x

Starting XI Terbaik Copa America 2019 di Babak Penyisihan Grup: Tak Ada Messi!

Selasa, 25 Juni 2019 09:24 WIB
Editor: Juni Adi
Starting xi terbaik selama fase grup Copa America 2019

INDOSPORT.COM - Inilah 11 pemain yang tampil baik selama babak penyisihan grup di Copa America 2019, dan layak masuk dalam starting XI terbaik versi INDOSPORT.

Kompetisi sepak bola paling bergengsi antar negara di Benua Amerika Selatan, Copa America 2019 baru saja rampung menggelar babak penyisihan grup yang terdiri dari tiga grup A, B dan C.

Hasilnya, ada sebanyak 8 tim yang memastikan diri lolos ke perempatfinal. Mereka adalah Brasil, Venezuela, Kolombia, Argentina, Uruguay, Chile, Paraguay dan Peru.

Baca Juga

Dari tim-tim di atas, perjuangan yang paling sulit dialami oleh Argentina. Meski dihuni sejumlah pemain kelas dunia semisal Lionel Messi dan Sergio Aguero, Albiceleste terseok-seok untuk bisa lolos.

Mereka nyaris tersingkir karena di dua laga awal gagal meraih kemanangan. Pertama kalah 0-2 dari Kolombia, dan yang kedua imbang 1-1 lawan Paraguay.

Tapi pada akhirnya anak asuh Lionel Scaloni lolos dari lubang jarum setelah di laga terakhir menang 2-0 atas Qatar. Koleksi tiga poin sudah cukup membuat Argentina melaju ke 8 besar, sebagai runner-up grup B.

Baca Juga

Dari total 18 pertandingan yang sudah digelar mulai dari tanggal 15 Juni hingga 25 Juni 2019, ada beberapa pemain yang tampil mengesankan dan layak masuk starting XI terbaik Copa America 2019 babak penyisihan grup versi INDOSPORT.

Menariknya, tidak ada nama Lionel Messi, karena bintang Argentina itu tidak mampu berbuat banyak untuk membawa Argentina tampil trengginas di Copa America 2019.

Kiper: Alisson Becker (Brasil)

Penampilan apik Alisson Becker bersama Liverpool musim ini, rupanya merambah ke tim nasional Brasil. Dirinya jadi benteng kokoh Tim Samba selama babak penyisihan grup Copa America 2019. Hal itu dibuktikan dengan masih perawannya gawang Brasil di fase grup. 

Penampilannya juga cukup konsisten khususnya kala melawan Peru di laga terakhir. Alisson tampil gemilang mematahkan sejumlah peluang emas Peru, dengan empat penyelamatan yang diciptakan. Total ia sudah melakukan enam penyelamatan selama babak penyisihan di Grup A.

Bek: Filipe Luis (Brasil), Marquinhos (Brasil), Davinson Sanchez (Kolombia), Dani Alves (Brasil)

Keberhasilan Brasil menjaga gawangnya tanpa kebobolan selama di babak penyisihan grup A Copa America 2019, membuat sejumlah pemain bertahannya layak masuk jajaran starting XI terbaik.

Setidaknya ada tiga nama yaitu Felipe Luis, Marquinhos dan Dani Alves. Gagal di Chelsea dan kembali ke Atletico Madrid, membuat performa Felipe Luis kembali menanjak sepanjang musim lalu.

Hal itu membuat pelatih Tite mempertimbangkan memanggilnya ke timnas Brasil untuk Copa America 2019. Kepercayaan tersebut tidak dibayar sia-sia. Pasalnya, Felipe Luis tampil apik di sektor kiri pertahanan Brasil.

Ia mampu menjaga keseimbangan antara membantu serangan maupun bertahan yang sudah menjadi tugasnya. Pun, begitu juga di sektor kanan yang ditempati oleh Dani Alves.

Meski usianya sudah tidak lagi muda, rupanya Alves mampu tampil baik. Ia menciptakan hingga 90 persen umpan akurat dari sisi kanan untuk membantu serangan. Pemain PSG itu juga bertahan cukup baik, karena banyak melakukan tekel bersih untuk mematahkan serangan lawan.

Sedangkan untuk dua bek tengah, Marquinhos dan Davinson Sanchez layak masuk karena keduanya menjadi tembok kokoh untuk masing-masing timnya.

Marquinhos tampil gemilang bersama Brasil, Davinson Sanchez bersama Kolombia. Keduanya turut andil membawa Brasil dan Kolombia menjaga gawangnya dari kebobolan selama babak penyisihan grup.

Tengah: Everton (Brasil), Koji Miyoshi (Jepang), Philippe Coutinho (Brasil), Alexis Sanchez (Chile)

Di sektor tengah, timnas Brasil menyumbang dua pemainnya dalam starting XI terbaik versi INDOSPORT. Mereka adalah Everton dan Philippe Coutinho.

Meski tidak tampil sebagai starter sejak pertandingan pertama, tidak membuat kemampuan Everton melempem. Dala dua laga awal, ia tampil apik sebagai supersub menggantikan Neres di sisi sayap kiri timnas Brasil.

Sejauh ini, Everton telah berkontribusi menyumbang 2 gol dan satu assist. Catatan yang sama juga dibukukan oleh Coutinho. Ia tampi gemilang di laga perdana dengan mencetak 2 gol, serta menyumbang 1 assist di laga terakhri saat berhadapan dengan Peru.

Sedangkan dua pemain lainnya, Koji Miyoshi dan Alexis Sanchez juga tampil gemilang bersama negaranya. Miyoshi membantu Jepang meraih poin perdananya dengan mencetak 2 gol, saat bermain imbang 2-2 melawan Uruguay di laga kedua Grup C.

Namun sayang, Miyoshi gagal membawa Jepang lolos ke babak 8 besar karena kalah dari Peru dan Paraguay dalam perebutan peringkat tiga terbaik.

Begitu juga dengan Alexis Sanchez. Meski mengalami musim yang buruk di Manchester United, ia mampu memperbaiki performanya di level internasional. Sanchez membantu Chile lolos ke babak 8 besar, dengan berkontribusi 2 gol dan 1 assists.

Depan: Edison Cavani (Uruguay), Duvan Zapata (Kolombia)

Dari tiga pertandingan yang sudah dilakoni Edison Cavani bersama Uruguay di penyisihan grup, ia mampu mencetak dua gol. Salah satu golnya ke gawang Chile, menyelamatkan Uruguay lolos dengan status juara grup C. Sedangkan Duvan Zapata, meski namanya tidak setenar Cavani, penampilannya cukup menakutkan.

Bersama Kolombia, Zapata jadi salah satu penyerang tajam di Copa America 2019 selama babak penyisihan grup, dengan mencetak 2 gol. Ia juga berhasil menggeser Falcao sebagai striker utama, berkat penampilan apiknya itu.

Starting xi terbaik selama fase grup Copa America 2019
KolombiaJepangUruguayBrasilEdinson CavaniPhilippe CoutinhoCopa AmericaBola InternasionalSepak BolaCopa America 2019

Berita Terkini