x

4 Pemain yang Bisa Jadi Kunci Permainan Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019

Senin, 5 Agustus 2019 14:53 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Empat pemain ini diyakini bisa menjadi kunci permainan Timnas Indonesia U-18 besutan Fakhri Husaini di Piala AFF U-18 2019 di Vietnam nanti.

Gelaran turnamen sepak bola begengsi antar negara di Asia Tenggara kelompok umur, Piala AFF U-18 2019 akan segera dimulai tepatnya pada Selasa (06/08/19) besok hingga Senin (19/08/19) mendatang di Vietnam.

PSSI pun telah merilis daftar 23 nama yang akan menjadi anak asuh Fakhri Husaini. Beberapa pemain diantarnya merupakan muka lama yang menjadi tulang punggung Timnas Indonesia U-16 dalam menjuarai Piala AFF U-16 2018.

Baca Juga

Menariknya, pelatih yang pernah bermain untuk PKT Bontang itu tidak banyak memanggil pemain hasil gemblengan program Garuda Select selama enam bulan dari Junuari hingga Juni 2019 lalu di Inggris.

“Para pemain yang terpilih merupakan yang terbaik dan telah memberikan kontribusi serta menunjukkan performa yang selalu meningkat," kata Fakhri Husaini dikutip laman resmi PSSI. 

"Mereka juga sudah memenuhi kriteria yang saya pegang. Yakni dari segi fisik, teknik, taktik, dan mental,” sambungnya.

Timnas Indonesia U-18 sendiri akan tergabung di Grup A bersama Myanmar, Laos, Timor Leste, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Baca Juga

Melihat peta persaingan, Garuda Nusantara seharusnya tidak menemui kesulitan berarti karena lawan-lawan yang dihadapinya relatif lebih mudah, ketimbang di Grup B yang dihuni oleh Malaysia, Thailand, Vietnam, Singapura, Kamboja dan Australia.

Selain itu, mental para pemain Timnas Indonesia U-18 juga jauh lebih baik dari tim-tim lainnya di Grup A karena mereka sudah pernah merasakan gelar juara, sehingga bisa lebih optimis di turnamen kali ini. 

Berikut Tiga Pemain yang Bisa Jadi Kunci Permainan Timnas Indonesia U-18 di Piala AFF U-18 2019:

1. Bagus Kahfi 

Bagus Kahfi merupakan salah satu penyerang muda yang cukup berkualitas di Piala AFF U-18 2019. Kelihaiannya dalam mencetak gol, sudah ia buktikan saat menjadi top skor di Piala AFF U-15 2018 lalu dengan 12 gol dari tujuh pertandingan. 

Ia berhasil mengalahkan kandidat pencetak gol terbanyak lainnya seperti Dinh Thanh Trung dari Vietnam (8 gol) dan Zikos Vasileios Chua Ming Xun dari Singapura (4 gol).

Tak heran jika Fakhri Husaini memberi kesempatan kepadanya untuk naik level ke Timnas Indonesia U-18. Selain itu, ia merupakan salah satu jebolan Garuda Select hasil didikan legenda Timnas Inggris, Des Walker dan Dennies Wise.

2. Sutan Zico

Fakhri Husaini juga punya opsi penyerang lain di lini depan. Dia adalah Sutan Diego Armando Ondriano Zico. Bomber muda milik Persija Jakarta itu juga merupakan salah satu striker tajam. 

Kehadirannya bisa menimbulkan persaingan sengit dengan Bagus Kahfi, untuk mengisi satu tempat inti sebagai penyerang tengah. 

Soal kesuburan, Sutan juga tidak kalah dengan rekan setimnya itu. Terutama ketika keduanya memperkuat Garuda Select. Total ia membukukan delapan gol, dua gol lebih banyak dari Bagus Kahfi.

3. Mochammad Supriadi

Mochammad Supriadi merupakan salah satu pemain yang paling menonjol di Timnas Indonesia U-15 dalam menjuarai Piala AFF U-16 2018 lalu. 

Kelincahan dan kecepatannya, membuat Supriadi sulit dihentikan dan kerap menciptakan peluang berbahaya di depan gawang lawan. Dirinya dipastikan akan jadi salah satu pemain kunci dari sektor sayap dalam racikan Fakhri Husaini.

Performa menanjak juga ditampil Supriadi kala membela Garuda Select. Winger berusia 17 tahun itu total menyumbangkan sembilan gol di Inggris dalam periode Januari-Mei 2019.

4. Beckham Putra Nugraha

Selain pemain muka lama, Fakhri Husaini juga memanggil beberapa nama debutan di Timnas Indonesia U-18 untuk Piala AFF U-18 ini salah satunya adalah Beckham Putra Nugraha.

Gelandang muda milik Persib Bandung itu diyakini bisa jadi senjata rahasia untuk Skuat Garuda Nusantara. Hal itu sudah ia buktikan dengan penampilan memukaunya saat melakoni latih tanding dengan beberapa tim lokal.

Bekcham juga merupakan pemain yang cukup tajam, karena ia penah menggondol gelar top skor di Liga 1 U-19 selama dua musim beruntun tahun 2017 dan 2018 bersama Persib Bandung U-19.

Sebelum menorehkan prestasi itu, Beckahm rupanya telah lebih dahulu menggoreskan tinta emas di level internasional.

Momen tersebut terjadi ketika dirinya memperkuat tim Saswco Bandung, dalam turnamen sepak bola U-15 Football Cup Barcelona di Spanyol, pada Oktober 2015 lalu. Dalam kompetisi itu, Beckham berhasil meraih gelar pemain terbaik. 

Fakhri HusainiPiala AFFBola InternasionalBeckham Putra NugrahaTRIVIABagus KahfiMochammad SupriadiGaruda SelectPiala AFF U-18 2019Timnas Indonesia U-18

Berita Terkini