x

On This Day: Pembantaian Spanyol atas Italia di Final Euro 2012

Senin, 1 Juli 2019 06:30 WIB
Editor: Abdurrahman Ranala
Trofi EURO di Stadion Wembley, Inggris.

INDOSPORT.COM - 1 Juli 2012, Spanyol mengalahkan Italia di final Euro 2012. Saat itu, Spanyol merengkuh gelar Euro secara beruntun. 

Perhelatan Euro 2012 menjadi salah satu turnamen bersejarah bagi Spanyol. Spanyol saat itu mengikuti Euro 2012 dengan status juara Piala Dunia 2010, dan juara bertahan Euro 2008. 

Spanyol tergabung di Grup C bersama Italia, Kroasia, dan Republik Irlandia. Spanyol meladeni Italia pada laga perdana yang berkesudahan dengan skor imbang 1-1. 

Baca Juga

Ternyata, Italia kembali menjadi lawan bagi Spanyol di partai final Euro 2012. Tepat pada 1 Juli 2012, laga final Euro 2012 antara Spanyol vs Italia digelar. 

Olympic Stadium, Kiev, Ukraina, menjadi venue laga akbar ini. Italia yang berhasil mengalahkan Jerman di babak semifinal tampil percaya diri di hadapan 63.000 penonton. 

Tetapi ternyata Spanyol masih terlalu perkasa untuk Italia. Spanyol membuka keran gol pada menit ke-14 berkat David Silva. 

Menjelang babak pertama berakhir, tepatnya pada menit ke-41, Jordi Alba menggandakan keunggulan Tim Matador. Italia yang memainkan Mario Balotelli masih terus berusaha mencetak gol. 

Baca Juga

Sayangnya Italia gagal mencetak gol, justru Spanyol menambah dua gol lagi di babak kedua. Fernando Torres mencetak gol ketiga bagi Spanyol pada menit ke-84. 

Hingga akhirnya, Juan Mata menggenapkan kemenangan Spanyol menjadi 4-0 pada menit ke-88. Spanyol pun berhak mengangkat trofi Euro untuk ketiga kalinya, dan dua kali secara beruntun. 

SpanyolItaliaEuroBola InternasionalOn This Day

Berita Terkini