x

Selain David Luiz, Ini 9 Pemain Lain yang Pernah Perkuat Arsenal dan Chelsea

Jumat, 9 Agustus 2019 13:13 WIB
Editor: Coro Mountana
David Luiz resmi hijrah ke Arsenal, Kamis (08/08/19).

INDOSPORT.COM – Deadline bursa transfer Liga Primer Inggris telah ditutup dengan kepindahan David Luiz dari Chelsea ke Arsenal yang ternyata pernah diikuti 9 pemain lainnya.

Setelah 6 setengah tahun David Luiz mengabdi pada Chelsea dalam dua periode yang berbeda, David Luiz akhirnya memutuskan untuk bergabung dengan Arsenal. David Luiz ditebus Arsenal dari Chelsea sebesar 8,7 juta euro atau sekitar 138 miliar rupiah.

Baca Juga

Kepindahan David Luiz sendiri mengundang banyak tanya dan menuai kontroversi. Bagaimana tidak, rivalitas yang terbangun antara Chelsea dengan Arsenal sebagai tim terbaik di London membuat sulitnya ada pemain yang pindah di dari antar tim itu

Tapi ternyata David Luiz adalah pengecualian, ia mematahkan stigma bahwa kedua tim bermusuhan yang sampai mengakibatkan sulitnya pemain pindah antar dua tim tersebut.

Baca Juga

Lebih mengejutkan lagi, ternyata ada pemain lain yang sudah berpindah antara Chelsea dengan Arsenal atau sebaliknya, siapa saja?


1. Olivier Giroud

Olivier Giroud berselebrasi usai mencetak gol ke gawang BATE.

Pertama ada Olivier Giroud yang sebelumnya membela Arsenal sejak musim 2012/13. Sepanjang membela Arsenal, Olivier Giroud telah mencetak 105 gol dan mempersembahkan trofi Piala FA sebanyak tiga kali.

Barulah pada musim 2017/18, Giroud memutuskan untuk menyeberang ke Chelsea dengan meninggalkan Arsenal. Giroud pun di Chelsea sukses mempersembahkan gelar juara berupa Liga Europa.

Petr Cech

Kiper Arsenal, Petr Cech yang terlihat sangat gemuk di pelatihan pra musim.

Dari sektor penjaga gawang, ada Petr Cech yang dikenal sebagai salah satu penjaga gawang terbaik di Chelsea. Selama membela panji Chelsea sejak 2004/05, Petr Cech telah membawa pulang berbagai trofi seperti 4 gelar Liga Primer Inggris, 4 Piala FA, 1 Liga Champions, dan 1 Liga Europa.

Cech akhirnya memutuskan untuk hijrah ke Arsenal pada musim 2015/16 setelah kalah bersaing dengan Thibaut Courtois. Bersama Arsenal, Petr Cech berhasil memenangi Piala FA untuk musim 2017 yang lalu, kini ia telah memutuskan pensiun dan bergabung dengan Chelsea sebagai staff pelatih.

Cesc Fabregas

Cesc Fabregas, playmaker Chelsea.

Kali ini adalah pemain yang pindah antara kedua tim tapi tidak terjadi secara langsung yaitu Cesc Fabregas. Gelandang asal Spanyol itu terlebih dahulu membela Arsenal dari tahun 2003 hingga 2011 sebelum akhirnya pindah ke Barcelona.

Sedangkan di Chelsea, Fabregas membela The Blues sejak tahun 2014 hingga 2019. Berbagai gelar pernah direngkuh oleh Fabregas baik itu bersama Chelsea ataupun Arsenal seperti Liga Primer Inggris (The Blues), Piala FA (ada di keduanya), dan Community Shield (The Gunners).


2. William Gallas

Ashley Cole-William gallas

William Gallas menghabiskan 5 tahun sejak 2001 hingga 2006 bersama Chelsea terlebih dahulu sebelum akhirnya ia pindah ke Arsenal. Uniknya, kepindahan Gallas dari Chelsea ke Arsenal merupakan bagian dari kesepakatan pertukaran dengan Ashley Cole.

Meski hanya berposisi sebagai bek tengah, William Gallas secara ajaib mengenakan nomor punggung 10 di Arsenal dan diberi ban kapten. Meski membela kedua tim itu, Gallas tidak pernah mendapatkan gelar di Arsenal, sedangkan di Chelsea, ia masih sempat juara Liga Primer Inggris.

Ashley Cole

Ashley Cole saat masih berseragam Chelsea.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi, bahwa Ashley Cole merupakan bagian dari transfer Chelsea dengan Arsenal untuk menukarnya dengan William Gallas. Cole sebelumnya membela Arsenal hingga 2006 tapi akhirnya langsung pindah ke Chelsea.

Bersama Chelsea, Cole membela tim itu hingga awal musim 2014/15 sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke AS Roma. Beragam gelar pernah diraih oleh Cole baik itu bersama Arsenal atau Chelsea seperti Liga Primer Inggris dan Piala FA.

Nicolas Anelka

Nicolas Anelka saat masih berseragam Chelsea.

Pelatih Arsenal, Arsene Wenger menandatangani Nicolas Anelka yang saat itu masih remaja dari Paris Saint-Germain dengan mahar 500 ribu pound. Di Arsenal, Anelka mencetak 23 gol dalam 65 pertandingan di tahun 1997-1999.

Anelka pun diketahui berkelana ke berbagai klub sebelum akhirnya bergabung dengan Chelsea di tahun 2008. Selama bermain di Stamford Bridge, Anelka telah mebncetak 59 gol dalam 125 laga dengan membawa pulang gelar Liga Primer Inggris dan Piala FA.


3. Emmanuel Petit

Pemain Arsenal, Yossi Benayoun sewaktu membela Arsenal. Foto: Adam Davy - EMPICS/PA Images via Getty Images

Emmanuel Petit selama ini dikenal sebagai pahlawan Prancis yang memenangi Piala Dunia 1998. Ternyata selain itu, Petit merupakan pemain bintang di Arsenal sejak tahun 1997 hingga 2000 dan membantu mereka memenangi gelar Liga dan Piala FA.

Selepas dari Arsenal, Petit membela Barcelona selama semusim. Setelah dari Barcelona, Emmanuel Petit secara mengejutkan membela Chelsea di tahun 2001 hingga 2004.

Lassana Diarra

Lassana Diarra saat masih berseragam Arsenal.

Lassana Diarra juga tercatat menjadi salah satu dari pemain yang pernah membela kedua klub itu. Diarra awalnya menandatangani kontrak bersama Chelsea saat masih berusia 20 tahun pada tahun 2005 lalu.

Namun dikarenakan hanya menjadi pelapis dari Claude Makelele saja, Diarra pun memutuskan pindah ke Arsenal. Namun ternyata di Arsenal, karier Diarra juga tak menjadi lebih baik setelah hanya bertahan selama 5 bulan sebelum akhirnya ia pindah ke Portsmouth.

Yossi Benayoun

Pemain terakhir adalah Yossi Benayoun yang dibeli Chelsea dari Liverpool dengan biaya transfer mencapai 5,5 juta poundsterling pada 2010. Namun sayang Benayoun jarang dimainkan selama tiga musimnya di Chelsea.

Dengan hanya bermain dalam 24 laga saja, Benayoun pun dipinjamkan ke Arsenal. Tapi setali tiga uang, kariernya juga tak berkembang bersama Arsenal.

Bursa TransferChelseaArsenalCesc FabregasDavid LuizOlivier GiroudNicolas AnelkaPetr CechWilliam GallasLiga Primer InggrisLiga InggrisTRIVIASepak Bola

Berita Terkini