x

Menerawang Sosok Pelatih yang Cocok Menukangi Persipura

Sabtu, 6 Juli 2019 19:02 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ilustrasi siapa yang cocok jadi pelatih Persipura Jayapura

INDOSPORT.COM - Hingga sepekan lengsernya Luciano Leandro dari bangku pelatih Persipura Jayapura, teka-teki pengganti sosok asal Brasil di Mutiara Hitam itu masih misteri.

Terlepas dari kebiasaan Persipura yang selalu jatuh hati dengan arsitek negeri samba Brasil, toh sejarah hanya mencatat baru seorang Jacksen F. Tiago sebagai warga negara Brasil yang pernah mendulang kesuksesan saat menukangi Persipura.

Selebihnya, nama-nama seperti Wanderley Junior, Amilton Silva de Oliveira, Osvaldo Lessa, dan Luciano Leandro bahkan gagal membawa Persipura ke tangga juara.

Baca Juga

Namun jika merujuk pada kriteria pelatih yang diinginkan oleh manajemen Persipura, nampaknya sosok tersebut masih tak jauh dari kompetisi sepak bola Indonesia.

Pasalnya, selain masih menaruh minat terhadap pelatih Brasil, Persipura tengah mencari sosok pelatih yang sudah memiliki pengalaman di kompetisi sepak bola Indonesia dan juga fasih berbahasa Indonesia.

Untuk itu, awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Sabtu (6/7/19), coba menerawang siapa pelatih yang akan melatih Persipura berdasarkan kriteria yang ada.

Ivan Venkov Kolev

Ivan Kolev berpeluang jadi pelatih baru Persipura Jayapura.

Pelatih asal Bulgaria ini memang terbilang gagal saat memulai kembali petualangannya di kompetisi sepak bola Indonesia, setelah gagal mengangkat performa Persija Jakarta di awal musim. Kolev sendiri menjadi pelatih pertama di kompetisi Shopee Liga 1 2019 yang lengser dari jabatannya.

Namun, jika melihat dari rekam jejaknya, pelatih berusia 61 tahun ini sebenarnya nyaris saja menukangi tim mutiara hitam di Liga Indonesia musim 2007. Tapi kala itu, PSSI lebih dulu membajak Kolev untuk menukangi tim nasional senior.

Meski belum pernah mencicipi trofi juara Liga Indonesia, namun pengalaman yang dimiliki pelatih yang telah malang melintang di dunia sepak bola Indonesia sejak 1999 silam ini tak perlu diragukan lagi.

Kolev juga dikenal sebagai salah satu pelatih asing di Indonesia yang fasih berbahasa Indonesia. Selain itu, ia juga merupakan pelatih yang gemar dengan gaya sepak bola menyerang.

Baca Juga

Dengan kriteria yang dimiliknya, Kolev mungkin bisa menjadi salah satu opsi bagi manajemen Persipura.

Paulo Camargo

Paulo Camargo masuk jadi salah satu calon kuat pelatih baru Persipura Jayapura.

Pelatih asal Brasil yang sempat melatih di Persija Jakarta ini memang sempat dikabarkan tengah didekati oleh manajemen Persipura Jayapura sebelum akhirnya menjatuhkan pilihan ke Luciano Leandro.

Camargo juga bukan sosok baru di kompetisi sepak bola Indonesia. Ia tercatat pernah melatih klub Tangerang Wolves dan Persibo Bojonegoro saat kompetisi Indonesia mengalami dualisme.

Jejak rekam yang dimiliki oleh pelatih Brasil ini juga tidak bisa dipandang remeh. Ia merupakan salah satu pelatih yang ikut menemukan bakat pemain kelas dunia, Ricardo Kaka saat masih berseragam klub Sao Paulo Junior.

Selain itu, Camargo juga sangat menyukai talenta-talenta muda. Ia kerap memainkan pemain berusia muda saat masih melatih Persija Jakarta.

Kelebihannya itu mungkin bisa menjadi pertimbangan bagi manajemen Persipura yang kini banyak memiliki pemain muda dalam skuatnya.


1. Carlos De Mello

Carlos de Mello menjadi salah satu calon kuat pelatih Persipura Jayapura.

Legenda Persebaya Surabaya dan PSM Makassar ini mungkin punya jejak rekam karier yang jauh berbeda dari para kompatriotnya sesama Brasil. Carlos De Mello belum pernah mencicipi kursi pelatih di kompetisi kasta tertinggi di Indonesia.

Meski begitu, ada kabar yang menyebutkan jika eks playmaker andal ini sempat masuk dalam radar Persipura saat Osvaldo Lessa lengser dari jabatannya.

De Mello juga merupakan salah satu pelatih asing yang sangat fasih berbahasa Indonesia. Ia juga dikenal aktif dalam pembinaan pemain usia dini di Indonesia.

Baca Juga

De Mello yang memegang sertifikat Lisensi A-Pro federasi sepak bola Brasil, CBF ini mungkin juga bisa menjadi rujukan bagi manajemen Persipura.

Meski sudah menjabat sebagai direktur teknik tim sepak bola pra PON Sumatera Barat, namun dalam dunia sepak bola apapun bisa saja terjadi.

Timo Scheunemann

Sesuatu yang mustahil jika manajemen Persipura harus membidik nama Timo Scheunemann sebagai calon pengganti Luciano Leandro.

Namun pelatih berkebangsaan Jerman yang fasih berbahasa Jawa dan Indonesia ini punya segudang pengalaman di persepakbolaan Indonesia.

Bukan hanya di level klub, tapi Timo juga pernah menjabat sebagai kepala bidang pembinaan usia dini PSSI dan juga melatih timnas Putri Indonesia di event SEA Games 2009 silam.

Pelatih yang memegang lisensi UEFA A ini juga sangat getol dalam menggembleng bakat-bakat muda sepak bola Indonesia.

Baca Juga

Bersama sang kakak, Rainer Scheunemann, Timo juga sempat aktif dalam pembinaan bakat-bakat pesepakbola muda Papua.

Manajemen Persipura nampaknya bisa mempertimbangkan Timo sebagai alternatif pilihan. Apalagi, Persipura kini kian dekat dengan regenerasi untuk menyegarkan skuat.

Persipura JayapuraTimo ScheunemannIvan KolevLuciano LeandroCarlos de MelloPaulo CamargoLiga IndonesiaTRIVIABola Indonesia

Berita Terkini