x

Hasil Pertandingan Liga 1 2019 Arema vs Persebaya: Singo Edan Perkasa di Kanjuruhan

Kamis, 15 Agustus 2019 17:26 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM – Arema FC menang 4-0 atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-14 Shopee Liga 1 2019, Kamis (15/08/19), di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang.

Kemenangan ini membuat Arema FC tetap bertahan di empat besar klasemen sementara di bawah Madura United dengan koleksi 22 poin, sementara Persebaya Surabaya tertahan di peringkat 7.

Baik Arema FC maupun Persebaya Surabaya sama-sama menunjukkan permainan terbuka sejak awal babak pertama. Keduanya kerap memulai serangan lewat umpan lambung dari lini pertahanan.

Pada menit ke-6, solo run Irfan Jaya dari sisi kanan berbuah umpan silang ke area kotak penalti, namun Amido Balde yang berusaha menyambutnya justru melakukan pelanggaran kepada Hamka Hamzah.

Baca Juga

Hendro Siswanto melepaskan tembakan voli keras dari luar kotak penalti pada menit ke-10, tetapi percobaannya masih melambung di atas gawang Persebaya Surabaya yang dikawal Miswar Saputra.

Amido Balde sempat mencetak gol pada menit ke-12 lewat sundulan kepala memanfaatkan situasi set-piece. Namun demikian, wasit Yudi Nurcahya telah meniup peluit terlebih dahulu tanda offside.

Arema FC mendapatkan tendangan bebas pada menit ke-17. Tembakan melengkung Makan Konate dari sisi kiri masih bisa ditangkap Miswar Saputra.

Pada menit ke-22, Arema FC memperoleh dua peluang melalui tendangan bebas Hamka Hamzah dan sepakan keras Hendro Siswanto dari luar kotak penalti.

Arthur Rocha mendapatkan kartu kuning pada menit ke-25 akibat terlalu keras memprotes wasit Yudi Nurcahya. Oktafianus Fernando turut memperoleh kartu kuning akibat pelanggaran yang ia lakukan.

Baca Juga

Milomir Seslija sudah melakukan pergantian pemain pada menit ke-30. Jayus Hariono ditarik keluar dan dimasukkan Muhammad Rafli.

Pada menit ke-30, Dendi Santoso berhasil membuka keunggulan Arema FC. Berawal dari skema sepak pojok, halauan Amido Balde disambar Dendi Santoso dengan tembakan first time keras yang menusuk gawang Miswar Saputra.

Sylvano Comvalius memperoleh peluang pertamanya di babak pertama lewat sepakan voli, namun bola masih melenceng di sisi kanan gawang Persebaya Surabaya.


1. Babak Kedua

Hamka Hamzah (biru) berduel udara dengan Amido Balde.

Persebaya Surabaya memasukkan Damian Lizio pada menit ke-50 untuk menambah kreativitas di lini tengah dan menarik keluar Rendi Irwan.

Pada menit ke-53, Arema FC memperoleh peluang matang lewat sontekan jarak dekat namun bola masih bisa dibendung Miswar Saputra sehingga hanya berbuah sepak pojok.

Bola sepak pokjok Irfan Jaya mengarah langsung ke gawang Arema FC. Kurniawan Kartika Ajie masih sigap menghalau bola meski sempat terlepas dari tangkapannya.

Baca Juga

Pada menit ke-70, Makan Konate melakukan tusukan ke kotak penalti dan melepaskan sepakan keras. Miswar Saputra yang tepat di depannya masih bisa menepis bola.

Sepak pojok setelahnya langsung berbuah gol yang dicetak Arthur Rocha. Sepak pojok Makan Konate disambut dengan sepakan voli yang mengubah skor menjadi 2-0 untuk Arema FC.

Irfan Jaya berusaha membalas pada menit ke-72 lewat sepakan dari sisi kiri pertahanan Arema FC, tetapi bola masih melambung di atas mistar gawang Kurniawan Kartika Ajie.

Pada menit ke-75, Dendi Santoso melepaskan tembakan voli yang masih jauh dari sasaran. Lima menit berselang, Arema FC mendapat dua peluang matang yang masih bisa diselamatkan Miswar Saputra.

Tendangan keras Makan Konate sempat membentur mistar gawang Persebaya Surabaya. Bola pantulannya berhasil disapu oleh Otavio Dutra.

Baca Juga

Sylvano Comvalius mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol pada menit ke-87 lewat sundulan kepala memanfaatkan umpan Makan Konate.

Makan Konate menutup pertandingan dengan skor 4-0 lewat golnya di penghujung babak kedua. Skor 4-0 untuk kemenangan Arema FC bertahan hingga pertandingan usai.

Susunan Pemain Arema FC vs Persebaya Surabaya

Arema FC (4-3-3): Kurniawan Kartika Ajie; Agil Munawar, Hamka Hamzah, Arthur da Rocha, Hendro Siswanto; Makan Konate, Jayus Hariono, Nasir; Dendi Santoso, Sylvano Comvalius, Riky Kayame

Persebaya Surabaya (4-3-3): Miswar Saputra; Andri Muladi, M. Syaifuddin, Otavio Dutra, Ruben Sanadi; M. Hidayat, Rendi Irwan, Rachmat Irianto; Irfan Jaya, Amido Balde, Oktafianus Fernando

Persebaya SurabayaMakan KonateDendi SantosoReviewHasil PertandinganLiga IndonesiaArema FCLiga 1Sylvano ComvaliusBola IndonesiaShopee Liga 1

Berita Terkini