x

Menerka Formasi Mengerikan Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF 2019

Minggu, 4 Agustus 2019 12:27 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia U-18 akan segera menjalani kiprah di Piala AFF U-18 2019 mulai 6 hingga 19 Agustus 2019 di Vietnam.

Pelatih Fakhri Husaini telah menunjuk 23 nama terbaik yang akan membela Timnas Indonesia U-18. Nama-nama alumni Garuda Select masih mendominasi ditambah beberapa jebolan Liga 1 U-19.

Timnas Indonesia U-18 tergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste. Filipina akan menjadi ujian pertama Bagus Kahfi dan kawan-kawan, Selasa (06/08/19).

Baca Juga

Fakhri telah mematangkan skema permainan timnya sebelum berangkat ke Vietnam, Sabtu (03/08/19). Ia siap memegang amanah dari PSSI untuk memberikan prestasi terbaik bagi Indonesia.

“Insya Allah kami akan memegang amanah yang diberikan. Saling mendoakan untuk kebaikan prestasi sepak bola Indonesia,” ujar Fakhri seperti dilansir dari situs resmi PSSI.

“Persiapan terakhir kami fokus kepada latihan untuk menjaga stamina kebugaran fisik pemain, memperbaiki kemampuan transisi positif dan negatif serta set piece.”

Meski meninggalkan 11 pemain alumni Garuda Select, Timnas Indonesia U-18 tetap tidak kehilangan kekuatannya. Penggawa baru hadir memberikan kesegaran dan variasi di skuat Garuda.

Baca Juga

Bintang muda Persib Bandung, Beckham Putra Nugraha, turut masuk menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019. Pemanggilannya bahkan sempat menjadi sorotan.

Fakhri tentu telah meramu komposisi formasi terbaik Timnas Indonesia U-18. Dalam skema 4-3-3 yang biasa Fakhri mainkan, Timnas Indonesia U-18 akan semakin mengerikan dengan kehadiran Beckham.

Berikut portal berita olahraga INDOSPORT mengupas formasi mengerikan Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019.


1. Kiper dan Pemain Belakang

Ernando memegang tangannya yang cedera saat latihan di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo.

Kiper: Muhammad Adisatryo

Timnas Indonesia U-18 terpaksa kehilangan Ernando Ari Sutaryadi akibat cedera di tangan kiri saat mengikuti latihan perdana di Lapangan Jenggolo, Sidoarjo, Rabu (17/07/19) silam.

Selama uji coba di Sidoarjo, Fakhri Husaini mempercayakan posisi kiper Timnas Indonesia U-18 kepada Muhammad Adisatryo asal PPLP Jakarta.

Melihat kondisi Ernando yang belum bisa tampil dalam waktu dekat, besar kemungkinan Adi akan turun sebagai kiper inti Timnas Indonesia di Piala AFF U-18 2019.

Baca Juga

Pemain Belakang

Selama uji coba di Sidoarjo, tiga pemain yang selalu mendapat tempat utama di barisan belakang adalah Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, dan Amiruddin Bagas Kaffa.

Posisi bek sayap kanan tampaknya sudah dihuni Bagas Kaffa. Rekan setimnya di Barito Putera dan Timnas U-16 dulu, Mochammad Yudha Febrian, berpeluang mengisi slot bek sayap kiri.

Komang Teguh Trisnanda yang juga alumnus Timnas U-16 di Piala Asia 2018 juga punya kans tampil di tempat utama bersama Rizky Ridho Ramadhani asal Persebaya Surabaya.


2. Tengah dan Depan

Dari Kiri Ke Kanan, Bagus Kahfi, Sutan Zico, M Supriadi dan Rendi Juliansyah. Keempat pemain itu merupakan eks Timnas Indonesia U-16 2018. Fakhri Husaini siap ikuti Piala AFF U-19.

Pemain Tengah

Dua dari tiga posisi gelandang sudah pasti diisi oleh kapten David Maulana dan Brylian Aldama Negiehta. Keduanya harus hadir di lapangan tengah untuk mengisi penyeimbang dan pemutus serangan lawan.

Hilangnya Andre Oktviansyah membuat Fakhri harus mencari puzzle baru di lini tengah. Rendy Juliansyah dapat menjadi opsi sebagai pengisi posisi gelandang serang yang menjembatani lini tengah ke depan.

Selain Rendy, Beckham Putra Nugraha juga dapat bermain sebagai gelandang di belakang striker, begitu juga Braif Fatari dari Persija Jakarta dan Khairul Imam Zakiri asal Leganes Academy.

Baca Juga

Pemain Depan

Lini depan Timnas Indonesia U-18 akan ditempati trisula maut alumni Garuda Select, yakni Sutan Zico, Amiruddin Bagus Kahfi, dan Mochammad Supriadi.

Sutan Zico bermain di posisi striker tengah dalam skema 4-3-3, sementara Supriadi mengisi pos striker kiri dan Bagus Kahfi striker kanan.

Saddam Emiruddin Gaffar dapat menjadi opsi pengganti di tengah. Beckham juga bisa dimajukan sedikit ke depan dan mengisi striker sayap.

Soal kecepatan, Timnas Indonesia U-18 juga punya Theo Numberi yang dapat menjadi supersub pengganti Supriadi atau Bagus Kahfi.

Baca Juga

Prediksi Formasi Starter Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF 2019:

Prediksi Susunan Pemain Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019

Muhammad Adisatryo; Amiruddin Bagas Kaffa, Muhammad Salman Alfarid, Alfeandra Dewangga, Mochammad Yudha Febrian; David Maulana, Brylian Aldama Negiehta, Rendy Juliansyah; Amiruddin Bagus Kahfi, Sutan Zico, Mochammad Supriadi, 

Fakhri HusainiBola InternasionalBeckham Putra NugrahaRendy JuliansyahSutan ZicoBagas KaffaBagus KahfiBrylian NegiehtaMochammad SupriadiGaruda SelectBola IndonesiaPiala AFF U-18 2019Timnas Indonesia U-18Ernando Ari Sutaryadi

Berita Terkini