x

Saat Kualifikasi Piala Dunia 2022 Terasa Seperti Piala AFF, Timnas Indonesia Bisa?

Kamis, 18 Juli 2019 14:05 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Timnas Indonesia dan Piala Dunia Qatar 2022.

INDOSPORT.COM - Hasil undian babak Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022 baru saja keluar, di mana Timnas Indonesia akan menapaki jalan yang cukup terjal.

Seperti diketahui, Indonesia menempati Grup G dalam hasil undian babak Kualifikasi Piala Dunia Qatar 2022. Tim Garuda akan bersaing dengan Uni Emirat Arab, Vietnam, Thailand, dan juga Malaysia.

Pertandingan penentuan menuju Piala Dunia Qatar 2022 itu menggunakan format double round robin di mana semua tim akan bertemu di fase grup.

Baca Juga

Indonesia akan memulai perjuangan menuju Qatar pada tanggal 5 September 2019 hingga 9 Juni 2020. Laga perdana tim asuhan Simon McMenemy adalah menjamu Malaysia pada tanggal 5 September 2019.

Hasil undian Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini pun menjadi sebuah turnamen yang dinantikan oleh para pecinta sepak bola Tanah Air untuk melihat Timnas Indonesia berlaga di pentas sepak bola terbesar dunia itu.

Mungkin beberapa dari kalian sudah ada yang menyadari bahwa Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini diisi oleh negara-negara dari Asia Tenggara.

Empat negara yaitu Vietnam, Thailand, Malaysia dan juga Timnas Indonesia merupakan negara yang rutin mengikuti Piala AFF. Hanya Uni Emirat Arab yang berasal dari Timur Tengah.

Baca Juga

Kebetulan lagi, empat negara Asia Tenggara ini merupakan tim yang sangat mendominasi kompetisi Piala AFF yang diselenggarakan dua tahun sekali itu.

Kami ingin mengajak kalian untuk mengulas kembali dominasi keempat tim, termasuk Timnas Indonesia di Piala AFF. Yang membuat Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini terasa spesial.


1. Piala AFF Lima Edisi Terakhir

Aksi selebrasi pemain Timnas Indonesia setelah Evan Dimas mencetak gol. Foto Herry Ibrahim

Jika melihat Piala AFF lima tahun terakhir, memang kerap kali diwarnai oleh Timnas Indonesia, Vietnam, Malaysia dan juga Thailand.

Keempat tim ini silih berganti masuk ke babak final Piala AFF dalam lima tahun terakhir. Kita mulai dari Piala AFF 2010, di mana laga final mempertemukan laga Malaysia vs Timnas Indonesia.

Saat itu, Timnas Indonesia harus mengakui kehebatan Malaysia dengan agregat 4-2. Skuat Garuda kalah 3-0 di markas Malaysia dan leg kedua hanya menang 2-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno.

Baca Juga

Piala AFF edisi selanjutnya yakni tahun 2012, giliran Thailand yang berhasil masuk final dan harus menghadapi Singapura. Sayang, Thailand gagal mengangkat Piala AFF 2012.

Thailand kalah 3-1 di Singapura dan hanya menang tipis 1-0 atas Singapura di negaranya sendiri. Skor agregat 3-2 membuat Thailand harus mengaku kalah dari Singapura di final Piala AFF 2012.

Piala AFF 2014 semakin memastikan dominasi tiga dari empat tim yang tergabung di Kualifikasi Piala Dunia 2022. Yaitu Thailand, Vietnam dan Malaysia ketiganya melaju hingga babak semifinal Piala AFF 2014.

Akhirnya babak final mempertemukan Thailand vs Malaysia yang juga penuh kejutan. Thailand berhasil menang dua gol tanpa balas atas Malaysia di Rajamangala Stadium.

Sementara itu leg kedua, mereka harus kalah 3-2 di Bukit Jalil National Stadium dari Malaysia. Tapi Thailand tetap menang karena unggul agregat 4-3 dari Malaysia.

Baca Juga

Tiga dari empat tim di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 juga ada di semifinal Piala AFF 2016. Yaitu Vietnam, Timnas Indonesia dan Thailand.

Timnas Indonesia saat itu berhasil menembus babak final dan harus bertemu Thailand. Timnas Indonesia sempat menang 2-1 atas Thailand di Stadion Pakansari, Bogor.

Namun leg kedua Timnas Indonesia dilibas Thailand dengan skor dua gol tanpa balas yang membuat kita kalah dengan agregat 2-3. Timnas Indonesia gagal mengangkat trofi Piala AFF 2016.

Setelah Timnas Indonesia vs Thailand, giliran laga Vietnam vs Malaysia yang terjadi di final Piala AFF 2018 yang diselenggarakan pada Desember 2018 lalu.

Malaysia harus tersungkur malu saat Vietnam akhirnya menjuarai Piala AFF 2018 dengan skor agregat 3-2, dengan kemenangan tipis 1-0 di kandang mereka usai ditahan imbang 2-2 di markas Malaysia.

Baca Juga

Melihat dominasi Thailand, Vietnam, Malaysia dan Timnas Indonesia di Piala AFF dalam lima edisi terakhir, tentunya Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 akan membuat Uni Emirate Arab seperti tim undangan.

Apakah Timnas Indonesia bisa mengamankan tiket untuk lolos ke Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran ketiga? Menarik untuk kita saksikan keempat laga termasuk menghadapi lawan berat seperti UEA.

Piala DuniaMalaysiaVietnamThailandUni Emirat ArabTimnas IndonesiaPiala Dunia 2002Bola InternasionalTimnas VietnamSimon McMenemySepak BolaBola Indonesia

Berita Terkini