarnya bukan pemain baru Lechia Gdansk, dia bergabung ke skuat juara Piala Polandia 2019 itu sejak musim panas 2017 lalu. Dia baru kembali ke Lechia saat masa pinjamannya ke klub kasta kedua Portugal, Coimbra berakhir.

Romario Balde pun punya segala sesuatu yang akan menjadi modal untuknya menggeser posisi Egy Maulana Vikri di skuat senior Lechia Gdansk musim depan.

Pemain yang lahir di negara antah-berantah Afrika, Bissau itu mengawali kariernya di klub raksasa Portugal, Benfica U-19 pada tahun 2013 lalu. Balde pun kesulitan mendapat waktu bermain saat dirinya promosi ke Benfica B pada 2014.

Baca Juga

Pada musim panas 2015, Benfica B pun melepasnya dengan status pinjaman ke klub kasta tertinggi Portugal, CD Tondela. Hanya semusim di Tondela, Balde kembali lagi ke Benfica B dan menetap di sana selama satu tahun lagi.

Sebelum akhirnya dia menerima pinangan Lechia Gdansk di musim panas 2017. Musim pertamanya bersama Lechia tak berjalan mulus menurut catatan Transfermarkt, dia hanya bermain 10 kali, dengan torehan satu gol dan satu assist.

Baca Juga

Dia pun rela dipinjamkan oleh Lechia Gdansk dan kembali berlaga di kompetisi kasta kedua Portugal bersama klub bernama Coimbra. Di sana, bakat Balde kembali terlihat saat dirinya diandalkan Coimbra yang mengakhiri musim di urutan kelima klasemen Ledman Liga Pro 2018/19.

Dengan statistik gemilang di klub terakhir saat dipinjamkan, Romario Balde tentunya akan jadi ancaman besar untuk Egy Maulana Vikri. Mengingat posisi keduanya sama-sama bermain di sektor kanan lini serang Lechia Gdansk.

Pesaing Egy Maulana Pernah Jadi Kapten Timnas Portugal

Romario Balde, pemain muda Lechia Gdansk yang pernah menjabat sebagai kapten Timnas Portugal

Tidak hanya karena statistiknya di Coimbra pada musim 2018/19, Balde juga punya pengalaman yang cukup khususnya main di pentas internasional bersama tim nasional. Bahkan dirinya jadi langganan Timnas Portugal kategori usia muda.

Tercatat sejak tahun 2011 lalu, Romario Balde rutin membela Timnas Portugal dari level U-15 hingga U-20. Bahkan saat membela Timnas Portugal U-20 pada tahun 2016, Romario Balde tercatat beberapa kali menjabat sebagai kapten tim.

Dari tujuh pertandingan persahabatan yang dilakoni Balde bersama Portugal U-20 pada tahun 2016, dia tercatat menjadi kapten tim sebanyak tiga kali. Bahkan dia juga mencetak sebanyak dua gol, masing-masing satu gol ke gawang Belanda U-20 dan Guinea U-20.

Baca Juga

Dengan penampilannya di Coimbra semasa dipinjamkan dan juga punya pengalaman membela negara Cristiano Ronaldo di kategori usia muda, Balde tentu menjadi pesaing serius untuk Egy Maulana Vikri.

Dengan musim debutnya di Lechia Gdansk hanya bermain kurang lebih 10 menit, Egy Maulana Vikri diharapkan publik sepak bola Indonesia mampu lebih sering dimainkan di level tertinggi. Apalagi Lechia Gdansk akan memainkan babak kualifikasi ke Liga Europa musim 2019/20.

PortugalPolandiaTimnas Indonesia U-23Portugal U-21Timnas IndonesiaBola InternasionalLiga IndonesiaEgy Maulana VikriLechia GdanskFeatureSepak Bola

Berita Terkini