x

Keluhkan Kondisi Stadion Vietnam, Timnas Indonesia U-18 Jadi Sorotan Media Asing

Rabu, 7 Agustus 2019 16:12 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
Stadion yang digunakan oleh Vietnam untuk laga Piala AFF U-18.

INDOSPORT.COM – Media asing menyoroti protes Timnas Indonesia U-18 yang mengeluhkan kondisi lapangan Di An Football Field, Vietnam, tempat dilangsungkannya turnamen Piala AFF U-18 2019.

Dalam laga perdananya, Indonesia memetik kemenangan perdana dengan skor telak 7-1 ketika menghadapi Filipina di babak penyisihan grup A Piala AFF U-18 2019 pada hari Selasa (06/08/19) di Di An Football Field, Binh Duong.

Baca Juga

Namun, kemenangan ini justru berbuntut panjang, lantaran tim asuhan Fakhri Husaini mengeluhkan kondisi lapangan di stadion yang jauh dari standar turnamen sepak bola bertaraf internasional.  

Lapangan tersebut terlihat tidak terawat dan tanah mulai becek saat hujan turun di babak kedua. Hal ini membuat tim Garuda Nusantara merasa kecewa dengan Vietnam, selaku tuan rumah Piala AFF U-18 2019.

Kekecewaan ini pun menjadi sorotan media asing, Foxsport Asia, yang mengklaim bahwa tim asuhan Fakhri Husaini melayangkan protes kepada Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) terkait kondisi lapangan.

Media tersebut menekankan pernyataan coach Fakhri yang sempat menyatakan kekecewaannya atas atas kondisi lapangan.

“Saya mengapresiasi perjuangan anak-anak di lapangan. Sehari sebelum pertandingan, kami tidak senang melihat kondisi lapangan.”

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia U-18 tidak hanya dihadapkan pada jalannya pertandingan, namun juga dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi cuaca yang tidak menentu saat mengikuti turnamen Piala AFF U-18 2019.

Terlepas dari protes tersebut, Indonesia mampu membuktikan diri di kancah internasional lewat kemenangan telak 7-1 atas Filipina. Bahkan, lima gol dari pertandingan itu berhasil dicetak di babak pertama.

Sutan Zico membuka skor untuk Indonesia di menit kedua, disusul brace dari Amiruddin Bagus dan Mohamad Supriadi, serta gol dari Muhammad Fajar dan David Maulana. Sementara gol balasan dari  Filipina disumbangkan oleh Alimar Job Ambong.

Baca Juga

Kemenangan tersebut membuat Garuda Muda memuncaki klasemen sementara Grup A Piala AFF U-18 2019. Mereka mengemas poin 3 dengan selisih gol +6 karena kemenangan atas Filipina.

Di laga kedua Timnas U-18 Indonesia akan menghadapi Timor Leste pada, Kamis (8/8/2019) yang akan berlangsung di Go Dau Stadium, Myanmar.

VietnamFilipinaStadionBola InternasionalSepak BolaPiala AFF U-18 2019Timnas Indonesia U-18

Berita Terkini