x

Satu Alasan Kuat Tira-Persikabo Sulit Lewati Rekor Unbeaten Persija di Liga 1

Jumat, 9 Agustus 2019 13:46 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Lanjar Wiratri

INDOSPORT.COM – Satu alasan kuat bisa menjadi penghalang Tira-Persikabo melewati rekor tak terkalahkan atau unbeaten Persija Jakarta di kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1.

Tira-Persikabo sampai pekan ke-12 belum menelan kekalahan. Alhasil, tim besutan Rahmad Darmawan menangkring di puncak klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan torehan 26 poin.

Namun demikian, yang membuat status capolista dan unbeaten Tira-Persikabo istimewa adalah rekor baru yang siap terpecahkan di pekan ke-13 musim ini.

Baca Juga

Tira-Persikabo telah menyamai rekor unbeaten 12 pertandingan Persija Jakarta pada Liga 1 2017. Tira-Persikabo meraihnya dengan 7 menang dan 5 seri, sedangkan Persija Jakarta 6 menang dan 6 seri.

Tira-Persikabo berpeluang melewati rekor Persija Jakarta dan menjadi tim Liga 1 dengan unbeaten terlama jika tak menelan kekalahan melawan Barito Putera, Jumat (09/08/19), pukul 18.30 WIB, di Stadion Demang Lehman.


1. Satu Alasan Kuat

Barito Putera vs Persija Jakarta

Tira-Persikabo akan menghadapi Barito Putera pada pekan ke-13 Liga 1 2019 untuk mencetak rekor 13 pertandingan unbeaten di kompetisi kasta tertinggi.

Lawan yang dihadapi juga ‘hanya’ Barito Putera, tim yang menghuni peringkat 14 atau dua strip dari zona degradasi. Barito Putera bahkan sudah kalah tiga kali dari enam laga kandang.

Terdengar sepele bagi Tira-Persikabo untuk bisa setidaknya meraih hasil imbang atau bahkan kemenangan di Stadion Demang Lehman, namun sebenarnya tidak. Ada alasan kuat yang membuatnya sulit.

Baca Juga

Kembali lagi ke 2017 saat Persija Jakarta mencetak rekor unbeaten 12 pertandingan. Pada laga berikutnya, rekor Persija Jakarta akhirnya terhenti.

Persija Jakarta kalah 0-1 di kandang lawan dan tim yang memutus rekor unbeaten 12 pertandingan Persija Jakarta di Liga 1 2017 adalah Barito Putera.

Catatan kecil di atas menjadi sinyal peringatan pertama bagi Tira-Persikabo untuk setidaknya waswas dengan Barito Putera. Tidak menutup kemungkinan rekor unbeaten 12 pertandingan The Army juga akan sirna di tangan Barito Putera.


2. Alasan Lain yang Menguatkan

Persipura Jayapura Juara

Jika jauh mundur ke belakang pada tahun 2013, Persipura Jayapura pernah memiliki rekor yang lebih hebat ketimbang unbeaten 12 pertandingan milik Persija Jakarta dan Tira-Persikabo.

Tidak hanya 12 atau 13, Persipura Jayapura mampu menorehkan catatan unbeaten 26 pertandingan di Liga Super Indonesia (ISL). Pada edisi ISL 2013, Persipura Jayapura keluar sebagai juara.

Saat itu Persipura Jayapura tetap membumi. Sekuat-kuatnya Mutiara Hitam akhirnya pasti kalah juga. Tira-Persikabo bisa memetik pelajaran dari perjalanan Persija Jakarta dan Persipura Jayapura.

Sikap pelatih Tira-Persikabo, Rahmad Darmawan, untuk bodo amat dengan rekor unbeaten 12 atau berapa pun pertandingannya patut diapresiasi.

Baca Juga

“Saya tidak memikirkan rekor. Saya cuma memikirkan bagaimana anak-anak bisa curi poin di sana. Jadi pada intinya kita masih dapat poin dan kita terus bisa menjaga jarak dengan tim yang lain,” ujar Rahmad seperti dikutip dari laman resmi Liga Indonesia.

Fokus mengejar poin adalah target sesungguhnya bagi Tira-Persikabo. Ketika hasil telah tercapai, rekor hanyalah soal bonus atas buah keberhasilan.

Melawan Barito Putera tidak akan mudah. Sebab ketahuilah, tim yang memutus rekor unbeaten Persija Jakarta adalah tim yang sama mengalahkan Persipura Jayapura di laga ke-27 unbeaten-nya. Tim itu adalah Barito Putera.

Barito PuteraPersija JakartaPersipura JayapuraRahmad DarmawanLiga IndonesiaLiga 1FeatureTira-PersikaboBola Indonesia

Berita Terkini