x

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Persija Jakarta vs Arema FC: Petaka Menit Akhir Macan Kemayoran

Sabtu, 3 Agustus 2019 17:38 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Peluang sundulan Marko Simic di laga melawan Arema FC, Sabtu (03/08/19).

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan pekan ke-12 antara Persija Jakarta vs Arema FC di Stadion Gelora Bung Karno, Sabtu (03/08/19), berakhir imbang dengan skor 2-2. 

Dua gol Persija dicetak oleh Novri Setiawan (20') dan Marko Simic (51'). Sementara gol  Arema dibuat oleh Hanif Sjahbandi (8') dan Ahmad Nur Hardianto (90+5).

Persija Jakarta harus rela meraih satu angka melawan tamunya Arema FC setelah sempat unggul 2-1 hingga babak perpanjangan waktu babak kedua. Gol penentu dari Ahmad Nur Hardianto pada menit 90+5 membuyarkan kemenangan Macan Kemayoran. 

Baca Juga

Dengan hasil ini Persija melorot ke posisi 17 klasemen sementara dengan tujuh poin. Sementara Arema FC mantap di posisi empat klasemen dengan 19 poin menempel Madura United. 


1. Jalannya Pertandingan

Selebrasi Novri Setiawan usai mencetak gol

Babak Pertama

Tuan rumah Persija Jakarta memberikan tekanan di lima menit awal pertandingan. Peluang pertama didapat melalui aksi Bruno Matos yang melakukan akselerasi ke dalam kotak penalti Arema. Namun aksi Matos masih bisa dihadang oleh bek Arema, Hamka Hamzah. 

Arema memberikan kejutan dengan berhasil unggul terlebih dahulu pada menit ke-8. Buah kesalahan Ryuji Utomo yang salah kirim umpan, bola kemudian direbut oleh Hanif Sjahbandi. 

Hanif pun kemudian melepaskan tembakan keras ke pojok kanan gawang Perisja yang tak bisa dihalau oleh Andritany.

Persija tersentak dan meningkatkan intensitas serangan. Pada menit 19' Macan Kemayoran hampir menyamakan skor melalui Marko Simic. Sayang, Simic gagal menyambut umpan silang dengan baik.

Usaha Persija untuk menyamakan kedudukan akhirnya menemui hasil. Berawal dari set piece, bola tak bisa diantisipasi dengan baik oleh barisan belakang Arema. Simic pun mendorong bola ke arah Novri Setiawan. Novri yang berdiri tanpa kawalan dengan mudah menceploskan bola ke gawang. 

Pada menit 27', kiper Arema, Kartika Ajie, harus melakukan double save setelah menghalau tendangan Rohit Chand dan Marko Simic di kotak penalti. 

Pertandingan berjalan dalam tempo tinggi di mana kedua tim saling balas serangan. Namun, hingga turun minum, skor tetap bertahan 1-1. 

Babak Kedua

Arema langsung mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Sejumlah tekanan dilakukan, tapi masih bisa dipatahkan pertahanan Persija. 

Persija yang ditekan di awal babak kedua justru sanggup mencetak gol pembalik keadaan pada menit ke-51 melalui strikernya, Marko Simic. 

Riko Simanjuntak yang berhadapan satu lawan satu dengan Kartika Ajie dengan tak egois mengoper bola ke Marko Simic yang juga berdiri bebas. Simic pun dengan mudah menceploskan bola ke gawang. 

Kedua tim melakukan sejumlah pergantian pemain di pertengahan dan jelang akhir babak kedua. Arema FC yang berusaha menyamakan kedudukan nyaris mencetak gol pada menit ke-80. Sayang sundulan Nur Hadianto di depan gawang masih melenceng. 

Persija yang unggul 2-1 hingga masa tambahan waktu berusaha mengamankan pertahanan. Namun, malapetaka terjadi tepat pada menit 90+5. 

Berawal dari umpan jauh ke kotak penalti yang gagal diantisipasi bek Persija, bola pun mengarah ke Nur Hardianto yang langsung menjebol gawang Anditany sekaligus menyudahi laga dengan skor 2-2. 

Susunan Pemain Persija vs Arema

Persija Jakarta (4-3-3): Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanusa, Ryuji Utomo, Tony Sucipto, Ismed Sofyan; Sandi Sute, Rohit Chand, Bruno Matos, Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic.

Arema FC (4-3-3): Kartika Ajie; Alfin Tuasalamony, Hamka Hamzah, Arthur Cunha, Agil Munawar; Hanif Sjahbandi, Pavel Smolyachenko, Makan Konate; Dendi Santoso, Sylvano Comvalius, Rivaldi Bawuo.
 

Persija JakartaNovri SetiawanLiga IndonesiaHanif SjahbandiArema FCLiga 1Marko Simic

Berita Terkini