x

Dicari! Tim yang Bisa Taklukan TIRA-Persikabo di Liga 1 2019

Sabtu, 10 Agustus 2019 14:16 WIB
Editor: Juni Adi

INDOSPORT.COM - Performa mengejutkan ditunjukan oleh TIRA-Persikabo di kompetisi sepak bola kasta tertinggi di Indonesia, Liga 1 2019. Tim besutan Rahmad Darmawan belum terkalahkan hingga pekan ke-13 ini.

Terbaru, TIRA-Persikabo menang atas tuan rumah Barito Putera dengan skor 4-2 pada Jumat (09/08/19) kemarin. Bermain di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, TIRA-Persikabo unggul lebih dahulu lewat gol Wawan Febrianto menit ke-28.

Namun berhasil disamakan oleh Samsul Arif menit ke-42. Sayang, tiga menit sebelum jeda turun minum, tim tamu kembali unggul 2-1 lewat gol Louise Essengue Parfait menit ke-45+1.

Baca Juga

Di babak kedua, TIRA-Persikabo malah beringas. Mereka mampu mencetak dua gol tambahan menit ke-57 melalui Loris Arnaud dan menit ke-63 dari gol penatli Manahati Lestusen. 

Barito Putera sempat memperkecil skor melalui gol Rafael da Silva menit ke-80. Namun kekalahan 4-2 tak bisa dihindarkan oleh tim besutan Yunan Helmi.

Hasil pertandingan tersebut semakin mengokohkan TIRA-Persikabo di puncak klasemen, dengan 29 poin hasil dari 8 kali menang dan 5 kali imbang dari total 13 pertandingan.

Dengan catatan ini, TIRA-Persikabo menjadi satu-satunya tim yang belum merasakan kekalahan di Liga 1 2019. Tak hanya itu, mereka juga berhasil mematahkan rekor milik Persija Jakarta yang menang 12 laga beruntun di Liga 1 2017.

Baca Juga

Tim-tim Besar Dibuat Kesulitan

Publik pecinta sepak bola nasional mungkin dibuat terheran-heran, dengan grafik menanjak TIRA-Persikabo di Liga 1 2019 ini meski tak banyak diperkuat pemain berlabel bintang.

Apalagi itu bukan kebetulan semata, karena kualitas anak asuh Rahmad Darmawan sudah teruji di beberapa laga saat menghadapi tim-tim besar calon juara. Bahkan tidak sedikit yang harus bertekuk lutut.

TIRA-Persikabo pernah mengalahkan Arema FC (2-1), Persija (5-3), dan Persipura (2-1). Serta menahan imbang PSM Makassar (0-0) Persib Bandung (1-1), Bhayangkara FC (1-1), Madura United (2-2) dan Persebaya (1-1).

Mencari Tim yang Bisa Menaklukan

Rekor TIRA-Persikabo masih bisa berlanjut andai mampu meraih hasil positif di pekan ke-14 Liga 1 2019 saat menjamu Bali United pada Kamis (15/08/19) di Stadion Pakansari, Bogor.

Serdadu Tridatu bisa saja jadi batu sandungan tuan rumah nanti, karena mereka jadi satu-satu tim yang mampu menempel ketat TIRA-Persikabo di papan atas klasemen dengan menempati urutan kedua.

Disisi lain, tim besutan Stefano Cugurra Teco itu juga bisa saja jadi korban TIRA-Persikabo selanjutnya, karena mempunyai rekor laga tandang tidak bagus-bagus amat.

Dari lima pertandingan away, Bali United hanya bisa meraih dua kali kemenangan saat melawan Badak Lampung (3-0) dan Persib (2-0). Sisanya, dua kali kalah dari Persela (2-0) dan Barito Putera (1-0) serta satu kali imbang lawan Kalteng Putra (2-2). 

Sebaliknya, rekor laga kandang TIRA-Persikabo justru sangat mencengangkan. Di enam laga home, mereka mampu meraih empat kemenangan dan dua kali imbang.

Hasil itu didapat saat menjamu Kalteng Putra (5-2), Persija (5-3), Madura United (2-2), Persipura (2-1), PSM (0-0) dan Badak Lampung (3-0). Meski begitu, Rahmad Darmawan tetap meminta anak asuhnya tetap membumi. 

"Selalu saya tekankan kepada pemain, bahwa tidak perlu melihat posisi di klasemen. Tapi berpikir bagaimana bermain dengan organisasi permainan. Kemudian respek kepada lawan, membuat pemain lebih termotivasi," kata mantan pelatih Sriwijaya FC dan Persipura Jayapura.

Rahmad DarmawanBali UnitedLiga IndonesiaLiga 1Tira-PersikaboBola Indonesia

Berita Terkini