x

Hasil Kratingdaeng Piala Indonesia Madura United vs PSM Makassar: Drama Tiga Gol

Minggu, 7 Juli 2019 17:29 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
Rasyid Bakrie (kiri) mencoba merebut bola dari kaki Zulfiandi.

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan leg kedua semifinal keg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia 2018 antara Madura United vs PSM Makassar pada Minggu (07/07/19) sore WIB.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Gelora Madura Ratu Pamelinga, tim Madura United tampil sangat dominan di 45 babak pertama. Kekalahan 0-1 di leg pertama jadi alasan Madura United bermain sangat terbuka.

PSM Makassar yang mendapat tekanan, seseskali masih bisa melancarkan serangan lewat skema counter attack namun buruknya penyelesaian akhir membuat peluang yang mereka dapatkan gagal menjadi gol.

Baca Juga

Serupa dengan tim tuan rumah, laskar Sapeh Kerap pun kesulitan mencetak gol hingga setengah jam pertandingan berjalan.

Terus menekan, Madura United akhirnya sukses mencetak gol melalui eksekusi penalti yang dicetak Rakic dan gol tersebut menutup jalannya laga di babak pertama.

Lebih lengkapnya berikut ulasan serta jalannya pertandingan semifinal leg kedua Kratingdaeng Piala Indonesia 2018, antara Madura United vs PSM Makassar selama 90 menit.

Babak Pertama

Laga berjalan 10 menit, PSM hampir menjebol jala Madura United sayangnya umpan silang M.Rahmat dikotak penalti Madura United tak bisa digapai Rasyid Bakri.

Menit ke-19 giliran Madura yang mendapat sebuah peluang. Berawal dari skema tendangan bebas, beruntung sepakan keras Rakic masih bisa ditepis kiper muda PSM.

Lima menit berselang Madura United kembali memperoleh peluang emas, namun lagi-lagi Hilmansyah bermain gemilang dengan menepis sepakan keras Zulfiandi yang ia lepaskan dari luar kotak penalti.

Terus menekan akhirnya Madura United mampu unggul atas PSM. Berawal dari pergerakan Beto Goncalves di kotak penalti, sang pemain terjatuh dan wasit menganggap terjadi sebuah pelanggaran.

Pinalti diberikan untuk Madura United di menit ke-33. Aleksandar Rakić yang mengambil sendiri eksekusi berhasil mengecoh kiper Hilmansyah, dan membuat Sapeh Kerap unggul 1-0. Agregat masih sama kuat 1-1.

Selepas gol tersebut, baik Madura United maupun PSM Makassar semakin menaikkan tempo permainan. Tim tuan rumah lebih banyak menekan, namun upaya mereka masih sering membentur lini pertahanan PSM.

Hingga akhir babak pertama, tak ada tambahan gol yang diciptakan kedua tim dan skor 1-0 untuk keunggulan Madura United menjadi hasil saat turun minum.


1. Babak Kedua

Beto Goncalves melepaskan tendangan pada laga Madura United vs PSM Makassar di Liga 1 2019, Kamis (04/07/19).

Selepas jeda, PSM Makassar tampil sedikit lebih dominan dengan melancarkan serangan dari sektor sayap. Peluang pertamadi dapat PSM di menit ke-50, sayang tendangan bebas Rasyid Bakri masih berhasil ditepis M. Ridho.

Lima menit berselang, giliran Zulham Zamrun yang memberikan ancaman untuk barisan pertahanan Madura United. Beruntung penampilan M.Ridho masih konsisten, sepakan keras Zulham dari luar kotak penalti berhasil ia tepis.

Petaka malah datang untuk PSM, asik-asik menyerang mereka malah kebobolan lewat aksi Greg Nwokolo. Aksi satu-dua dengan Rakic mampu ia tuntaskan dengan sepakan keras ke pojok gawang Hilmansyah.

PSM semakin tertekan dengan gol tersebut, kini agregat berbalik menjadi 2-1 untuk keunggulan Madura United dan jika bertahan hingga akhir laga maka tim tuan rumah yang berhak tampil di final.

Menit ke-67, Ero Markkanen yang basuk di babak kedua langsung memberikan kejutan untuk M.Rdho. Sebuah sepakan dari luar kotak penalti ia lepaskan, namun masih dapat ditepis oleh penjaga gawang.

Madura United menurunkan tempo permainan saat berhasil unggul, dan hal tersebut langsung dimanfaatkan oleh PSM Makassar yang melancarkan serangan dari sektor sayap.

Silih berganti Eero Markanen dan Bayu Gatra yang baru masuk di babak kedua saling memberikan tekanan ke gawang Madura, dan puncaknya terjadi di menit ke-80.

Sebuah tendangan bebas berhasil disundul oleh Bayu Gatra, namun bola membentur tiang dan langsung disambar oleh Aaron Evans yang berdiri bebas di depan kotak penalti. Skor berubah menjadi 2-1, dan Madura berada dalam kondisi tertekan.

Sapeh Kerap mencoba meraih gol tambahan di sisa waktu pertandingan, namun usaha mereka terlihat sia-sia saat lini pertahanan PSM menumpuk di kotak penalti.

Hingga wasit meniup peluit panjang, tak ada gol tambahan tercipta dan Madura United berhasil memenangkan pertandingan 2-1, namun mereka gagal ke final usai kalah gol tandang dari PSM.

Baca Juga

Di partai final Kratingdaeng Piala Indonesia 2018 nanti, PSM akan berhadapan dengan Persija Jakarta yang sebelumnya berhasil menaklukan Bornoe FC di babak semifinal.

Susunan pemain pertandingan Madura United vs PSM Makassar:
 

Madura United XI:
M.Ridho; Jaime Xavier, Fandry Imbiri, Rendika Rama, Marckho Sandi; Zulfiandi, Slamet Nurcahyo, Alfath; Beto Goncalves, Greg Nwokolo, Aleksandar Rakić.

PSM Makassar XI:
Hilmansyah; Abdul Rahman, Aaron Evans, Beny Wahyudi, Asnawi Mangkualam; Marc Klok, Rizky Pellu, Rasyid Bakri; M.Rahmat, Zulham Zamrun, Guy Junior.

PSM MakassarKratingdaeng Piala IndonesiaMadura United FCHasil PertandinganLiga Indonesia

Berita Terkini