x

Dengan Pemain yang Ditakuti Vietnam, Ini 3 Formasi yang Bisa Diterapkan Timnas Indonesia di Piala Dunia

Kamis, 15 Agustus 2019 19:16 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
Skuat Timnas Indonesia Senior saat melawan Vanuatu dalam laga ujicoba di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (15/06/19). Foto Herry Ibrahim

INDOSPORT.COM -  Pelatih Timnas Indonesia Simon Mcmenemy bisa menerapkan tiga formasi berikut di Kualifikasi Piala Dunia, berbekal 24 pemain yang telah dipanggilnya.

Timnas Indonesia akan mengawali perjuangannya di kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia dengan menghadapi Malaysia (05/09/19) dan Thailand (10/09/19) di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta.

Untuk itu, pelatih Simon Mcmenemy pun telah memanggil 24 pemain, untuk nantinya menjalani pemusatan latihan mulai 21 Agustus 2019.

Baca Juga

Menariknya dalam pemanggilan pemain itu ada sejumlah nama baru, salah satunya penyerang yang sedang menjadi buah bibir setelah namanya disebut media Vietnam sebagai sosok yang ditakuti dari Timnas Indonesia, Osas Marvellous atau Osas Saha.

Masuknya Osas Saha memang tak akan mengubah struktur permainan Timnas Indonesia secara keseluruhan. Namun dengan pemain naturalisasi itu, setidaknya Simon Mcmenemy bisa mencoba beberapa variasi formasi di dua laga kualifikasi Piala Dunia itu nanti.

Seperti apa saja formasinya, berikut INDOSPORT merangkumkan.


1. 4-4-2

Osas Saha saat melakukan selebrasi.

Di pertandingan terakhir Timnas Indonesia saat melawan Vanuatu, Simon Mcmenemy sempat menggunakan formasi 4-4-2, (15/06/19). Di mana saat itu Beto Goncalves diduetkan dengan Irfan Bachdim.

Dan meski tanpa Irfan Bachdim saat ini, formasi 4-4-2 masih layak untuk bisa digunakan Simon Mcmenemy nanti di kualifikasi Piala Dunia. Beto yang masih jadi pilihan utama, bisa diduetkan dengan Osas Saha.

Dengan kondisi Beto dan Osas yang cukup subur dengan gol dan assist-nya di Liga 1 2019, formasi 4-4-2 ini akan cukup ideal digunakan. Karena Beto dan Osas bisa saling bergantian berganti peran di lini depan, baik untuk mencetak gol maupun memberikan umpan.

Baca Juga

Sementara untuk lini tengah, pemain-pemain cepat bisa digunakan di sisi sayap, seperti Andik Vermansah, Greg Nwokolo, atau Febri Hariyadi untuk semakin menajamkan serangan. Dan pemain bertipe ball winner seperti Zulfiandi dan Evan Dimas, bisa menjadi pilihan yang menyempurnakan formasi 4-4-2 nantinya.

4-4-2: Andritany; Yustinus Pae, Yanto Basna, Otavio Dutra, Ricky Fajrin; Andik Vermansah, Zulfiandi, Evan Dimas, Greg Nwokolo; Beto Goncalves, Osas Saha.


2. 4-3-3

Beto Goncalves striker Timnas Indonesia.

Formasi selanjutnya adalah 4-3-3. Formasi yang cukup akrab dengan klub-klub Liga 1 2019, juga dengan Simon Mcmenemy sendiri, bisa menjadi pilihan yang tak kalah ampuhnya.

Sudah cakapnya para pemain dengan formasi tersebut, bisa membuat Simon Mcmenemy tak perlu kerja ekstra lagi untuk membiasakan anak asuhnya.

Dengan tipikal pemain-pemain cepat, formasi 4-3-3 juga bisa membuat mereka bisa mengeluarkan kelebihannya itu, khususnya di sisi sayap.

Baca Juga

Dengan formasi 4-3-3, Simon Mcmenemy juga akan memiliki banyak pilihan di lini depan. Baik itu memasang Osas Saha, Beto dan Greg ataupun mengganti salah satunya dnegan Andik Vermansah maupun Febri Hariyadi.

Sementara di lini tengah, kestabilan permainan juga bisa lebih terjamin dengan adannya tiga pemain. Nama-nama seperti Zulfiandi, Evan Dimas juga Manahati Lestusen bisa menjadi pilihan tepat. Jikapun Simon Mcmenemy ingin lebih menyerang, nama Stefano Lilipaly bisa dimasukan untuk mengantikan salah satu di antara mereka.

4-3-3: Andritany; Yustinus Pae, Yanto Basna, Otavio Dutra, Ricky Fajrin; Zulfiandi, Manahati Lestusen, Evan Dimas; Osas Saha, Beto Goncalves, Greg Nwokolo.


3. 3-4-3

Otavio Dutra, pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia

Formasi terakhir yang bisa menjadi pilihan adalah 4-3-3. Dengan formasi ini, banyaknya pemain belakang berkualitas yang dimiliki Simon Mcmenemy di skuatnya bisa mendapatkan kesempatan.

Trio tiga pemain belakang seperti Hansamu Yama, Otavio Dutra, dan Yanto Basna bisa menjadi pilihan. Selain juga bek yang bermain di Thailand, Victor Igbonefo.

Untuk lini tengah, di formasi 3-4-3 ini Simon Mcmenmy bisa memiliki pilihan, antara memasang empat gelandang murni ataupun memasang dua yang lebih bertipe winger di dua sisi sayap.

Baca Juga

Sementara untuk lini depan, dengan formasi 3-4-3 ini kondisinya akan tak jauh berbeda dengan formasi sebelumnya, 4-3-3.

3-4-3: Andritany; Yanto Basna, Otavio Dutra, Hansamu Yama; Yustinus Pae, Zulfiandi, Evan Dimas, Greg Nwokolo; Andik Vermansah, Beto Goncalves, Osas Saha

Osas SahaTimnas IndonesiaBola InternasionalSimon McMenemyTRIVIABola IndonesiaKualifikasi Piala Dunia 2022

Berita Terkini