x

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 PSS Sleman vs Persebaya Surabaya: Elang Jawa Epic Comeback!

Sabtu, 13 Juli 2019 20:25 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Isman Fadil
Manuchekhr Dzhalilov berhasil melewati pemain PSS Sleman di Liga 1 pekan ke-8.

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan Shopee Liga 1 Indonesia 2019 antara PSS Sleman vs Persebaya Surabaya, pada Sabtu (13/07/19) malam WIB, di mana Super Elang Jawa berhasil melakukan epic comeback usai tertinggal lebih dulu.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, tim PSS sebagai tuan rumah tampil dengan kepercayaan diri tinggi dan berharap mampu menjaga kesucian markas mereka dari kekalahan.

Sementara Persebaya Surabaya yang tampil sedikit pincang lantaran tak diperkuat striker asingnya, Amido Balde, bermain dengan tempo lamban dan sesekali menyerang melalui serangan balik.

Baca Juga

PSS Sleman dengan dukungan para suporter berhasil menekan Bajul Ijo sejak awal laga, peluang pertama berhasil mereka dapatkan saat laga baru berjalan 10 menit lebih.

Namun jelang pertengahan babak pertama, Persebaya berhasil mencetak gol lebih dulu lewat sepakan keras Damian Lizio. Skor 1-0 sempat bertahan hingga menit ke-40, sebelum akhirnya Elang Jawa mampu menyamakan kedudukan dan membuat babak pertam berakhir imbang 1-1.

Selepas jeda, PSS Sleman bermain lebih menekan dan mendominasi sejak menit awal. Persebaya yang hanya mengandalkan serangan balik, sesekali berhasil memberi kejutan ke lini pertahanan PSS.

Lebih lengkapnya, berikut rangkuman pertandingan serta gol-gol yang tercipta dalam laga Liga 1 antara PSS Sleman vs Persebaya selama 90 menit.

Babak Pertama

PSS Sleman yang tampil di depan pendukung sendiri mendapat peluang pertama pada menit ke-12, sebuah sepakan keras dari luar kotak penalti coba dilepaskan Brian Ferreira, namun bola masih melambung di atas mistar gawang Miswar Saputra. 

Persebaya coba balas menekan, empat menit berselang mereka mendapat peluang emas dari Jalilov usai menerima umpan dari Lizio. Sayang tendangannya masih dapat diselamatkan penjaga gawang PSS.

Tim tuan rumah terus menekan, namun secara mengejutkan justru Persebaya Surabaya yang berhasil mencetak gol  lebih dulu lewat aksi Damian Lizio.

Berawal dari shooting Jalilov yang membentur tiang gawang, bola liar langsung disambar pemain Bolivia tersebut dengan sepakan keras mendatar dan tak mampu dibendung penjaga gawang PSS. 

PSS Sleman coba bangkit dan lebih sering menekan, pada menit ke-34 mereka kembali mendapat peluang untuk menyamakan kedudukan.

Brian Ferreira coba kembali melesakkan tembakan keras dari jarak jauh, arah bolah mengarah tepat ke gawang namun Miswar Saputra masih terlalu sigap dan menepisnya.

Terus menekan akhirnya Elang Jawa mampu menyamakan kedudukan, sebuah kerjasama ciamik dari kedua pemain asing PSS Sleman berhasil diselesaikan dengan baik oleh Yevhen Bokhashvili yang berdiri di depan gawang.

Skor sama kuat 1-1. Pertandingan pun semakin panas, PSS Sleman mencoba mencari gol tambahan dan berharap babak pertama berakhir untuk keunggulan mereka.

Namun hingga wasit meniup peluit turun minum, tak ada gol lain yang tercipta dan kedua tim masuk ruang ganti dengan kedudukan sama kuat.


1. Babak Kedua

Selebrasi gol Damian Lizio usai membobol gawang PSS Sleman.

Selepas jeda, PSS Sleman yang termotivasi usai mampu menyamakan kedudukan bermain lebih menekan dan sukses menciptakan sejumlah peluang berbahaya.

Baru delapan menit laga berjalan di babak kedua, PSS Sleman mendapat peluang yang lagi-lagi datang dari sepakan keras Brian Ferreira, namun untuk kesekian kalinya bola masih melebar di sisi kiri gawang Miswar.

Terus menekan akhirnya Super Elang Jawa mampu mencetak gol pada menit ke-56, yang sekaligus membalikkan kedudukan dari tertinggal menjadi balik memimpin.

Berawal dari sebuah pergerakan pemain PSS Sleman yang mampu menusuk ke kotak penalti Persebaya, sebuah umpan silang berhasil dilepaskan dan menemui kaki Haris Tuharea.

Dengan tenang, tendangan kaki kanan dari Haris Tuharea langsung mengincar ruang kosong dan memaksa Miswar memungut bola dari gawangnya untuk kedua kalinya. Skor 2-1 untuk keunggulan PSS Sleman.

Tertinggal, membuat Persebaya menaikan tensi laga dan bermain lebih terbuka untuk dapat menyamakan kedudukan. Silih berganti Damian Lizio, Jalilov serta Irfan Jaya melepaskan sepakan ke arah gawang PSS, namun tak ada satupun yang berbuah gol.

Sebuah peluang emas didapatkan Bajul Ijo, namun tendangan akrobatik dari Manu Dzalilov hanya melebar diatas jala Try Guntara.

Meski melancarkan serangan bertubi tubi, namun semua usaha Persebaya masih dapat digagalkan kiper PSS Sleman. Termasuk tendangan efek dari Ruben Sanadi pada menit ke-70.

Baca Juga

Persebaya kembali mendapat peluang, sebuah umpan silang dari Irfan Jaya mampu disambut oleh Osvaldo, namun penjaga gawang PSS masih sigap menghalau.

Hingga wasit meniup peluit panjang tanda akhir laga, Persebaya tak mampu menambah gol dan Super Elang Jawa pun berhasil meraih tiga poin penuh dengan melakukan epic comeback.

Susunan pemain pertandingan Liga 1 antara PSS vs Persebaya:
 

PSS Sleman XI:
Try  Hamdani; Purwaka Yudhi, Asyraq Gufron, Bagus Nirwanto; G. Batata, Brian Ferreira, Dave Mustaine, Irkham Zahrul Mila; Haris Tuharea, Yevhen Bokhashvili, Derry Rachman.

Persebaya Surabaya XI:
Miswar Saputra; Otavio Dutra, M Syaifuddin, Novan Setya, Ruben Sanadi; Fandi Eko, M Hidayat, Damian Lizio; Irfan Jaya, Manuchekhr Jalilov, Osvaldo Haay.

Persebaya SurabayaPSS SlemanHasil PertandinganLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini