x

Profil Singkat Jaell Hattu, Eks Gelandang PSV Eindhoven Keturunan Indonesia

Jumat, 12 Juli 2019 15:46 WIB
Editor: Rafif Rahedian
Jaell Hattu saat melawan Telstar di De Herdgang Belanda (03/05/19). Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images

INDOSPORT.COM – Baru-baru ini mantan gelandang PSV Eindhoven, Jaell Hattu telah memberikan isyarat untuk bergabung ke Timnas Indonesia. Bahkan ia siap jika harus menjalani proses naturalisasi.

Nama Jaell Hattu sendiri muncul ke permukaan setelah media Vietnam, Bongda, memprediksi jika sang pemain bakal dibawa pelatih Indra Sjafri untuk mengarungi Kualifikasi Piala Asia U-23 2020 kemarin.

Jaell Hattu masuk ke dalam daftar lima pemain asing yang diprediksi bakal masuk Timnas Indonesia U-23. Sekedar informasi, empat pemain lainnya adalah Keziah Veendorp, Shayne Pattynama, Thomas Gardner dan Darren Sidoel.

Baca Juga

Namun, itu tidak terwujud karena PSSI belum memproyeksikan pemain mana yang bakal dinaturalisasi. Terlebih, masih banyak pemain asing yang sulit mendapatkan kewarganegaraan Indonesia, seperti Fabiano Beltrame dan Otavio Dutra.

Meski belum ada pernyataan resmi dari PSSI untuk proses naturalisasi, namun Jaell Hattu sendiri mengaku sudah siap. Akan tetapi dia mengetahui bahwa peluang memperkuat Timnas Indonesia tidaklah mudah.

"Tentu saja (ingin dinaturalisasi dan gabung Timnas Indonesia). Tetapi tidak mudah untuk bergabung (Timnas)," ucap Jael Hattu kepada redaksi INDOSPORT.

Baca Juga

Dengan pengakuan ini, seharusnya PSSI dan pelatih Simon McMenemy mulai memperhatikan penampilan Jaell Hattu. Itu dilakukan agar mereka tahu apakah sang pemain pantas untuk bergabung ke Timnas Indonesia.


1. Profil Singkat Jaell Hattu

Jaell Hattu melakukan selebrasi saat melawan Telstar di De Herdgang Belanda (03/05/19). Aaron van Zandvoort/Soccrates/Getty Images

Jaell Hattu merupakan pemain Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia. Meski belum diketahui pasti dari mana darah Indonesia yang dimiliki sang pemain. Namun jika melihat nama belakangnya, kemungkinan besar orang tua Jaell Hattu berasal dari Maluku.

Pemain yang saat ini masih berusia 21 tahun tersebut memulai kariernya bersama klub ternama di Belanda, yakni VV-Venlo. Bersama akademi VVV-Venlo ia bertahan selama dua musim, yakni 2011-2013.

Setelah itu, ia berhasil mendapatkan kesempatan bermain berasma klub muda ternama Eredivisie Belanda, PSV Eindhoven. Jaell Hattu telah memainkan banyak pertandingan bersama PSV U-17, U-19 dan U-21.

Baca Juga

Ketika memasuki musim 2019/20, Jaell Hattu tidak mendapatkan perpanjangan kontrak dari klub legendaris Belanda tersebut. Alhasil, ia mengakhiri kebersamaannya dengan PSV selama kurang lebih empat tahun.

Selama berkarier di PSV, menurut laporan situs Transfermarkt, Jaell Hattu diberikan kesempatan tampil sebanyak 55 kali di level berbeda (U-19 dan U-21). Dari 55 kesempatan itu, Jaell Hattu berhasil mencetak 5 gol dan menyumbangkan 2 assist di berbagai ajang.

Jaell Hattu, mantan pemain PSV Eindhoven keturunan Indonesia.

Jaell Hattu sendiri juga berhasil mendapatkan kepercayaan untuk mengisi skuat Timnas Belanda U-15, U-16, dan U-17. Menurut laporan Transfermarkt, dirinya tampil sebanyak 6 kali dalam tiga level berbeda.

Kesempatan terbanyaknya ia mainkan saat tampil bersama Timnas Belanda U-16 pada 2013 lalu. Saat itu ia memainkan 3 pertandingan persahabatan melawan Belgia U-16, Prancis U-16, dan Serbia U-16.

Pada Timnas Belanda U-15, Jaell Hattu diberi kesempatan tampil sebanyak dua kali di laga uji coba melawan Belgia U-15 dan Jerman U-15. Sayangnya, Jaell Hattu tidak memberikan kemenangan dalam dua laga tersebut.

Baca Juga

Terakhir, bersama Timnas Belanda U-17, ia hanya main sebanyak satu pertandingan. Itu terjadi ketika Belanda U-17 bermain imbang 1-1 melawan Swiss U-17 pada 2015 lalu.

Melihat pengalamannya di Eropa, maka Jaell Hattu bisa menjadi opsi yang tepat untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia. Mengingat, usia sang pemain masih sangat belia. Artinya, masih ada kemungkinan kualitas Jaell Hattu bakal bertambah.

BelandaPSV EindhovenNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaBola IndonesiaJaell Hattu

Berita Terkini