x

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Barito Putera vs Tira Persikabo: Laskar Pajajaran Tak Terbendung

Jumat, 9 Agustus 2019 20:35 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi pemain TIRA-Persikabo melawan Barito Putera

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan pekan ke-13 Liga 1 2019, Jumat (09/08/19), antara Barito Putera vs PS Tira Persikabo berakhir dengan skor 4-2 untuk kemenangan tim tamu. 

Empat gol Tira Persikabo dicetak oleh Wawan Febrianto (28'), Essengue Parfait (45+1'), Loris Arnaud (57)', dan Manahati Lestusen (63' p). Sementara dua gol balasan tuan rumah dibuat oleh Samsul Arif (42') dan Rafael da Silva (80'). 

Bermain di Stadion Demang Lehman, tuan rumah Barito Putera gagal memetik poin penuh. Rapuhnya lini belakang membuat anak-anak Laskar Pajajaran sukses menciptakan empat gol.

Baca Juga

Dengan hasil ini PS Tira Persikabo semakin kokoh di puncak klasemen dengan 29 poin. Sementara Barito Putera masih tertahan di posisi ke-14 dengan 12 poin.


1. Jalannya Pertandingan

Selebrasi pemain TIRA-Persikabo melawan Barito Putera

Babak Pertama

Kedua tim sudah bergantian menyerang di awal babak pertama. Namun, tim tamu Tira Persikabo lebih menguasai lini tengah. 

Barito Putera menekan melalui tembakan jarak jauh, di antaranya lewat aksi Gavin Kwan. 

Tira Persikabo pun menbalas melalui usaha Osas Saha pada menit ke-18. Osas Saha melepaskan tembakan spekulasi yang masih bisa diamankan kiper Barito.

Memasuki pertengahan babak pertama, PS Tira mulai mendominasi melalui Abduh Lestaluhu di kiri dan Loris Arnaud yang terkadang mundur ke belakang menjemput bola. 

PS Tira kembali mendapat peluang melalui Rony Sugeng yang melepaskan tembakan spekulasi keras jarak jauh yang hampir merobek gawang Aditya Harlan. 
 
Gelandang Barito Putera, Evan dimas, pun mulai mengatur tempo permainan demi memotong permainan menyerang Tira Persikabo. Barito terlihat bermain tidak terburu-buru. Bola dimainkan terlebih dahulu dari kaki ke kaki. 

Pada menit ke-23 kesalahan dilakukan oleh bek Tira. Bola segera diambil oleh Samsul Arif. 

Samsul Arif melihat Gavin yang posisinya lebih lengang, sayang bola tembakan gavin masih melayang di atas mistar gawang. 

PS Tira segera mengambil kembali lagi kendali pertandingan. Pada menit 27' skuat asuhan Rahmad Darmawan mampu membuka keunggulan melalui Wawan Febrianto. Berawal dari akselerasi Loris Arnaud, bola diumpan ke Ciro Alves yang berlari di sisi kiri pertahanan Barito. 

Ciro kemudian melepaskan umpan silang mendatar yang langsung disambar Wawan yang berdiri tanpa kawalan. 

Barito pun segera merespons gol dari Wawan. Pada menit ke-42, Barito menyamakan kedudukan melalui Samsul Arif. Lewat skema umpan silang, Samsul arif langsung menyundulnya menjadi gol. 

Selepas gol penyama, Barito bermain lebih percaya diri. Peluang emas kembali didapat pada menit ke-44 lewat aksi individu Samsul Arif. 

Mendapat bola, ia langsung berputar untuk melepaskan tembakan yang masih bisa dihalau kiper. 

Keasikan menyerang, Barito malah lengah di sisi pertahanan. Pada menit ke 45+1, PS Tira kembali unggul melalui Essengue Farfait.

Essengue Farfait menyambut bola umpan dari sisi kiri. Sama seperti gol pertama yang dicetak Wawan, tak ada pemain Barito yang menjaga Essenge. Skor 2-1 pun bertahan hingga turun minum. 

Babak Kedua

Memasuki babak kedua, tim tamu Tira Persikabo sudah tampil menekan tak mengendurkan serangan. Loris Arnaud memperbesar keunggulan menjadi 3-1 pada menit 57'.

Mendapat umpan chip matang ke tengah kotak penalti, Loris tanpa kesulitan menyundulnya untuk menjadi gol ketiga PS Tira. 

Hanya enam menit berselang, PS Tira kembali menambah gol. Pelanggaran yang dilakukan Bayu Pradana berbuah penalti untuk tim tamu. 

Manahati Lestusen yang menjadi algojo pun sukses menjalankan perannya dengan baik. 

Unggul empat gol, permainan PS Tira menjadi sedikit mengendur. Hal ini sanggup dimanfatkan oleh Barito Putera unutk memperkecil kedudukan menjadi 2-4 lewat gol yang dicetak oleh Rafael da Silva.  

Tak ada lagi gol tercipta hingga akhir pertandingan. Skor 2-4 bertahan untuk kemenangan PS Tira Persikabo. 

Samsul ArifManahati LestusenHasil PertandinganLiga IndonesiaLiga 1Tira-Persikabo

Berita Terkini