x

Termasuk Griezmann, 3 Transfer Kontroversial yang Libatkan Barcelona

Senin, 15 Juli 2019 16:54 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
Antoine Griezmann resmi mengenakan jersey nomor punggung saat diperkenalkan di Camp Nou.

INDOSPORT.COM - Bukan hanya Antoine Griezmann, Barcelona juga pernah beberapa kali terlibat transfer kontroversial pemain-pemain bintang.

Meski sukses mengamankan tanda tangan Antoine Griezmann, Barcelona justru dihadapi masalah setelah Atletico Madrid merasa tidak puas dan mengajukan tuntutan untuk klub berjuluk Blaugrana itu.

Baca Juga

Namun, jika melihat ke belakang, rasanya kontroversi kali ini tak akan menjadi masalah yang besar buat Barcelona. Sebab, mereka sudah berpengalaman dengan kontroversi transfer pemain bintang.

Sebelum Antoine Griezmann, setidaknya ada dua pemain bintang lain yang transfernya sempat menjadi kontroversi, baik itu saat menuju atau keluar Barcelona. Siapa saja mereka, berikut INDOSPORT merangkumkan.


1. Luis Figo

Legenda Real Madrid, Luis Figo.

Juli tahun 2000, Barcelona sempat terlibat dalam kontroversi transfer bintang asal Portugal, Luis Figo. Namun, kontroversi tersebut bukan perihal uang, melainkan kepada kepada pengkhianatan Figo yang sebelumnya berseragam Barcelona dan hijrah ke rival abadinya, Real Madrid.

Keinginan Real Madrid untuk membajak bintang rivalnya itu bermula dari survei yang dilakukan presiden Florentino Perez terkait siapa pemain yang paling diinginkan Madridista.

Baca Juga

Setelah survei tersebut, muncul lah nama Figo di daftara teratas, yang membuat Perez langsung bergerak membuat kesepakatan prakontrak dnegan Figo.

Namun, kontroversi dimulai saat si pemain justru sempat berkata ke salah satu media bahwa dirinya akan tetap berseragam Barcelona musim berikutnya. Ucapan yang justru berbanding terbalik, karena Figo justru merapat ke klub rival Real Madrid.

Tak ayal, setelah transfer tersebut mencuat, kemarahan menyeruak dari banyak suporter Barcelona, baik kepada Real Madrid maupun kepada Figo secara langsung.


2. Neymar Jr

Neymar mendesak Barcelona untuk merekrut Philippe Coutinho ke Camp Nou.

Selanjutnya di medio 2010, Barcelona juga kembali terlibat dalam transfer kontorversial, Neymar Jr. Namun kali ini, Barcelona sebagai pelakunya. Blaugrana melakukan persekongkolan dengan keluarga Neymar untuk membawa sang pemain ke Eropa.

Saat itu, Barcelona diam-diam melakukan perjanjian kontrak dengan Neymar tanpa sepengetahuan klubnya saat itu, Santos. Padahal, saat itu Santos diketahui masih ingin mempertahankan bintangnya.

Baca Juga

Kesepakatan diam-diam Barcelona dengan Neymar itu juga yang membuat mereka berhasil mendahului klub-klub Eropa lainnya yang juga meminati bintang Brasil itu, salah satunya klub rival Real Madrid.


3. Antoine Griezmann

Antoine Griezmann resmi gabung Barcelona.

Terakhir, transfer yang baru-baru ini terjadi, kedatangan Antoine Griezmann juga menyeret Barcelona dalam kontroversi.

Kontroversi terjadi karena, mantan klub Antoine Griezmann Atletico Madrid, menilai Barcelona mengakali klausul pelepasan pria asal Prancis itu

Barcelona hanya membayar 120 juta euro atau Rp 1,85 triliun, bukan 200 euro atau sekitar Rp3,1 triliun seperti yang diinginkan Atletico Madrid.

Baca Juga

Atletico Madrid menilai Barcelona seharusnya membayar sebesar itu karena telah mendekati Antoine Griezmann sejak Maret 2019.

Jika berdasarkan klausul kontrak Antoine Griezmann di Atletico Madrid, sang pemain baru bisa didapatkan dengan harga 12 juta euro selepas Juli 2019. Jika sebelum itu, maka harganya adalah 200 juta euro.

Polemik transfer Antoine Griezmann hingga kini memang masih berlanjut. Tetapi, pihak Barcelona bersikukuh apa yang dilakukannya telah sesuai aturan, karena Atletico Madrid juga tak memiliki cukup bukti atas tuduhannya.

Bursa TransferReal MadridAtletico MadridNeymarAntoine GriezmannBarcelonaLaLiga SpanyolLuis FigoLiga SpanyolBola InternasionalTRIVIABerita Transfer

Berita Terkini