x

Muhammad Iqbal: Siap Bangkitkan PSMS Medan dari Masa Kelam

Minggu, 7 Juli 2019 15:41 WIB
Editor: Lanjar Wiratri
Penggawa PSMS Medan, Muhammad Iqbal.

INDOSPORT.COM - Kehadiran Muhammad Iqbal bersama PSMS Medan menambah daftar skuat pemain muda yang dimiliki tim berjuluk Ayam Kinantan itu untuk mengarungi Liga 2 Indonesia 2019.

Bahkan kehadirannya tidak disangka-sangka oleh pewarta yang sering meliput PSMS. Pasalnya, pemain berlabel mantan pemain Timnas Indonesia U-19 ini tiba hanya beberapa sebelum bergulirnya Kick Off Liga 2. Bahkan ia sempat menghilang dari perkancahan sepakbola nasional.

Baca Juga

Pemuda kelahiran Kudu, Padang Pariaman, Sumatera Barat, 27 Oktober 2000 ini tak muncul hampir setahun lamanya tak lain tak bukan karena cedera lutut yang sempat dialaminya saat memperkuat tim Garuda Muda tahun lalu.

Cedera itu didapatnya saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas U-19 pada Mei 2018 lalu yang dipersiapkan untuk Piala AFF U-19 Indonesia.

Kepada INDOSPORT, pesepak bola yang akan berusia 19 tahun pada bulan Oktober nanti ini bercerita dengan gamblang perjalanan karier sepakbolanya dan masa-masa sulit saat melewati cobaan cedera lutut parah yang dialaminya.
 


1. Berikut Petikan Wawancara Muhammad Iqbal.

Pemain PSMS Medan, Muhammad Iqbal.

INDOSPORT: Bisa diceritakan gimana Iqbal memilih berkarier sebagai pemain sepak bola?

Iqbal : Ya saya suka dengan sepakbola sejak kecil dan terus saya jalani dan tekuni hingga akhirnya kini menjadi profesi yang saya jalani sekarang ini.

INDOSPORT : Apakah menekuni sepakbola ini merupakan keinginan pribadi atau desakan orang tua? Dan bagaimana tanggapan orang tua saat itu?

Iqbal: Ini murni dari lubuk hati saya. Saya sangat cinta dengan sepakbola dan tidak ada paksaan dari manapun. Alhamdulillah sejak kecil sampai saat ini orang tua terus support saya dalam karier yang saya tekuni ini

INDOSPORT: Kan Iqbal sempat menderita cedera lutut panjang nih. Maaf nih ya, gimana perasaannya saat itu harus absen panjang hampir setahun dari kancah sepakbola nasional, bahkan gagal memperkuat timnas U-19 saat berlaga di piala AFC U-19 2018 kemarin.

Baca Juga

Iqbal: Yang pastinya sedih dan drop bang. Sempat kepikiran bakal habis nih karier. Tapi setelah tahapan pemilihan yang panjang, Alhamdulillah berangsur-angsur pulih dan saat ini bisa kembali merumput dan saya siap bangkit.

INDOSPORT: Selama cedera Iqbal kan tentu tidak main terutama di persepakbolaan nasional nih. Tahu-tahu udah kembali main dan memperkuat PSMS nih. Gimana tuh perasaannya?

Iqbal : Ya tentu saya sangat bersyukur Alhamdulillah di percaya untuk membela PSMS. Apalagi PSMS memiliki sejarah panjang dalam persepakbolaan tanah air. Dengan bergabung di sini menjadi pelecut semangat saya untuk kembali melanjutkan karier dalam sepakbola saya.

INDOSPORT: Apa harapan Iqbal bersama PSMS nih? Apalagi Iqbal sudah absen cukup lama karena cedera (lutut) kemarin?

Iqbal: Ya gak muluk-muluk sih bang yang pertama adalah saya bisa menjadi starter, pilihan utama pelatih. Meski di empat laga awal ini (Liga 2 Indonesia 2019) saya main mulai dari bangku cadangan. Namun saya akan terus berjuang untuk meraih itu. Dan harapan lainnya tentu bisa mengantarkan PSMS kembali ke Liga 1.

INDOSPORT: Gimana tanggapan Iqbal pertama kali saat di PSMS ini? Bertemu rekan-rekan baru?

Baca Juga

Iqbal: Kehadiran saya di sini disambut hangat rekan-rekan, bahkan bang Legimin (Raharjo) adalah sosok yang sangat mengayomi saya dan kawan-kawan yang lain baik di lapangan maupun luar lapangan.

INDOSPORT: Apa keinginan atau impian Iqbal yang ingin diraih lagi nih? Apalagi Iqbal tergolong masih sangat muda dan kariernya masih panjang?

Iqbal: Harapannya bisa kembali memperkuat timnas lagi. Bahkan sangat ingin dan menjadi cita-cita bisa masuk ke timnas senior. Dan untuk karier di klub bisa merumput di luar (negeri).

INDOSPORT: Kan usia masih muda nih. Apa gak memiliki keinginan untuk melanjutkan pendidikan gitu?

Iqbal: Ya pasti pingin sih. Tapi saat ini saya masih fokus dulu dalam karier sepakbola saya.

INDOSPORT: Mungkin kita masuk pertanyaan yang simpel aja nih. Siapa pemain bola favoritnya. Yang pemain luar maupun lokal? Dan apa klub favoritnya?

Iqbal: Kalau pemain luar saya suka Mohamed Salah. Untuk pemain lokal saya kagum dengan sosok bang Legimin. Untuk klub saya mengidolakan Liverpool dan lokal tentunya PSMS dan Semen Padang.

INDOSPORT: Ini mungkin pertanyaan terakhir nih dan sedikit sensitif nih. Kira-kira Iqbal sudah punya pacar kah?

Iqbal: Hahahaha. Belum bang. Masih jomblo, cuman saya belum kepikiran untuk kesitu. Saya masih fokus dulu sama karier sepakbola saya.

INDOSPORT: Oke makasih Iqbal. Next time kita bisa bincang-bincang lagi ya.

Iqbal: Sama-sama bang.

Penulis: Aldi Aulia Anwar

PSMS MedanPiala AFFLiga IndonesiaTimnas Indonesia U-19Bola Indonesia

Berita Terkini