x

Bukan Lagi Persija, Mengenal Lebih Dekat 3 Klub Ibu Kota Baru di Kalimantan Timur

Senin, 26 Agustus 2019 18:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Isman Fadil
Bukan lagi Persija, mengenal lebih dekat 3 klub ibu kota baru di Kaltim

INDOSPORT. COM - Ibu kota Indonesia pindah ke daerah Kalimantan. Hal itu pun membuat label tim sepak bola ibu kota tak lagi disandang oleh Persija Jakarta mulai tahun 2024 mendatang.

Presiden Joko Widodo telah secara resmi mengumumkan daerah yang menjadi ibu kota baru Indonesia. Jokowi menyebutkan ada dua daerah yang paling ideal untuk menjadi ibu kota baru, yakni Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kedua daerah tersebut secara provinsi terletak di Kalimantan Timur. Pihak pemerintah telah melakukan kajian secara mendalam selama tiga tahun terlebih dahulu, hingga akhirnya hari Senin (26/8/19) ini Kalimantan Timur ditetapkan sebagai ibu kota baru.

Baca Juga

Pengumuman terkait ibu kota baru Indonesia ternyata merembet kepada sektor lain. Sepak bola misalnya, status klub ibu kota ke depannya sudah pasti tak akan disandang lagi oleh Persija Jakarta lagi.

Bila dilihat secara demografis, daerah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara mempunyai tiga tim sepak bola yang berlaga di Liga Indonesia. Ketiga tim itu pun nantinya diyakini bakal menjadi klub ibu kota yang baru.

Lalu, siapa sajakah para tim yang akan menggeser posisi Persija Jakarta sebagai klub ibu kota tersebut? INDOSPORT.com coba mengulasnya ke dalam rangkuman berikut ini.

Penajam Utama FC

Line up Penajam Utama.

Penajam Utama FC merupakan klub yang menjadi kebanggan masyarakat Kabupaten Penajam Paser Utara. Klub yang satu ini dalam dalam dua musim terakhir menghiasi kompetisi kasta ketiga sepak bola Indonesia, Liga 3.

Pada musim Liga 3 2017, klub Penajam Utama FC mampu meraih prestasi cukup manis. Penajam Utama FC berhasil melangkahkan kakinya hingga ke partai final Liga 3 Regional Kalimantan Timur.

Sayangnya, pada laga final tersebut, Penajam Utama FC harus mengakui keunggulan sang lawan, PSAD. Setelah bermain imbang 1-1 sepanjang waktu normal dan masa tambahan, Penajam Utama FC akhirnya menyerah 0-2 dari PSAD dalam adu penalti.

Baca Juga

Meski demikian, ada satu kebanggaan yang tetap bisa dibawa Penajam Utama FC di Liga 3 2017. Salah satu pemain Penajam Utama FC, Muhammad Maulid, berhasil menyabet penghargaan sebagai pemain terbaik Liga 3 2017 Regional Kalimantan Timur.

Kiprah Penajam Utama FC pada musim selanjutnya, juga lumayan apik. Penajam Utama FC mampu memuncaki klasemen Grup B Liga 3 2018 Regional Kalimantan Timur.

Namun, Penajam Utama FC lagi-lagi masih gagal menjadi yang terbaik. Pasalnya, Liga 3 Regional Kalimantan Timur dimenangkan oleh PS PU Bontang.

Paser Daya Taka FC

Skuat Paser Daya Taka.

Kabupaten Penajam Paser punya satu klub lagi yang menghiasi kancah sepak bola Indonesia. Klub yang dimaksudkan itu bernama Paser Daya Taka FC.

Secara level kompetisi, Paser Daya Taka FC memang tak menghiasi kasta tertinggi. Paser Daya Taka FC masih berkutat di kancah Liga 3.

Kiprah Paser Daya Taka FC musim lalu terlihat di Liga 3 Regional Kalimantan Timur. Namun, Paser Daya Taka FC hanya bisa menjadi tim juru kunci Grup B dan tanpa sekalipun pernah meraih kemenangan dari tiga laga.

Mitra Kukar

Mitra Kukar saat tampil di pertandingan Piala Presiden 2019

Pecinta sepak bola Indonesia tentu sudah tak asing lagi dengan nama klub Mitra Kukar. Musim lalu, Mitra Kukar menghiasi kompetisi kasta tertinggi, Liga 1 2018.

Namun, Mitra Kukar tak mengakhiri musim Liga 1 2018 dengan baik. Mitra Kukar hanya bisa menempati urutan 16 klasemen dan harus terdegradasi ke Liga 2.

Mitra Kukar sendiri kini sedang berjuang untuk kembali ke kasta tertinggi. Pada Liga 2 2019, Mitra Kukar saat tulisan ini dibuat sudah memainkan 11 laga dan berada di posisi enam klasemen Wilayah Timur.

Nama Mitra Kukar pun termasuk ke dalam tim yang menggeser Persija Jakarta sebagai klub ibu kota. Mitra Kukar secara demografis memiliki markas di daerah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Persija JakartaMitra KukarLiga IndonesiaKalimantan TimurLiga 2Liga 3Penajam Utama FCPaser Daya Taka FC

Berita Terkini