x

Menerka Lawan Timnas Indonesia U-15 Jika Lolos ke Semifinal Piala AFF 2019

Minggu, 4 Agustus 2019 09:35 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Indra Citra Sena
Penyerang Timnas Indonesia U-15, Muhammad Valeron.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-15 akan melakoni laga penentuan melawan Myanmar, Minggu (4/8/19), untuk memastikan tiket semifinal Piala AFF U-15 2019.

Pertandingan pamungkas Grup A antara Timnas Indonesia U-15 vs Myanmar akan berlangsung pukul 15.00 WIB di Stadion Latihan Chonburim, Thailand.

Pasukan Bima Sakti wajib meraih tiga poin alias kemenangan agar tidak menggantungkan nasib kepada laga lain antara Vietnam vs Timor Leste yang berlangsung pukul 18.00 WIB.

Timnas Indonesia U-15 yang kini menduduki peringkat kedua Grup A belum pasti lolos, sebab Timor Leste sebagai pemuncak klasemen dan Vietnam di urutan ketiga masih bisa menikung Garuda Asia di saat-saat terakhir.

Baca Juga

Skenario Timnas Indonesia U-15 untuk lolos ke semifinal dapat melalui jalur juara grup atau runner up. Mau lolos lewat jalur apa pun, Marselino Ferdinan dkk. tetap akan menghadapi lawan tangguh.

Dua tiket semifinal dari Grup B Piala AFF U-15 2019 sudah hampir pasti digenggam Malaysia dan tuan rumah Thailand. Australia masih punya kans, namun sangat tipis.

Kekuatan Grup B sebenarnya mirip dengan Grup A. Malaysia dan Thailand saat ini memimpin Grup B dengan raihan 10 poin serta hanya terpaut selisih gol tipis +13 dan +11.

Thailand dan Malaysia akan saling ‘bunuh’ pada laga terakhir untuk menentukan juara dan runner-up grup. Salah satu mereka akan menjadi lawan Timnas Indonesia U-15 andai lolos ke semifinal.

Sama seperti Timnas Indonesia U-15, Malaysia belum terkalahkan daalam empat pertandingan dan baru kebobolan sekali. Hanya saja, Harimau Malaya Muda sangat produktif dengan torehan 14 gol.

Muhammad Harry Danish Mohd Haizon sebagai top skor Malaysia di Piala AFF U-15 2019 menjadi salah satu pemain yang patut diwaspadai oleh barisan pertahanan Timnas Indonesia U-15.

Baca Juga

Sementara itu, tuan rumah Thailand juga tidak boleh dianggap enteng. Thailand telah sering menjadi batu karang bagi Timnas Indonesia di ajang-ajang level internasional, khususnya kawasan Asia Tenggara.

Thailand mengandalkan permainan kolektif dan tidak bertumpu pada salah seorang pemain. Raihan 14 gol menjadi bukti betapa tajamnya anak asuh Salvador Valero Garcia.

Siapa pun lawannya nanti jika lolos ke semifinal, Timnas Indonesia U-15 tetap harus menampilkan yang terbaik dan belajar dari setiap kesalahan yang sebelumnya.

MalaysiaThailandTimnas IndonesiaBima SaktiBola InternasionalTimnas Indonesia U-15Piala AFF U-15Bola Indonesia

Berita Terkini