x

Termasuk Sang Mantan Wonderkid, 3 Bek Lokal yang Bisa Dibeli Persija dan Lebih Hebat dari Fachrudin

Minggu, 18 Agustus 2019 10:21 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak

INDOSPORT. COM - Persija Jakarta sepertinya punya beberapa opsi bek lokal lain yang lebih hebat andai ke depannya tak jadi mendapatkan nama kapten Madura United, Fachrudin Aryanto.

Persija Jakarta belakangan diketahui tengah mengincar seorang bek lokal baru untuk mengarungi paruh kedua Shopee Liga 1 2019. Nama yang beredar di permukaan, manajemen Persija menginginkan jasa bek Madura United, Fachrudin Aryanto.

Persija  pun serius dalam mendekati Fachrudin. CEO Persija, Ferry Paulus, bahkan sudah mengusahakan upaya negosiasi langsung kepada bek berusia 30 tahun tersebut.

Baca Juga

"Kemarin seharusnya bertemu (dengan Fachrudin), tapi tiba-tiba ada malapetaka Madura United kalah dari PSS Sleman," ujar Ferry.

Namun, upaya Persija sepertinya akan menemui jalan terjal. Rival Persija di Liga 1 2019, PSM Makassar, dikabarkan siap pula untuk menawarkan kontrak menarik kepada Fachrudin.

"Fachrudin kan sudah ke Persija kalau tidak salah. Tapi, kalau belum pasti ya saya mau," ungkap CEO PSM, Munafri Arifuddin, Rabu (14/8/19) malam.

Andai ke depannya Fachrudin jadi ditikung PSM, Persija nampaknya tak perlu berkecil hati. Kalau ditelaah lebih jauh, ada sejumlah bek lokal yang lebih hebat untuk direkrut, termasuk sang mantan wonderkid Persija sendiri.

Lalu, siapa saja para bek lokal yang bisa diboyong Persija dan lebih hebat dari Fachrudin tersebut? INDOSPORT akan buat perkiraannya ke dalam rangkuman berikut.

Hansamu Yama

Hansamu Yama masih berlatih terpisah didampingi tim dokter Persebaya, Rabu (24/04/19).

Nama Hansamu Yama jadi opsi bek lokal pertama yang bisa diboyong Persija. Masih berusia 24 tahun, Hansamu terlihat punya kualitas lebih apik ketimbang Fachrudin.

Lihat saja pada Piala AFF 2016 lalu, Hansamu yang masih berusia sekitar 21 tahun sudah dipercaya mengawal lini belakang Timnas Indonesia. Peran Hansamu kala itu yang berduet bersama Fachrudin, mampu mengantarkan Timnas Indonesia melangkah hingga partai final.

Bandingkan dengan Fachrudin, yang menurut catatan Transfermarkt, debutnya di Timnas Indonesia tercipta pada tahun 2012 silam. Kala itu, Fachrudin kira-kira berusia sekitar 23 tahun.

Hansamu sendiri lantas bisa menjadi bek lokal yang lebih hebat ketimbang Fachrudin dan dapat diboyong Persija. Asal bisa mengeluarkan biaya sekitar 4,3 miliar rupiah untuk biaya transfer, bukan mustahil Hansamu bisa dibajak Persija dari Persebaya Surabaya.

Terlebih lagi, kini Hansamu juga jarang mendapatkan menit bermain bersama Bajul Ijo. Lihat saja statistiknya musim ini, dari 14 laga yang telah dimainkan Persebaya, Hansamu baru tampil enam kali.


1. Yanto Basna

Pemain Sukhothai FC Yanto Basna saat berlatih.

Nama Yanto Basna sepertinya memang punya kualitas lebih mentereng ketimbang Fachrudin. Hal itu bisa dilihat dari perbandingan rekam jejak karier level klub keduanya.

Nama Yanto Basna yang baru berusia 24 tahun, sudah bisa berkarier di luar negeri sejak 2018 lalu. Yanto Basna sudah membela dua klub Thailand, Khon Kaen FC, dan kini Sukhothai FC.

Bandingkan dengan Fachrudin, hingga usianya menginjak 30 tahun, karier di luar negeri belum pernah digapainya. Selain Madura United, Fachrudin pernah membela sejumlah klub Indonesia, seperti PSS Sleman dan Sriwijaya FC. 

Baca Juga

Andai Persija gagal mendatangkan Fachrudin, nama Yanto Basna jelas bisa menjadi opsi menarik. Menurut data Transfermarkt, harga transfer Yanto Basna saat ini berada di kisaran 1,5 miliar rupiah. Persija bisa menebus biaya transfer Yanto Basna tersebut?

Hamka Hamzah 

Bek Arema FC, Hamka Hamzah

Nama Hamka Hamzah dahulu pernah berlabel sebagai wonderkid Persija. Bukti nyatanya terlihat pada Liga Indonesia 2005 silam. Hamka yang umurnya masih 21 tahun, sudah menjadi bek andalan dan membawa Persija melangkah hingga ke partai final.

Soal prestasi, Hamka jelas lebih mentereng ketimbang Fachrudin. Hamka berpengalaman mengantarkan Persipura Jayapura menjadi juara Liga Super Indonesia 2010/11.

Bandingkan dengan Fachrudin, hingga kini koleksi trofinya masih kosong. Fachrudin belum pernah meraih gelar juara di level klub.

Andai Persija berminat, memulangkan sang mantan wonderkid, Hamka, jelas menjadi opsi menarik. Pengalaman panjang Hamka sebagai bek tengah, mungkin dapat meningkatkan kualitas lini belakang Persija.

Kalau memang mau mewujudkannya, ada biaya transfer yang perlu dipenuhi Persija untuk membajak Hamka dari Arema FC. Berdasarkan data Transfermarkt, harga Hamka saat ini berada di kisaran angka 1,9 miliar rupiah.

Persija JakartaLiga IndonesiaFachrudin AryantoLiga 1

Berita Terkini